Bercita-Cita untuk Kuliah di Perguruan Tinggi Kedinasan? Catat Waktu Pendaftarannya dan Kuotanya!

Buat kamu yang bercita-cita untuk kuliah di STAN, IPDN dan sekolah kedinasan lainnya, saya punya kabar gembira, nih! KEMENPAN RB atau Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sudah mengumumkan sembilan belas Perguruan Tinggi Kedinasan yang membuka pendaftaran di bulan April 2019!

Badan kementerian yang membuka pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan di bulan April 2019 ialah Kementerian Keuangan dengan Perguruan Tinggi Kedinasannya yaitu Politeknik Keuangan Negara, Kementerian Dalam Negeri dengan Perguruan Tinggi Kedinasannya yaitu Institut Pemerintahan Dalam Negeri, Badan Siber dan Sandi Negara dengan Perguruan Tinggi Kedinasannya yaitu Sekolah Tinggi Sandi Negara, Kementerian Hukum dan HAM dengan Perguruan Tinggi Kedinasannya yaitu POLTEKIP dan POLTEKIM, Badan Inteligen Negara dengan Perguruan Tinggi Kedinasannya yaitu Sekolah Tinggi Intelijen Negara, Badan Pusat Statistika dengan Perguruan Tinggi Kedinasannya yaitu Politeknik Statistika Sekolah Tinggi Ilmu Statistik, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika dengan Perguruan Tinggi Kedinasannya yaitu Sekolah Tinggi Meteorologi,Klimatologi dan Geofisika, Kementerian Perhubungan dengan Perguruan Tinggi Kedinasannya yaitu 11 Sekolah Tinggi, POLTEK dan Akademi. Semua Perguruan Tinggi Kedinasan ini akan membuka waktu pendaftarannya pada tanggal 9 April mendatang hingga 30 April 2019.

Selain mengumumkan jadwal pendaftaran, KEMENPAN RB pun mengumumkan jumlah mahasiswa yang diterima di masing-masing instansi. Jumlah mahasiswa yang akan diterima di PKN STAN ialah tiga ribu (3.000) orang. Untuk IPDN, jumlah mahasiswa yang akan diterima sejumlah seribu tujuh ratus (1.700) orang. Untuk STSN, jumlah mahasiswa yang akan diterima sejumlah seratus (100) orang. Untuk POLTEKIP dan POLTEKIM, jumlah mahasiswa yang akan diterima sejumlah enam ratus orang (600). Untuk STIN, jumlah mahasiswa yang akan diterima sejumlah dua ratus lima puluh (250) orang. Untuk Politeknik Statistika, jumlah mahasiswa yang akan diterima sejumlah enam ratus (600) orang. Untuk STMKG, jumlah mahasiswa yang akan diterima sejumlah dua ratus lima puluh (250) orang. Dan terakhir, untuk 11 sekolah tinggi, POLTEK dan akademi yang dinaungi oleh Kementerian Perhubungan, jumlah mahasiswa yang akan diterima sejumlah dua ribu enam ratus tujuh puluh enam (2.676) orang.

Nah, setelah disebutkan waktu pendaftaran dan juga kuota penerimaan mahasiswa, apakah kamu tertarik untuk mendaftar di Perguruan Tinggi Kedinasan, gaes? Buat kamu yang tertarik untuk berkuliah di Perguruan Tinggi Kedinasan, kamu bisa melakukan pendaftaran secara online melalui portal https://sscasn.bkn.go.id sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Perlu diingat, kamu pun hanya bisa mendaftar di salah satu program studi dari delapan instansi atau Perguruan Tinggi Kedinasan yang sudah disebutkan di atas. Apabila kamu mendaftar di dua program studi atau lebih, kamu akan otomatis dinyatakan gugur.

Setelah kamu mendaftar, seleksi akan dilakukan secara bertahap di masing-masing kementereian atau lembaga. Salah satu tahapan seleksinya ialah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang menggunakan Computer Assisted Test atau CAT. Tahapan seleksi yang akan kamu lakukan selanjutnya akan diatur lebih lanjut oleh masing-masing kementerian atau Perguruan Tinggi Kedinasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Nah, kalau kamu sudah lulus semua seleksi, kamu bisa langsung bersekolah di Perguruan Tinggi Kedinasan yang kamu daftar. Kamu pun akan diangkat menjadi CPNS setelah kamu dinyatakan lulus pendidikan serta memperoleh ijazah dari Perguruan Tinggi Kedinasan yang bersangkutan dan ditempatkan pada jabatan tertentu berdasarkan usulan dari kementerian atau Perguruan Tinggi Kedinasan yang bersangkutan berdasarkan formasi yang ditetapkan oleh Kementerian PAN RB.

Info lebih lanjut, kamu bisa cek di www.menpan.go.id/site/berita-terkini/19-perguruan-tinggi-kedinasan-buka-pendaftaran. Selain di website resmi Kementerian PAN RB, kamu juga bisa cek informasi-informasi yang diumumkan di masing-masing website resmi atau akun media sosial resmi dari masing-masing Perguruan Tinggi Kedinasan yang ingin kamu tuju. Semangat mendaftar, gaes!   

Baca juga:

(Sumber gambar: edukasi.rakyatku.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Kurnia Laili Muna | 4 hari yang lalu

wah! informasi yang sangat bermanfaat bagi calon mahasiswa yang sedang mempertimbangkan jurusan sosiologi. selain 10 Universitas yang telah disebutkan diatas, ada juga universitas yang mempunyai jurusan sosiologi loh! yakni UIN Walisongo Semarang. jangan lupa kunjungi laman https://walisongo.ac.id/…

Kenalan Lebih Dekat Program Studi Sosiologi, Yuk!
LAILY RAHMAWATI UIN Walisongo Semarang | 9 hari yang lalu

Bingung mau kuliah dimana? Ingin berkuliah di kota dengan biaya hidup murah? Mari berkuliah di SEmarang. Kunjungi juga laman kami di https://walisongo.ac.id/

Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat Indonesia Tahun 2019
Kurnia Laili Muna | 9 hari yang lalu

wah! informasi yang bermanfaat khususnya bagi calon-calon mahasiswa yang sedang bimbang memilih Universitas. Mungkin kalian berkeinginan berkuliah di UIN Walisongo Semarang, maka cobalah untuk membuka laman resmi kampus kami di https://walisongo.ac.id/ ^^

Tips dan Trick dalam Mencari Informasi Seputar Kampus yang Diinginkan
Kurnia Laili Muna | 10 hari yang lalu

tak kalah menarik dengan UIN Syarif Hidayatullah, UIN Walisongo juga memiliki hal-hal yang disebutkan. silakan kunjungi https://walisongo.ac.id/ untntuk mengetahui seputar UIN Walisongo Semarang

4 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Qwyzer | 12 hari yang lalu

Saya punya keinginan untuk menjadi pilot, semoga pesan ini tersampaikan dgn versi diriku yang sudah menjadi seorang pilot, Aamiin

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Pilot? Begini Tahapan Lengkapnya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1