Apa Perbedaan UTBK dan SBMPTN?

Apa sih, ujian masuk PTN saat ini? UTBK adalah nama ujiannya, sedangkan SBMPTN adalah seleksinya. Trus, apa perbedaan ujian dan seleksi?

Jadi, UTBK adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer Sementara SBMPTN adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Keduanya merupakan istilah untuk jalur masuk PTN yang sama, yakni jalur ujian. Jika maksudnya sama, mengapa  mesti dipakai 2 istilah, UTBK dan SBMPTN? Apa sih, perbedaan keduanya?

Untuk menjawabnya, kita perlu menarik ke belakang, nih.  Secara umum, jalur masuk PTN ada 3, yaitu:

  • SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri): Seleksi berdasarkan performa dan prestasi selama di SMA. 
  • SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri): Seleksi dengan ujian yang dilakukan secara nasional.
  • Seleksi Mandiri: Seleksi yang diadakan tiap PTN. Komponen seleksi dan tesnya bisa berbeda antarkampus.

Jalur Tes “SBMPTN” dari Masa ke Masa

SBMPTN atau jalur tes bisa dibilang merupakan jalur populer masuk PTN yang ada dari masa ke masa. Di tahun ;70-an istilahnya adalah Sipenmaru, kemudian berubah menjadi UMPTN, SPMB, SNMPTN Tertulis kemudian menjadi SBMPTN.

Apapun namanya, intinya sih sama aja, yaitu tes yang dilakukan secara serentak dan hasilnya menentukan lolos atau tidaknya masuk tidaknya prodi dan PTN pilihan. Jadi penyelenggaraan ujian masuk PTN dari tahun '70-an sampai tahun 2018 relatif sama. Nggak ada hasil resmi nilai/skor yang diketahui peserta.

Nah, di tahun 2018, Menristek Dikti saat itu Mohamad Nasir memberikan sinyal kuat untuk mengubah sistem tes masuk PTN dengan adanya test center. Ketika itu Menteri Mohamad Nasir mengibaratkan test center mirip seperti tes TOEFL. Nah, konsep test center diwujudkan pada tahun 2019 dengan UTBK dan SBMPTN tersebut. Dibentuk pula lembaga penyelenggara seleksi masuk PTN yang disebut Lembaga Tes Masuk Pergurua Tinggi atau LTMPT.

UTBK dan SBMPTN Versi Baru

Di 2019 SBMPTN bukan lagi tes yang diadakan secara serempak. SBMPTN hanya nama seleksi di mana peserta memilih PTN dan Prodi. Cara seleksinya adalah dengan nilai UTBK atau Ujian Tertulis Berbasis Komputer.

UTBK sendiri memiliki sekitar 20 jadwal, yang bisa dipilih oleh peserta. Biasanya dibatasi maksimal 2 kali atau 1 kali tiap peserta. Nah, nilai UTBK tersebut lah yang dipakai untuk mendaftar SBMPTN.

Nggak terbatas SBMPTN, hasil UTBK bisa dipakai untuk seleksi mandiri PTN atau seleksi PTS. Semua tergantung kebijakan kampus. Misalnya di tahun 2020, seleksi mandiri yang bisa menggunakan nilai UTBK antara lain adalah di Universitas Negeri Surabaya, UNY, Universitas Brawijaya, ITS, UGM, dan UNS. Sementara swastanya adalah Telkom University, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Unpad, dan lainnya.

Jadi bisa disimpulkan:

  • UTBK dan SBMPTN adalah 2 hal berbeda namun berkaitan.
  • UTBK adalah ujian yang hasilnya bisa dipakai di SBMPTN atau seleksi lainnya.
  • SBMPTN merupakan nama salah satu jalur masuk PTN.
  • Peserta yang mau ikut SBMPTN wajib mengambil UTBK di tahun yang sama. Misalnya SBMPTN 2020 ya dengan UTBK 2020. Nggak bisa pakai UTBK 2019.
  • Peserta yang mengambil UTBK belum tentu bisa ikutan SBMPTN. Sebab jika telah lolos SNMPTN pada tahun yang sama, maka tidak bisa ikutan SBMPTN.
  • Peserta yang mengambil UTBK boleh tidak mendaftar SBMPTN. Meskipun hampir semua peserta UTBK pasti ingin mengambil SBMPTN, namu sah-sah saja jika tidak. Bisa jadi nilai UTBK dipakai untuk seleksi mandiri PTN atau mendaftar PTS.

   

 

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 11 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1