Tipe-Tipe Orang yang Mungkin Akan Kamu Temui di Kampus

Oleh Trisel

Sebagai “mantan” siswa SMA yang baru akan jadi mahasiswa, mungkin kamu penasaran—gimana, sih, rasanya jadi anak kuliahan? Apakah seseru kisah-kisah di film atau sinetron, di mana kamu bakal ketemu banyak senior dan teman seangkatan yang cakep, serta dosen-dosen gaul?

Mungkin aja. Tapi jangan lupa, pergaulan di kampus itu luas sekali. Teman-teman kamu akan jauh lebih beragam dibandingkan dengan teman-teman di SMA. Maka  siap-siap, ya, karena mungkin aja kamu bakal ketemu dengan teman-teman baru seperti ini…

1. Teman-teman yang ramah banget sama semua orang. Namun suatu hari, terungkap alasan kenapa dia ramah banget sama semua orang begitu. Kalau alasannya baik, sih, bagus. Berarti dia memang berhati mulia. Tapi kalau alasannya buruk alias untuk kepentingan dia sendiri? Jangan kaget, ya. Orang seperti ini ada aja, kok.

2. Teman-teman yang hobi bicara tentang dirinya sendiri dan menjabarkan pemikirannya dengan panjang lebar. Tanpa ditanya, pula. Biasanya mereka ini kepengen banget menunjukkan atau membuktikan diri mereka sebagai “si pintar”.

3. Teman-teman yang pola pikirnya sangat berbeda dengan kamu, sampai kamu merasa bukan bagian dari mereka. Tenang aja ya, gaes. Lambat laun kamu akan terbiasa, kok, menerima perbedaan-perbedaan pendapat atau pemikiran di kampus.

4. Ketika menjalani Ospek atau masa perkenalan kampus, kamu mungkin akan bertemu seorang mahasiswi baru yang cantik banget, tetapi pendiam dan nggak mau menonjol. Tapi jangan kaget kalau kemudian mahasiswi ini bisa jadi sangat popular.

5. Mahasiswa atau mahasiswi yang sok cakep. Entah cakep beneran atau nggak (soalnya jangan lupa pepatah, cakep itu relatif, jelek itu mutlak!), yang pasti mereka senang menciptakan kesan bahwa mereka itu “terkenal” dan merupakan “sosok idola”. Beberapa cirinya adalah, hobi ketawa-ketiwi dengan suara kencang, berpenampilan mencolok, bahkan rajin memperkenalkan diri ke setiap senior dengan pedenya.

6. Pujaan hati. Yap, mungkin banget suatu hari nanti kamu akan menemukan sosok yang menggugah hatimu. Kalau sudah begitu, selamat, ya! Karena dijamin, kamu jadi akan merasa bersemangat kuliah.

Selain orang-orang di atas, kamu juga akan menemukan pola belajar yang sungguh berbeda dengan masa SMA. Jangan lupa, saat kuliah, jam kelas selalu berganti-ganti, tugas-tugasnya “unik” serta menguras pikiran, dan kamu juga harus membagi waktu dengan segudang kegiatan non akademik yang sangat menyita waktu.

Jadi jangan kecele melihat keseharian mahasiswa yang asyik dan tampil modis di TV, ya. Aslinya, sih, boro-boro kita sempat mikirin penampilan. Tapi jangan khawatir, gaes. Kalau kamu pintar membagi waktu, lama-lama kamu akan terbiasa dan bisa mendapat mengetahui celah untuk tetap menjaga penampilan, kok.

Selamat berkuliah!

(sumber gambar: time.com, lunchnotesketch.tumblr.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Kurnia Laili Muna | 6 hari yang lalu

wah! informasi yang sangat bermanfaat bagi calon mahasiswa yang sedang mempertimbangkan jurusan sosiologi. selain 10 Universitas yang telah disebutkan diatas, ada juga universitas yang mempunyai jurusan sosiologi loh! yakni UIN Walisongo Semarang. jangan lupa kunjungi laman https://walisongo.ac.id/…

Kenalan Lebih Dekat Program Studi Sosiologi, Yuk!
LAILY RAHMAWATI UIN Walisongo Semarang | 11 hari yang lalu

Bingung mau kuliah dimana? Ingin berkuliah di kota dengan biaya hidup murah? Mari berkuliah di SEmarang. Kunjungi juga laman kami di https://walisongo.ac.id/

Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat Indonesia Tahun 2019
Kurnia Laili Muna | 11 hari yang lalu

wah! informasi yang bermanfaat khususnya bagi calon-calon mahasiswa yang sedang bimbang memilih Universitas. Mungkin kalian berkeinginan berkuliah di UIN Walisongo Semarang, maka cobalah untuk membuka laman resmi kampus kami di https://walisongo.ac.id/ ^^

Tips dan Trick dalam Mencari Informasi Seputar Kampus yang Diinginkan
Kurnia Laili Muna | 12 hari yang lalu

tak kalah menarik dengan UIN Syarif Hidayatullah, UIN Walisongo juga memiliki hal-hal yang disebutkan. silakan kunjungi https://walisongo.ac.id/ untntuk mengetahui seputar UIN Walisongo Semarang

4 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Qwyzer | 13 hari yang lalu

Saya punya keinginan untuk menjadi pilot, semoga pesan ini tersampaikan dgn versi diriku yang sudah menjadi seorang pilot, Aamiin

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Pilot? Begini Tahapan Lengkapnya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1