Menu

5 Hal Sederhana yang Harus Kamu Miliki Agar Bisa Masuk Kampus Impian

Saat ini, siswa-siswa yang sedang duduk di kelas 12 pasti lagi stres-stresnya memikirkan banyak hal. Mulai dari tugas, ujian harian, UNBK, ujian sekolah, kuliah di program studi apa, hingga di kampus mana mereka akan kuliah.

Well, itu wajar banget, sih, gaes.

Tapi, kamu nggak perlu khawatir dan stres yang berlebihan. Mau kuliah di PTN ataupun PTS. Sekarang, keduanya sama-sama memiliki keunggulan masing-masing, kok. Yang terpenting menurut saya adalah bisa kuliah di program studi yang sesuai dengan diri kamu.

Maka dari itu, mulai dari sekarang, tanamakan 5 hal ini pada dirimu sendiri biar kamu bisa masuk di kampus impian kamu. Hal sederhanaapa saja, sih? Yuk, simak di bawah ini!

1. Self awareness

Self awareness a.k.a kesadaran diri merupakan sikap yang berupaya memerhatikan pikiran, perilaku, perasaan dan dampaknya terhadap orang lain.

Kalau kamu sudah self awareness sejak dini, kamu memiliki kemampuan untuk memahami kelebihan dan kekurangan kamu. Kamu sudah tahu apa yang ingin kamu lakukan setelah lulus dari bangku sekolah.

Kamu juga sudah paham mengenai bakat, minat, dan kemampuan yang ada pada dirimu sendiri. Misalnya, kalau kamu ingin melanjutkan ke bangku perkuliahan nanti. Kamu sudah paham bidang ilmu apa yang ingin kamu tekuni (bidang ilmu pendidikan, hukum, bisnis, dan lain-lain), mau kuliah di program studi apa, kampus mana saja yang menyediakan program studi tersebut, serta bagaimana prospek karier dari program studi yang sudah pilih tadi.

Selain itu, kamu juga akan memikirkan taktik apa saja yang harus dilakukan untuk bisa mencapai hal tersebut. Sehingga, dengan kata lain, kamu akan jarang sekali terjebak di situasi yang salah. Karena sebelum mengambil keputusan, kamu selalu memikirkannya matang -matang.

2. Ambisius

Meski beberapa orang menilai, orang yang berambisi itu nggak baik (baca selengkapnya di: Punya Sifat Ambisius: Baik atau Buruk?).

Tapi, ketika memiliki tujuan, misalnya berkuliah di kampus tertentu. Kamu harus memiliki niat dan ambisi yang kuat—demi impian tersebut, ‘kan? Kamu juga harus siap mengorbankan waktu bermainmu atau waktu bermalas-malasanmu untuk belajar materi yang akan diujikan saat masuk perguruan tinggi nanti.

3. Konsisten dan disiplin

Konsisten dan disiplin adalah salah satu kunci agar kamu bisa diterima di kampus yang kamu inginkan, gaes. Nggak peduli berapa lama kamu belajar, tanpa konsistensi dan disiplin yang tinggi, semuanya akan memberikan hasil yang nggak maksimal.

Tentukan seberapa lama kamu mampu belajar dalam satu hari. Kalau ternyata kamu cuma mampu 1 atau 2 jam belajar, maka pergunakanlah waktu tersebut dengan sebaik mungkin. Soalnya, efektifitas belajar itu bukan ditentukan oleh durasi atau selama apa kamu mampu menjalaninya, melainkan dengan konsistensi dan tingkat kediplinan yang tinggi.

Dengan kata lain, belajar 1 atau 2 jam setiap hari, jelas akan jauh lebih efektif ketimbang belajar hingga 12  jam, tapi dilakukan cuma sesekali saja. Well, kalau hal ini yang terjadi, bukannya bisa memahami yang dipelajari, tapi justru akan membuyarkan konsentrasimu.

4. Kreativitas

Yup! Di era yang seperti sekarang ini, kreativitas memang sangat diperlukan dimana saja. Bahkan ketika kamu belajar pun diperlukan kreativitas.

Kamu tentunya pernah, dong, merasa bosan dengan sistem belajar yang menggunakan cara-cara itu-itu saja? Asal kamu tahu, nih. Terkadang, seseorang membutuhkan sesuatu hal yang sedikit unik atau hal baru biar lebih semangat untuk belajar.

Misalnya gini, kalau dulu kamu sering mencatat materi-materi penting di buku. Sekarang, kamu bisa mencatat materi tersebut dengan membuat mind mapping. Sehingga otakmu lebih mudah menyerap materi karena disajikan dengan cara yang kreatif.

Atau kalau kamu merasa jenuh selalu belajar seorang diri di ruangan tertentu. Nggak ada salahnya, kamu mencoba belajar bareng sama teman-temanmu dan saling membantu saat ada teman yang kesusahan saat memahami materi. Siapa yang tahu, kamu akan lebih semangat belajar.

5. Optimis

Last but not least, apapun nanti hasilnya (mau itu sesuai dengan apa yang kamu inginkan atau nggak), kamu harus selalu berpikiran optimis, gaes. Kenapa? Soalnya, kamu sudah berusaha dan berdoa semaksimal mungkin.

Well, saya cuma mau mengingatkan. Semua kesuksesan dimulai dari satu langkah kecil. Jadi, kamu nggak boleh pantang menyerah, terus belajar dengan rajin, dan gantungkanlah cita-citamu setinggi langit.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: canberra.edu.au, britannica.com)

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 3 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©