Menu

Sukses SNMPTN 2019: 5 Hal yang Penting Kamu Perhatikan dari Sekarang!

Menurut bocoran, jalur SNMPTN 2019 akan tetap diadakan, sementara jalur SBMPTN masih dipertanyakan karena ada kemungkinan digantikan dengan sistem test center. Nah, bagi yang niat masuk PTN, kamu perlu menyiapkan diri untuk SNMPTN sejak awal. Ada 5 hal penting yang perlu kamu perhatikan untuk bisa menembus SNMPTN 2019.

1. Wajib kepoin A to Z SNMPTN

Gimana mau mengatur strategi dan berkompetisi di SNMPTN, kalau kamu masih nggak tau perbedaannya dengan SBMPTN? Gaes, SNMPTN alias Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Negeri merupakan salah satu jalur masuk kampus negeri yang dikenal sebagai jalur undangan. Beda dengan SBMPTN, SNMPTN nggak pakai tes tertulis melainkan melihat performa akademik (termasuk prestasi) kamu selama di SMA.

Berikut adalah aturan main SNMPTN:

* Nggak semua siswa bisa jadi peserta SNMPTN. Pertama kamu akan diseleksi dari sekolah dengan kriteria sebagai berikut:

  • 40 persen siswa terbaik dari SMA akreditasi A
  • 25 persen siswa terbaik dari SMA akreditasi B
  • 5 persen siswa terbaik dari SMA akreditasi C dan belum terakreditasi

* Kriteria siswa terbaik dinilai dari nilai rapor semester 1 hingga 5 untuk 6 mata pelajaran, yaitu:

  • IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, Biologi
  • IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ekonomi, Sosiologi, Geografi
  • Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, Bahasa Asing lain
  • SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, serta mata pelajaran teori dan praktik sesuai kejuruan

* Kuota maba yang diterima lewat SNMPTN di tiap kampus minimal 20 persen.

* Semakin baik dan stabil performa akademik kamu, semakin besar peluangmu menembus SNMPTN.

2. Update...update…update!

Nah, pantengin terus deh, informasi dan kebijakan SNMPTN 2019. Kenapa?

a. Segala aturan main di poin satu bisa saja mengalami perubahan tahun ini.

b. Akan ada time table pendaftaran SNMPTN 2019.

Makanya, jangan sampai ketinggalan perkembangan SNMPTN 2019 atau malah misinformasi. Paling bener dan praktis sih, dengan mantengin jurnal dan medsos Youthmanual karena kami bakalan mengabarkan update SNMPTN 2019.

3. Dipilih...dipilih...

Intinya, kamu memiliki 2 pilihan prodi dan kampus. Pilihannya bisa jadi:

a. Pilihan “yang penting lolos”

b. Pilihan yang paling dicita-citakan

c. Pilihan yang sesuai dengan kemampuan

Kalau menurut Youthmanual, idealnya pilihan prodi yang diambil adalah gabungan antara B dan C. Untuk penjelasan lebih lengkapnya mengenai poin B+C bisa kamu baca di sini.

Sebaliknya, jangan pilih A, alias yang penting lolos. Kenapa? Karena biasanya jalur SNMPTN dibuka pertama. Artinya kamu masih punya kesempatan lewat jalur lainnya, jadi pilih yang terbaik untukmu. Selain itu, jika lolos SNMPTN kamu dihimbau untuk mengambilnya. Jangan sampai kamu mangkir gegara nggak minat sama jurusannya.

4. Cek ricek peluang dan kesempatan 

Tiap kampus bisa punya kuota SNMPTN yang berbeda. Contohnya, Universitas Indonesia hanya memberi jatah 30 persen dari total kursi yang dibuka, sementara Universitas Padjadjaran dan Institut Teknologi Bandung  persentase penerimaan SNMPTN–nya lebih besar.  Trus kamu mesti cek juga berapa banyak peminat prodi tersebut tahun lalu supaya kamu bisa memprediksi keketatan persaingannya. Informasi yang perlu kamu cari antara lain:

  • Jumlah kursi yang dibuka di jalur SNMPTN 2019
  • Syarat masuk jurusan tersebut (harus IPS/IPA/SMK jurusan tertentu)
  • Keketatan persaingan:
  • Prodi yang baru dibuka di tahun tersebut.

5. Kejar nilai dan prestasi di semester 5. Masih ada kesempatan!

Belajar deh, yang giat supaya performa akademis kamu makin bersinar di semester ini. Usahakan banget jangan sampai turun. Trus, masih ada kesempatan untuk meraih prestasi dengan ikutan kompetisi akademik.

Untuk yang minat mengambil bidang keterampilan seperti jurusan seputar desain, seni, dan olahraga, bisa melihat tip–nya di sini.

Semoga berhasil di SNMPTN 2019 ya, gaes!

(sumber gambar: deseretnews.com)

LATEST COMMENT
noer yahya | 1 hari yang lalu

Kalo statistik di psikologi itu langsung terapan ya kak. Biasanya langsung yang buat nguji alat tes dan hasil penelitian. Kalo ditanya gampang jawabannya ya SUSAH. Tapi nanti ada alat bantunya kok

Q & A Bedah Jurusan Kuliah Psikologi
Fatimah Ibtisam | 1 hari yang lalu

Ada isu yang beredar. Tapi sejauh ini tidak ada pemberitahuan bahwa tidak boleh lintas jurusan di SBMPTN. Sedangkan pada SNMPTN, tiap kampus memiliki aturan tersendiri mengenai boleh atau tidaknya lintas jurusan. Namun pihak penyelenggara tidak menyarankan hal tersebut (lintas jurusan di SNMPTN).

10 Perubahan Penting SNMPTN dan SBMPTN 2019
fauzyiahputri | 3 hari yang lalu

Kak mau tanya. Apakah benar tahun 2020 tidak boleh pindah jurusan?

10 Perubahan Penting SNMPTN dan SBMPTN 2019
Tisam Ali | 4 hari yang lalu

Setahu kami, mata pelajaran yang umum.

Serba-Serbi SNMPTN 2019 yang Penting Kamu Ketahui
Tisam Ali | 4 hari yang lalu

Pendaftaran SNMPTN gratis. Namun setelah masuk kamu perlu membayar biaya kuliah sesuai kebijakan kampus. Untuk keringanan/beasiswa, bisa mengikuti program Bidikmisi.

Serba-Serbi SNMPTN 2019 yang Penting Kamu Ketahui
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©