Prodi Saintek SBMPTN 2020 yang Bisa Dipilih Anak IPS

Anak IPA bebas lintas jurusan di SBMPTN 2020, anak IPS belum tentu! Prodi saintek apa saja yang bisa dipilih peserta dari program IPS di UI, UGM, ITB, Unpad, Unair, UPN "Veteran" Jakarta, dan UIN Jakarta? Cek daftar program studinya berikut ini!

Universitas Indonesia  dan Institut Teknologi Bandung 

Don’t waste your time, karena prodi prodi saintek di 2 PTN top ini hanya bisa dipilih anak IPA. Bahkan untuk SMK pun hanya terbatas di  program studi Keperawatan dan Farmasi UI. Sedangkan Saintek ITB mutlak buat anak IPA. Kamu sebagai anak IPS hanya bisa memilih rumpun soshum di UI dan ITB.

Universitas Gadjah Mada 

1. Pembangunan Wilayah   

2. Aktuaria

3. Statistika   

Kalau diperhatikan, prodi yang bisa diambil sama anak IPS ini memang masih berkaitan dengan ilmu sosial.

Universitas Padjadjaran 

1. Perikanan

2. Ilmu Kelautan

3. Perikanan PSDKU Pangandaran

Yup, ternyata prodi Psikologi yang masih nyambung dengan ilmu sosial malah nggak bisa dipilih anak IPS. FYI, Psikologi masuk rumpun saintek di Unpad.

Universitas Airlangga 

1. Teknik Robotik dan Kecerdasan Buatan.

Dalam keterangan di situs LTMPT, prodi baru ini bisa diambil lulusan Paket C IPS. Tapi nggak tertulis jika lulusan SMA/MA IPS bisa mengambilnya.

UPN Veteran Jakarta

1. Sistem Informasi

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta 

Yup, di UIN Jakarta anak IPS juga hanya bisa memilih prodi Soshum, nggak bisa lintas jurusan.

Plus-Minus Anak IPS Lintas jurusan ke Prodi Saintek

Apakah kamu termasuk anak IPS yang ingin memilih prodi Saintek atau Campuran (Saintek dan soshum) pada SBMPTN 2020? Jika ya, pertimbangakan dulu plus dan minusnya.

Plusnya…

* Tahun ini nggak ada Tes Kompetensi Akademik (TKA). Jadi nggak perlu ribet mempelajari materi IPA untuk SBMPTN. Kamu tinggal fokus di TPS aja.

* Jika selama di IPS kamu merasa kurang nyambung dengan pelajarannya atau merasa punya kemampuan di bidang sains dan teknologi, maka lintas jurusan merupakan kesempatanmu masuk jurusan kuliah yang tepat.

Minusnya…

* Pilihan prodinya sangat terbatas. Pastikan prodi tersebut benar-benar sesuai dengan minat dan kemampuanmu. Jangan sekadar ingin beda atau “yang penting masuk Saintek”.

* Jika berhasil masuk, kamu akan menemukan studi yang sangat berbeda dengan jurusan IPS di SMA. Pasti butuh penyesuaian, sih. Namun jangan khawatir, baik di rumpun saintak maupun soshum, materi program studi di bangku kuliah memang berbeda dengan mata pelajaran SMA.

* Saingan kamu adalah anak IPA. Berikan saja yang terbaik dan persiapkan dirimu secara optimal buat menghadapi UTBK.  

(sumber gambar: pexels.com)

LATEST COMMENT
Hanifaa | 11 jam yang lalu

Gaada yg cocok sama pelajaran geografi, fisika?

25 Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPA
Leoda | 15 jam yang lalu

Permisi min, saya mau tanya tentang mata kuliah. Saya saat ini semester 6, saya memiliki nilai C- di 1 matkul di smester 3, apakah saya dapat memperbaiki matkul tersebut? Lalu saat ini ada teman saya yang sering membolos kuliah serta tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen, apabila dia mendapatkan…

Serba-Serbi IP, IPK, dan Sistem Nilai di Perguruan Tinggi
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 Rencanamu ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1