Teknik Biomedik, Bisnis Digital, serta Jurusan Kuliah Baru Lainnya di Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2018

acer

Lagi pilah-pilih jurusan kuliah untuk SNMPTN dan SBMPTN? Cek juga program studi baru yang menerima maba mulai tahun 2018. Paling banyak dibuka adalah prodi Aktuaria karena profesi aktuaris memang lagu banyak dicari. Selain itu, ada beberapa jurusan menarik lainnya. Kali aja salah satunya menjadi pilihan kuliahmu dan mudah-mudahan aja persaingannya belum “sesadis” prodi lain.   

Teknik Biomedik Universitas Indonesia 

Fakultas: Teknik

Daya Tampung: 40 orang

Jalur masuk: SNMPTN12 kursi dan SBMPTN 28 kursi

Baru saja Universitas Indonesia membocorkan soal program studi S1 paling gress mereka, Teknik Biomedik. Prodi ini mempelajari prinsip rekayasa pada ilmu biologi dan kedokteran untuk tujuan kesehatan. Pastinya, mahasiswa akan mempelajari teknologi, teknik, biologi, dan juga ilmu kesehatan. Sementara lulusannya diharapkan menjadi peneliti bidang kesehatan.

Aktuaria  Universitas Indonesia 

Fakultas: MIPA

Daya Tampung: 40 orang

Jalur masuk: SNMPTN12 kursi dan SBMPTN 28 kursi

Prodi ini dibuka UI pada Agustus 2017 lalu dan baru akan menerima maba di tahun ajaran 2018/2019 mendatang. “Pendirian program studi ini didasarkan pada besarnya kebutuhan aktuaris di Indonesia dan banyaknya peminat mata kuliah aktuaris di Departemen Matematika FMIPA UI,” kata Dekan MIPA DR. Abdul Haris. Kampus UI sendiri menjalin kerja sama dengan Persatuan Aktuaris Indonesia untuk materi mata kuliah, sehingga nantinya lulusan prodi Aktuaria UI akan siap untuk ikutan ujian sertifikasi aktuaris nasional dan internasional.

Aktuaria Universitas Gadjah Mada 

Fakultas: MIPA

UGM juga nggak ketinggalan meluncurkan jurusan Aktuaria. Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswan UGM, Djagal Wiseso Marseno menyatakan bahwa Indonesia kalah dengan Malaysia yang sudah punya sekitar 60 prodi Aktuaria, sementara di negara kita prodi ini masih langka. Sebelum mendirikan jurusannya, UGM sudah punya mata kuliah Aktuaria di prodi Matematika serta menyelenggarakan berbagai acara dan seminar seputar Aktuaria. Makanya, mereka pun siap banget membuka prodi baru ini. “Dari sisi sumber daya manusia dan infrastruktur sudah siap. Semoga pada tahun ajaran baru 2018 mendatang sudah bisa dibuka,” ungkap pak Djagal.

Aktuaria, Universitas Padjadjaran 

Fakultas: MIPA

Daya tampung: 50

Jalur masuk: SBMPTN

“Tenaga Aktuaris belum banyak, padahal menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, Aktuaris ini sangat dibutuhkan,” begitu pemaparan Prof Tri Hanggono Achmad, rektor Unpad. Unpad sendiri sudah memiliki prodi Statistika dengan Aktuaria sebagai salah satu bidang peminatannya. Namun melihat perkembangan kebutuhan aktuaris, dibuka lah prodi khusus Aktuaria.

Bisnis Digital, Universitas Padjadjaran

Fakultas: Ekonomi dan Bisnis

Daya tampung: 40 kursi.

Jalur masuk: SBMPTN.

Presiden Joko Widodo udah sering banget menantang kampus-kampus untuk bikin program studi baru yang progresif dan sesuai perkembangan zaman, seperti yang pernah Youthmanual ulas di artikel ini. Nah, prodi Bisnis Digital ini merupakan jawaban yang diberikan Unpad. Selain bisnis, mahasiswa jurusan ini juga bakalan belajar soal teknologi dan hukum Informasi Teknologi dan Elektronika.  Jadi nantinya akan ada dosen lintas keilmuan, yaitu dari prodi Hukum dan prodi Teknik Informatika.  Rencananya, Unpad juga bakalan bekerja sama dengan pelaku bisnis digital sukses.

