Tip Sukses UTBK Saat Puasa

Mengerjakan UTBK pastinya nggak mudah. Nah, gimana dengan ngerjain UTBK saat puasa? Tentu beda lagi tantangannya. Ya, seperti yang kita tahu UTBK telah berlangsung sejak 12 April dan masih terus dilaksanakan hingga 2 Mei mendatang.Simak tip suksesnya berikut ini.

1.Sebelum jadwal UTBK mu, biasakan bersiap dan mengerjakan soal di waktu yang sama dengan jadwal ujianmu. Misalnya, kamu kebagian jadwal pagi, ya biasakan nggak tidur setelah sahur, langsung mandi dan bersiap, serta latihan mengerjakan soal. Ini untuk membiasakan kamu dengan kondisi ujian saat puasa.

2. Jaga kesehatan. Plis, ini penting banget gaes. Apalagi di masa pandemi seperti ini. Jangan sampai kamu gagal ujian gara-gara badan nggak fit.

3. Penuhi hal yang disyaratkan LTMPT dan tempat UTBK, terutama soal kelengkapan ujian dan kelengkapan protokol kesehatan. Beberapa lokasi UTBK mungkin memiliki syarat yang berbeda,  seperti hasil tes antigen,  surat keterangan dokter dan lainnya. Pastikan semua sudah siap sebelum hari-H.

4. Jangan lupa masker yang aman dan nyaman serta kelengkapan lainnya. Oiya, sebaiknya kamu coba latihan ngerjain soal dengan mengenakan masker. Ini untuk melatih kenyamanan saat UTBK.

5. Survei lokasi tempat UTBK kamu berlangsung.  Jika belum boleh masuk ke ruangan, setidaknya kamu sudah tahu tempat/gedung tempat tes diadakan.

6.  Teliti saat mengisi data pribadi. Memang nggak ada skornya sih, tapi tetap penting, lho.

7. Saat mengerjakan soal, kamu mungkin akan menemukan hal yang sulit, sesuatu yang kamu lupakan (padahal udah belajar), waktu yang kurang dan lain sebagainya. Jangan panik saat menghadapi hal yang demikian, pilih yang menurutmu jawaban terbaik, kemudian lanjut mengerjakan soal.

8. Saat menghadapi subtes baru, fokus. Kadang kan kita suka kepikiran dengan kerjaan sebelumnya, yang mungkin kurang memuaskan. Hal semacam ini bisa merugikanmu. Coba deh “reset” dulu pikiranmu agar siap sepenuhnya menghadapi tantangan soal tes yang sedang dikerjakan.

Begitupula kalau menghadapi hal di luar rencana, misalnya telat, ditegur pengawas, atau kelupaan membawa sesuatu. Tetap tenang, move on, dan fokus pada apa yang sedang dikerjakan.

9. Teliti dan menjawab dengan hati-hati memang baik, namun perhitungkan juga jumlah soal dan waktu yang diberikan.

10. Setelah berusaha, kamu juga perlu berdoa. Doa juga merupakan cara yang efektif membuatmu tenang dan nggak khawatir berlebihan.

***

UTBK memang tes yang istimewa dan penting karena bisa menentukan pendidikan tinggi kita. Tapi jangan terlalu tegang. Lakukan yang terbaik, tapi bersikaplah biasa aja. Misalnya, kamu terbiasa sahur dengan roti dan susu. Ya, nggak perlu memaksakan diri makan nasi karena UTBK. Pastikan saja, sahur kamu cukup. Semoga berhasil!  

(sumber gambar: pexels)

LATEST COMMENT
Ade Siip | 48 menit yang lalu

Gimana, caranya saya bisa kuliah, nya.?

8 Hal yang Nggak Diajarkan di Bangku Perkuliahan Tapi Bermanfaat untuk Kesuksesan
Dieva M | 1 hari yang lalu

Kak itu kakak ambil jurusan sastra apa kak, dan di universitas mana? Dan untuk matkul mintologi Yunani itu ambil jurusan sastra apa kak?

8 Mata Kuliah Paling Seru di Jurusan Sastra
Ignatius Yulianda Adi Prakasa | 2 hari yang lalu

Terimakasih ka....

Keuntungan Mencatat di Kelas
Naufal | 3 hari yang lalu

kalo gua sih suka olahraga dan fotografi nya ya. Apalagi main futsal, lebih bisa bonding dan bisa reunian aja gitu sama temen tongkrongan jaman SMA hehehe :D. Tapi makin kesini makin nyari hobi yang bisa menghasilkan uang sih, kayak dari artikel ini http://www.hobiberuang.com/hobi-yang-menghasilkan-uang/…

10 Hobi yang Mencerminkan Kepribadianmu
Alivia Salsabila | 4 hari yang lalu

Kalau tulisan tangan jelek, kira" masih bisa masuk ngga ya?

7 Hal yang Dialami Mahasiswa Jurusan Sejarah
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1