Tip Sukses UTBK Saat Puasa

Mengerjakan UTBK pastinya nggak mudah. Nah, gimana dengan ngerjain UTBK saat puasa? Tentu beda lagi tantangannya. Ya, seperti yang kita tahu UTBK telah berlangsung sejak 12 April dan masih terus dilaksanakan hingga 2 Mei mendatang.Simak tip suksesnya berikut ini.

1.Sebelum jadwal UTBK mu, biasakan bersiap dan mengerjakan soal di waktu yang sama dengan jadwal ujianmu. Misalnya, kamu kebagian jadwal pagi, ya biasakan nggak tidur setelah sahur, langsung mandi dan bersiap, serta latihan mengerjakan soal. Ini untuk membiasakan kamu dengan kondisi ujian saat puasa.

2. Jaga kesehatan. Plis, ini penting banget gaes. Apalagi di masa pandemi seperti ini. Jangan sampai kamu gagal ujian gara-gara badan nggak fit.

3. Penuhi hal yang disyaratkan LTMPT dan tempat UTBK, terutama soal kelengkapan ujian dan kelengkapan protokol kesehatan. Beberapa lokasi UTBK mungkin memiliki syarat yang berbeda,  seperti hasil tes antigen,  surat keterangan dokter dan lainnya. Pastikan semua sudah siap sebelum hari-H.

4. Jangan lupa masker yang aman dan nyaman serta kelengkapan lainnya. Oiya, sebaiknya kamu coba latihan ngerjain soal dengan mengenakan masker. Ini untuk melatih kenyamanan saat UTBK.

5. Survei lokasi tempat UTBK kamu berlangsung.  Jika belum boleh masuk ke ruangan, setidaknya kamu sudah tahu tempat/gedung tempat tes diadakan.

6.  Teliti saat mengisi data pribadi. Memang nggak ada skornya sih, tapi tetap penting, lho.

7. Saat mengerjakan soal, kamu mungkin akan menemukan hal yang sulit, sesuatu yang kamu lupakan (padahal udah belajar), waktu yang kurang dan lain sebagainya. Jangan panik saat menghadapi hal yang demikian, pilih yang menurutmu jawaban terbaik, kemudian lanjut mengerjakan soal.

8. Saat menghadapi subtes baru, fokus. Kadang kan kita suka kepikiran dengan kerjaan sebelumnya, yang mungkin kurang memuaskan. Hal semacam ini bisa merugikanmu. Coba deh “reset” dulu pikiranmu agar siap sepenuhnya menghadapi tantangan soal tes yang sedang dikerjakan.

Begitupula kalau menghadapi hal di luar rencana, misalnya telat, ditegur pengawas, atau kelupaan membawa sesuatu. Tetap tenang, move on, dan fokus pada apa yang sedang dikerjakan.

9. Teliti dan menjawab dengan hati-hati memang baik, namun perhitungkan juga jumlah soal dan waktu yang diberikan.

10. Setelah berusaha, kamu juga perlu berdoa. Doa juga merupakan cara yang efektif membuatmu tenang dan nggak khawatir berlebihan.

***

UTBK memang tes yang istimewa dan penting karena bisa menentukan pendidikan tinggi kita. Tapi jangan terlalu tegang. Lakukan yang terbaik, tapi bersikaplah biasa aja. Misalnya, kamu terbiasa sahur dengan roti dan susu. Ya, nggak perlu memaksakan diri makan nasi karena UTBK. Pastikan saja, sahur kamu cukup. Semoga berhasil!  

(sumber gambar: pexels)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1