Pilihan Jurusan Kuliah untuk Kamu yang Suka Pelajaran Biologi

Suka sama pelajaran Biologi? Area keilmuan Biologi itu luas, sob! Jangan kaget kalau ada banyak jurusan kuliah yang "berbau" Biologi. Berikut ini beberapa pilihannya.

1. Biologi

Udah pasti yang paling sejalan dengan pelajaran Biologi, ya jurusan Biologi. Secara umum, di jurusan Biologi kamu akan belajar berbagai macam ilmu seperti anatomi, fisiologi, ekologi, biologi sel-molekuler, dan mikrobiologi.

Dan jangan dipikir kuliah di jurusan Biologi isinya hafalan doang, gaes. Mahasiswa Biologi dituntut untuk bisa menemukan koneksi antar konsep-konsep biologi.

Karena biologi adalah sains, kamu pun akan terlatih dengan pola pikir ilmiah serta memacu curiosity yang besar. Trus, kalau kamu bercita-cita menjadi peneliti, jurusan Biologi lah tempatnya. 

2. Medis (Kedokteran, Keperawatan‍, Kebidanan)

Kalau selama sekolah kamu paling doyan melahap pelajaran Biologi, terutama bab tentang sistem organ manusia, maka kemungkinan tempat yang pas untukmu adalah di bidang medis?

Kamu bisa belajar lebih dalam mengenai penyakit dan cara-cara penanganannya di jurusan Kedokteran. Sedangkan jika kamu punya mental suka merawat, telaten, dan sabar, mungkin kamu bisa menyalurkannya dengan mengambil jurusan Keperawatan. Kalau jurusan Kebidanan mirip-mirip dengan Keperawatan, tapi fokusnya adalah kesehatan wanita dan bayi. 

Perkuliahan di bidang medis juga membutuhkan kemampuan dalam mengingat istilah-istilah. Makin dengan kamu-kamu yang jago menghafal istilah Biologi.

3. Pertanian ( Agronomi dan Hortikultura‍, Agribisnis‍, Ilmu Kelautan dan Perikanan‍, Peternakan‍)

Program studi di bidang pertanian adalah "surga" bagi pecinta ilmu Biologi. Jurusan-jurusannua merupakan penerapan dari konsep biologi seputar tumbuhan dan hewan. Kalau zaman sekolah kamu paling suka mempelajari tentang tumbuhan, kamu bisa memilih jurusan Agronomi yang akan membekali kamu ilmu seputar budidaya tanaman. Punya cita-cita jadi pemilik perkebunan? Pilihlah jurusan Agribisnis. 

Gimana kalau kamu suka biologi, ada niat bisa bisnis juga, tapi nggak suka kegiatan bercocok tanam? Mungkin jurusan Peternakan dan Perikanan adalah jawabannya. Keduanya sama-sama mempelajari teknik budidaya hanya beda objeknya. Kalau perikanan tentu saja budidaya ikan atau hewan-hewan laut, sementara peternakan lebih spesifik ke unggas dan berkaki empat.

4. Kehutanan‍ 

FYI, menurut data dari Biro Pusat Statistik (BPS), total luas kawasan hutan Indonesia pada tahun 2017 adalah 120 juta hektar. Artinya, sarjana kehutanan sangat diperlukan untuk menjaga dan me-manage hutan-hutan kita gaes. 

Jurusan kehutanan cocok bagi kamu yang suka biologi, tertarik dengan kehidupan di alam, dan suka dengan kegiatan outdoor. Di jurusan ini kamu akan belajar mengenai manajemen sumber daya hutan, konservasi lingkungan, serta pengolahan hasil hutan. 

***

Kata orang, Biologi itu pelajaran yang ngeselin. Nggak susah-susah banget sih, tapi banyak hafalan dan istilah yang asing. Kalau pas ulangan biologi terus lupa, ya udah wassalam

Tapi saya sendiri jatuh cinta dengan pelajaran Biologi, dan tertarik banget kuliah di jurusan yang nyangkut dengan ilmu Biologi, seperti contoh di atas. Kalau Kamu?

(sumber gambar : sporty.co.nz, cambornescience.co.uk, medicalbag.com, f-pertanian-umj.ac.id, pengelolaanhutan.sv.ugm.ac.id)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Crypton | 17 hari yang lalu

Setelah 2018 ingin masuk oseanografi di postingan ini dan sekarang sudah semester 9, sangat bersyukur bisa ada di oseanografi.. Next S2 Ocean Instrumentation!!

Serba-Serbi Jurusan Oseanografi—Untuk Kamu yang Ingin “Kenalan” Lebih Jauh dengan Laut dan Seisinya
Olinnn | 20 hari yang lalu

Open pp/endorse cek ig : pragunawati_

Serba-Serbi dan Cara Seputar Meng-Endorse dan di-Endorse di Media Sosial
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1