Persiapan Kuliah Buat Siswa SMK Supaya Lulus Ujian Masuk Universitas Idaman

Sebagai anak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dulu saya mengalami kekhawatiran berlebih ketika akan mengikuti ujian masuk universitas idaman. Soalnya, pelajaran di SMK memang lebih banyak praktek serrta subjek yang sesuai dengan jurusan yang diambil. Sementara mata pelajaran umum nggak menjadi fokus. Padahal pelajaran umum tersebut lah yang diujikan pada seleksi masuk perguruan tinggi. Gimana saya nggak ciut?

Menurut data, jumlah siswa SMK per tahun 2017 adalah 4.6 juta orang. Ada sekitar 10 persen dari total anak SMK yang melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Dibanding anak SMA, kuota penerimaannya pun kecil banget. Meskipun begitu, bukan berarti anak SMK nggak bisa bersaing masuk universitas incaran, kok. Kekhawatiran ini bisa dipatahkan dengan persiapan matang.

Sebagai anak SMK, apa saja yang harus kamu lakukan supaya lulus ujian masuk universitas idaman?

1. Ngobrol sama pihak sekolah soal universitas idaman kamu

Buat kamu anak SMK yang berencana meneruskan pendidikan ke universitas, coba ngobrol sama guru Bimbingan Konseling (BK) atau wali kelas kamu. Pihak sekolah bisa membantu kamu mempersiapkan diri masuk universitas incaran. Misalnya, dengan memberi surat rekomendasi atau keterangan prestasi.

Jangan salah, gaes, dukungan sekolah bisa bikin kamu lebih semangat ketika mengikuti ujian masuk universitas incaran, lho.

2. Ambil kelas tambahan untuk mata pelajaran adaptif

Begitu masuk kelas 12, kamu sudah harus memikirkan kelas tambahan atau kursus mata pelajaran normatif yang akan menjadi soal ujian masuk universitas incaran. Kebanyakan anak SMK yang akan meneruskan pendidikan ke universitas mengambil kelas tambahan Matematika dan Bahasa Inggris.

Hal ini perlu dilakukan mengingat nggak banyak materi mata pelajaran normatif yang kita kuasai secara mendalam. Makanya, kelas tambahan bakal membantu banget deh!

3. Beli buku-buku soal ujian masuk universitas

Salah satu cara belajar paling efektif menurut metode belajar McDaniel adalah dengan memperbanyak latihan soal. Latihan soal bisa membuat otak kamu memahami materi pelajaran dengan lebih dalam. Kalaupun jawabanmu salah, nggak apa-apa. Dengan salah menjawab, kamu jadi tahu di mana letak kelemahanmu, sehingga bisa belajar ulang untuk memperbaiki kesalahan tersebut.

Sisihkan uang jajan untuk membeli buku-buku latihan soal ujian masuk universitas. Luangkan waktu untuk mengerjakan soal, paling nggak satu jam dalam seminggu. Ingat, persiapan ini dilakukan sejak satu tahun sebelumnya, gaes, bukan seminggu sebelum hari H ujian.

4. Perkuat diri di bagian ujian keterampilan

Nah, di dalam ujian masuk universitas, ada yang namanya ujian keterampilan. Perkuat nilai kamu di bagian ujian keterampilan ini. Misalnya, kalau kamu mengambil jurusan Tata Busana waktu SMK. Lalu, kamu memutuskan untuk meneruskan kuliah ke jurusan Fashion Design. Maka, perkuat diri kamu di bagain ujian keterampilan mendesain agar kelemahan kamu di ujian teori bisa tertutupi.

Tentunya, karena kamu anak SMK, ujian keterampilan udah jadi makanan sehari-hari selama sekolah. Oh iya, kalau jurusan kuliah yang kamu ambil berbeda dengan jurusan SMK, maka pastikan kamu melatih keterampilan sesuai jurusan kuliah yang kamu pilih, ya.

5. Jawab soal yang kamu tahu terlebih dahulu

I know it sounds cliché, tapi cara ini memang berguna banget buat siapapun yang sedang menghadapi ujian masuk universitas incaran. Trik ini dilakukan Asri Fauzi, alumni SMK 3 Bogor yang berkuliah di Universitas Pendidikan Bandung.  Waktu ujian masuk perguruan tinggi, dia mengerjakan soal yang dikuasainya secepat mungkin. Trus, waktu ujian yang tersisa ia pergunakan untuk mengulik soal yang sulit. Asri pun sukses menembus kampus idaman.

Semoga kamu juga berhasil, ya!

(Sumber gambar: usnews.com, psmk.kemdikbud.go.id, cdns.klimg.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 17 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 27 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1