Jadi Maba 2021 atau Gap Year?

Piilih jadi mahasiswa baru (maba) 2021 atau gap year aja? Pertanyaan ini kemungkinan ada di benak kamu yang baru lulus SMA/sederajat. Keinginan lanjut kuliah, sih, ada. Tapi…dalam situasi masih pandemi, kegiatan perkuliahan tampaknya belum kembali normal. Beberapa kampus mulai mengadakan kuliah tatap muka, namun belum sepenuhnya. Tak sedikit pula yang masih mengandalkan kuliah jarak jauh. Di tengah ketidakpastian situasi, opsi mana yang sebaiknya dipilih?

Sebelum mengambil keputusan, pertimbangkan dulu plus minus tiap pilihan.

Jadi Mahasiswa Baru 2021

Jika kamu sudah tahu mana kampus dan prodi yang diinginkan, serta berhasil diterima, maka sebaiknya  kamu mengambil kesempatan tersebut. Kenapa? Karena kesempatan tersebut belum tentu datang dua kali. Misalnya, tahun ini kamu berhasil diterima. Nah, belum tentu tahun depannya kamu bisa kembali keterima. Trus, jika kamu nggak mengambil prodi tersebut (padahal diterima), kursinya akan terbuang.

Selain itu, lebih cepat kuliah artinya kamu punya kesempatan untuk lebih cepat menuntaskan pendidikan tinggi ketimbang jika menundanya tahun depan. Apalagi jika tahun sebelumnya kamu sudah sempat menunda.    

Kekurangan jadi maba di 2021:

* Situasi pandemi yang belum menentu membuat aktivitas perkuliahan belum kembali normal. Pemerintah mempersilakan kuliah campuran jarak jauh dengan tatap muka.

* Sebagian kampus masih memprioritaskan belajar jarak jauh.

* Kampus yang memberlakukan perkuliahan tatap muka pun sewaktu-waktu bisa kembali belajar jarak jauh, jika kasus meningkat.

* Kegiatan non akademis, seperti pentas seni, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), serta rangkaian penyambutan maba belum dapat dilakukan. Jadi pengalaman menjadi maba 2021 terasa belum lengkap.

* Karena masih belum sepenuhnya di kampus, maka kamu harus lebih disiplin dan giat belajar, supaya nggak ketinggalan materi.

Ambil Gap year di 2021

Gap year, atau nggak langsung kuliah setelah lulus bisa menjadi pilihanmu. Apalagi di tengah situasi yang nggak menentu seperti saat ini. Selama gap year kamu bisa melakukan banyak hal yang bermanfaat. Terlebih jika memang kamu belum diterima di prodi dan kampus yang dikehendaki. Atau malah belum yakin minat dan kemampuanmu. Daripada dipaksakan kuliah dan hasilnya malah salah jurusan.

Dengan harapan tahun depan kondisi lebih baik sehingga bisa memaksimalkan pengalaman kuliah, gap year bisa menjadi pilihan tepat.

 Kekurangan mengambil gap year di 2021

 * Alternatif kegiatan gap year saat ini juga nggak banyak. Travelling nggak bisa seleluasa dulu dan mobilitas dibatasi.

* Kerja dan magang juga makin terbatas. Ada sih, yang membuka kesempatan, tapi nggak banyak.

* Berbagai kegiatan bisa meningkatkan risiko terkena pandemi.

* Gap year tanpa perencanaan yang matang juga bikin kamu membuang waktu. Jangan sampai jadi couch potato yang cuma leyeh-leyeh sepanjang hari sambil nonton atau main game.

* Orang tua atau keluarga mungkin nggak mengerti bahkan menentang keputusan gap year.

* Bagi sebagian orang, gap year bisa bikin males kuliah.

* Kamu jadi sedikit terlambat dibandingkan teman seangkatan.

***

Baik kuliah ataupun gap year di 2021 memiliki sisi plus dan minus. Apapun keputusanmu lakukan dengan bertanggung jawab, ya!

(Sumber gambar: pexels)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 26 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1