Dear Anak IPA yang Ingin Lintas Jurusan Kuliah di Prodi IPS

Dear anak SMA/MA jurusan IPA yang ingin lintas jurusan kuliah di prodi IPS alias Sosial Humaniora..... Ada beberapa persoalan yang perlu kamu ketahui.

#1 Soal aturan main

Berbahagialah kalian yang tercatat sebagai anak IPA, karena langkah kalian lintas jurusan terbilang mudah.

Hampir semua perguruan tinggi swasta memperbolehkan pendaftar dari jurusan IPA untuk mendaftar ke prodi manapun, seperti Psikologi, Komunikasi, Hukum, HI, Ekonomi, Sastra, dan lainnya.

Trus, walaupun LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) selaku penyelenggara SNMPTN nggak menyarankan lintas jurusan, namun hal ini tetap diperbolehkan. Bisa dibilang, semua pilihan prodi di SNMPTN bisa dipilih oleh anak IPA.

SBMPTN pun nggak masalah lintas jurusan IPS/Soshum. Asalkan mengambil tes soshum. Begitupula dengan ketentuan di seleksi mandiri.

Pokoknya, jalur apapun di kampus manapun dapat diikuti siswa IPA. Yaanak IPA, aturan penerimaan perguruan tinggi berpihak pada kalian.

#2 Soal Peluang Masuk

Ada beberapa faktor yang memengaruhi peluang lolos masuk perguruan tinggi. Dalam seleksi seperti SBMPTN, penentunya adalah hasil tes kamu.

Apakah anak IPA lebih mudah menaklukkan tes, dan berpeluang masuk prodi-nya IPS?

Yah, secara umum, porsi hitung-hitungan dalam kelas IPA lebih banyak. Ini bisa memberikan keuntungan, bahwa kamu lebih siap dalam soal matematika ketimbang lulusan IPS/Bahasa. Namun, kamu tetap harus mengejar dalam materi soal lainnya, terutama materi IPS yang nggak pernah kamu pelajari selama 3 tahun di SMA.

Ya, mengejar pelajaran IPS memang nggak mudah.

Dear anak IPA yang berniat lintas jurusan kuliah, manfaatkan kelebihanmu dan kejar ketinggalanmu.

#3 Soal Minat

Dear anak IPA yang berniat memilih prodi IPS, coba deh tanyakan Kembali pada dirimu. Apakah kamu sudah mantap memilih prodi soshum tersebut?

Dengan 3 tahun belajar di jurusan IPA, apakah kamu yakin ingin mengubah haluan? Sudahkah kamu mengeksplorasi berbagai pilihan prodi? Apakah kamu memilih prodi soshum karena mengganggap peluang masuk lebih besar?

Mantapkan dirimu, karena pilihan prodi kuliah turut menentukan masa depanmu.

#4 Soal Adaptasi

Dear anak IPA, jika seandainya kamu diterima di prodi sosial humaniora, kamu mesti siap untuk belajar kembali. Suasana perkuliahan mungkin akan berbeda dengan di bangku SMA.

Kebanyakan teman kuliahmu pun lulusan IPS/Bahasa, yang mungkin memiliki gaya belajar dan pemikiran yang sangat berbeda denganmu. 

Kesiapan setelah masuk prodi soshum yang perlu pikirkan dari jauh  hari.

#5 Soal Etika 

“Mengambil jatah anak IPS!”

Mungkin beberapa orang nggak suka langkah kamu mengambil prodi soshum. Namun, ingat lah bahwa hal ini dierbolehkan.

Dear anak IPA yang ingin lintas jurusan. Pertimbangkan lagi keputusanmu. Jangan memilih karena putus asa dan menganggap “apa saja jurusan kuliahnya, yang penting bisa diterima.” Pahami risiko lintas jurusan.

Bila kalian ingin tetap lintas jurusan, jangan lengah. Persiapkan dari sekarang. Karena jalan kalian tidaklah gampang.

(Sumber gambar: Photo by Maksim Goncharenok from Pexels)

LATEST COMMENT
pipi | 2 jam yang lalu

Hai min! aku mau cerita. Dari beberapa poin di atas aku merasakan hal yang sama. Jujur, dulu aku termasuk orang yang ambis untuk masuk jurusan di rumpun kesehatan. Dari kelas 9 aku sudah memiliki plan untuk kuliah di jurusan gizi, tetapi seiring berjalannya waktu, aku memilih untuk mengambil jurusan…

Kamu Salah Ambil Jurusan Kuliah? Cek 15 Tanda Mahasiswa Salah Jurusan!
Yoga Sinaga | 13 jam yang lalu

keren! coba baca juga http://news.unair.ac.id/2021/02/10/tips-etika-berkomunikasi-digital/

20 Panduan dan Etika Mengirim Email Untuk Keperluan Akademis, Organisasi, Atau Kerja
Fatimah Ibtisam | 3 hari yang lalu

Hai Safiqah, untuk lebih jelasnya kamu bisa mengecek perguruan tinggi yang dituju. Secara umum, jika lewat jalur SBMPTN bisa saja.

Kenal Lebih Dekat dengan Program Studi Ilmu Perpustakaan, Yuk!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1