Seleksi Mandiri PTN 2021: Pakai Nilai UTBK atau Ikut Tes?

 

Seleksi mandiri 2021 di sebagian PTN membebaskan peserta untuk memilih antara ikut jalur seleksi mandiri dengan nilai UTBK 2021 atau dengan mengikuti tes. Mana yang sebaiknya dipilih agar peluang lolos seleksi mandiri lebih besar? Simak penjelasannya.

Pertama, kita bedah dulu nih, sisi plus dan minus pada masing-masing jalur.

Seleksi mandiri dengan nilai UTBK 2021

Keuntungannya:

* Lebih praktis, tidak perlu lagi mempersiapkan diri untuk ujian.

* Nggak perlu mengalokasikan waktu (dan tenaga) untuk mengikuti ujian.

* Biaya pendaftarannya juga relatif lebih murah.

Kekurangannya:

* Nggak ada kesempatan untuk meningkatkan atau memperbaiki performa/nilaimu, karena kamu hanya mengandalkan skor UTBK.

Peluangmu dengan jalur skor UTBK akan lebih baik jika:

a. Nilai UTBK kamu relatif tinggi. Kamu bisa membandingkannya dengan nilai peserta lain atau melalui sebaran nilai UTBK tahun sebelumnya.

b. Memilih prodi dengan perkiraan standar nilai masuk lebih kecil ketimbang nilaimu. Ini bisa diprediksi dari nilai rerata diterima atau passing grade tahun 2020 dan 2019.

c. Pilihan pada seleksi mandiri berbeda dengan SBMPTN. Logikanya begini, di SBMPTN kamu sudah nggak lolos dengan nilai UTBK tersebut. Jika memilih prodi yang sama, kemungkinan besar hasilnya sama (tidak diterima). Setidaknya, salah satu pilihan prodinya berbeda.

d. Kamu nggak punya waktu/energi untuk mempersiapkan ujian mandiri, sehingga kesempatan lebih baik dengan nilai UTBK.

Seleksi mandiri dengan tes (tanpa nilai UTBK 2021)

Keuntungannya:

* Kamu bisa lebih giat belajar sehingga lebih siap menghadapi seleksi mandiri.

* Masih nyambung dengan poin sebelumnya, ujian seleksi mandiri merupakan kesempatanmu untuk memperbaiki performa. Jika di UTBK masih kurang, kamu berkesempatan lebih baik di seleksi mandiri.

Kekurangannya:

* Harus meluangkan tenaga, waktu, pikiran untuk persiapan ujian (lagi).

* Harus mengatur jadwal untuk ikutan ujian lagi, baik offline maupun offline.

* Materi ujiannya bisa memiliki perbedaan dengan UTBK.

* Biaya pendaftaran relatif lebih mahal dibandingkan seleksi tanpa tes (dengan nilai UTBK).

 Peluangmu dengan jalur tes akan lebih baik jika:

a. Memiliki strategi persiapan ujian. Misalnya, sudah ada contoh soal seleksi mandiri tahun sebelumnya, ikutan les, belajar dengan mentor, dan lainnya.

b. Tahu kekuranganmu pada UTBK sehingga bisa diperbaiki pada tes mandiri.

c. Menguasai materi yang diujikan pada seleksi mandiri.

d. Kondisi tubuh fit sehingga bisa mempersiapkan diri dan menjalani ujian dengan baik.

e. Punya waktu untuk mempersiapkan seleksi mandiri. Jika, misalnya, kamu lagi sibuk magang, liburan panjang, atau sedang merawat keluarga yang sakit, artinya kamu tidak dalam kondisi optimal untuk persiapan ujian.

Ya, situasi dan kondisi tiap orang berbeda-beda. Mana yang akan kamu pilih, mengandalkan hasil UTBK atau mencoba kesempatan kedua melalui jalur tes?

(sumber gambar: Pexels)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
miaaa | 3 jam yang lalu

Assalamualaikum minn Saya baru masuk Smt 3 nih min saya mau ambil 24 SKS masing² 2 SKS per matkul Saya berencana memadatkan jadwal saya hanya Senin-Kamis aja Jadi dalam shari ada 4 matkul Apa itu wort it atau bagaimana Saran dong min

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
mustika | 10 jam yang lalu

Open pp/endorse : Klik Link Ig : https://www.instagram.com/naaan_n_n_/ cek ig : naaan_n_n_

Serba-Serbi dan Cara Seputar Meng-Endorse dan di-Endorse di Media Sosial
Gina Ajeng | 20 jam yang lalu

Kalo aku maba dr kampus sdh otimatis

SKS dan KRS Itu Apa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1