Hubungan Masyarakat , Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta 

Fakultas: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)

Humas merupakan jurusan yang eksis sejak lama, namun baru dibuka di UPNVY. Soalnya, kampus ini merasa bidang humas bakalan makin berkembang dan makin dibutuhkan di masa depan.  Sejauh ini, UPNVY sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung studi kehumasan, di antaranya laboratorium strategic public relations, laboratorium multimedia, laboratorium pers, dan laboratorium audiovisual. Oya, prodi humas di sini punya keunikan, yaitu lulusannya diarahkan menjadi humas untuk sektor perminyakan dan pertambangan. “Sesuai dengan rencana pengembangan UPN menjadi universitas energi, lulusan program studi Hubungan Masyarakat juga diarahkan untuk bisa menjadi praktisi Hubungan Masyarakat pada perusahaan minyak dan tambang,” jelas Siti Fathonah, dosen FISIP UPNVY.

Farmasi, Institut Teknologi Sumatera serta prodi lainnya

Jalur masuk: SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri

Prodi ini resmi berdiri pada 19 September 2017 silam dan baru dibuka pada jalur SNMPTN dan SBMPTN tahun 2018. Salah satu Fokus Farmasi Itera adalah mengembangkan obat tradisional menjadi bahan baku obat serta obat yang bermutu, aman, dan berkhasiat.  Yup, pulau Sumatera kaya akan keanekaragaman hayati, termasuk berbagai tumbuhan obat. Sayangnya, potensi tersebut belum dimanfaatkan dengan baik.

Selain itu, tahun ini Itera juga membuka penerimaan maba untuk prodi Kimia, Teknik Kimia Kimia, Teknik Fisika, Teknik Kelautan, serta Sains Atmosfer dan Keplanetan (SAK). Kabarnya, beberapa prodi sebenarnya sudah mulai dibuka pendaftarannya tahun 2017 lalu, namun ketika itu hanya lewat seleksi mandiri.

***

Mumpung lagi persiapan kuliah, kamu udah baca artikel Youthmanual tentang 7 benda yang wajib dimiliki oleh mahasiswa ini, belum? Kalau udah, pastinya kamu tahu dong ya kalau laptop adalah investasi utama untuk dimiliki ketika kamu sudah berstatus mahasiswa.

Sama halnya dengan menentukan masa depan (aih), memilih laptop juga nggak boleh sembarangan, lho. Apalagi untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan serta kemampuan kantongmu, mungkin bakal butuh waktu lama untuk mengumpulkan berbagai informasi dan figuring things out agar mendapatkan rekomendasi yang paling "sreg". Sayang banget kalau sampai salah milih laptop. Bisa-bisa rasanya kayak pilih jurusan. Hii!

Tapi tenang, nggak ada yang ribet di Youthmanual. Ketika kamu bingung untuk memutuskan laptop mana yang paling cocok untuk menemani hari-hari kuliahmu nanti, kamu kudu banget nyoba cara cepat milih laptop Acer yang paling sesuai dengan kepribadianmu serta kebutuhanmu ini. Cukup klik-sana-klik-sini, nggak sampai 5 menit, kamu bakalan dapetin rekomendasi laptop Acer mana yang kamu banget, serta kemudahan untuk membeli laptop di toko online terpercaya yang sudah bekerjasama dengan Acer. Bener-bener nggak pakai lama!

acer x youthmanual

 

(sumber gambar: eslcooperative.ca, franchiseindia.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Rio priyatna Rio | 8 hari yang lalu

Wajib diperbaiki dan konfirmasi ke dosen pengampu bersangkutan

Serba-Serbi IP, IPK, dan Sistem Nilai di Perguruan Tinggi
vegas4D | 1 bulan yang lalu

Raih Kemenangan Besar di Vegas4D. daftar vegas4d vegas 4d https://vegas4d.xyz/ https://vegas4d.store/

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
syakila putri | 3 bulan yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 3 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1