7 Persiapan yang Harus Kamu Lakukan Agar Skripsimu Lancar Jaya!

Skripsi merupakan tugas akhir yang harus kamu selesaikan jika kamu ingin lulus dari bangku kuliah. Skripsi pun merupakan tugas akhir yang memiliki bobot SKS yang besar jika dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya. Dulu, bobot SKS skripsi yang harus saya kerjakan ialah enam SKS. Jika dibandingkan dengan mata kuliah wajib lainnya, skripsi ini memiliki bobot SKS lebih besar dua kali dari mata kuliah wajib.

Wah, duh, berarti skripsi ini sangat berdampak, dong, ya, untuk IPK kita? Jawabannya adalah benar, skripsimu sangat berdampak pada IPK-mu dipenghujung semester nantinya. Kalau kamu mendapatkan nilai bagus pada skripsimu, pasti IPK-mu akan meningkat. Jika tidak, maka akan ada pengurangan nilai pada IPK-mu.

Nah, setelah diberitahu hal ini, jangan jadikan skripsi sebagai momok yang mengganggumu, ya. Daripada kamu merasa takut dan khawatir dalam pengerjaan skripsi, ada baiknya, nih, kamu persiapkan dirimu untuk menjalani skripsi kelak. Apa saja, ya, yang perlu kamu lakukan untuk mempersiapkan diri dalam membuat skripsi?

1. Buat target waktu

Hal pertama yang harus kamu tetapkan sebelum mengerjakan skripsi adalah menetapkan target dari skripsimu. Target apa, sih, yang harus kamu tetapkan? Tentunya target waktu, dong!

Nah, kamu bisa tetapkan target waktu seperti kapan kamu harus mulai proposal skripsi, kapan kamu akan sidang proposal skripsi, kapan dan berapa lama kamu mengerjakan skripsi, kapan kamu sidang dan berapa lama kamu akan mengerjakan revisi skripsi setelah sidang.

Misalnya, nih, kamu membuat target yaitu mengerjakan proposal skripsi pada semester tujuh dan sidang proposal skripsi di akhir semester tujuh. Meskipun kamu akan liburan semester, kamu menargetkan untuk "mencolong" start dari teman-temanmu. Kamu akan mulai mengerjakan skripsi pada waktu liburan semester. Kamu menargetkan untuk mengerjakan skripsi selama enam bulan dan sidang di penghujung semester delapan. Kamu pun menargetkan untuk menyelesaikan revisi sidang dalam waktu dua minggu saja.

Nah, dari target waktu di atas, kamui akhirnya memiliki motivasi untuk mengerjakan skripsimu. Dengan adanya target waktu, hal tersebut bisa menjadi panduan waktu bagimu dalam pengerjaan skripsi. Pastinya, kamu nggak akan ngaret-ngaret, deh, dalam pengerjaan skripsinya.

2. Biasakan diri untuk menulis apapun

Karena kamu akan menulis banyak hal dalam skripsimu, menurut saya, hal yang harus kamu lakukan mengenai hal ini ialah kamu harus membiasakan diri dalam menulis apapun. Kamu bisa membiasakan diri dalam menulis caption di Instagram saat mem-posting suatu hal, membiasakan diri menulis thread yang baik di Twitter, membiasakan diri menulis blog dan sebagainya.

Tujuan dari membiasakan diri untuk menulis adalah agar kamu nggak kesulitan dalam menulis skripsi. Dengan melakukan hal-hal yang sudah disebutkan di atas, kamu pastinya akan terbiasa menuangkan pikiran dan opinimu ke dalam bentuk tulisan. Kalau sudah terbiasa, pasti pengerjaan skripsimu akan lebih lancar, deh!

3. Mengikuti pelajaran dengan baik

Selain memiliki target waktu dan juga membiasakan diri dalam menulis, kamu juga harus mengikuti pelajaran di kampus dengan baik, ya. Kalau kamu nggak ada kepentingan yang sangat urgent, lebih baik jangan membolos, ya.

Kenapa, sih, kok, kamu harus banget mengikuti mata kuliah dengan baik? Karena dengan mengikuti mata kuliah dengan baik, kamu pasti akan mendapatkan banyak insight dalam menulis skripsi mulai dari tata cara penulisan, teori bahkan hingga ke tema skripsi. Coba bayangkan kalau kamu nggak mengikuti kelas dengan baik, pasti kamu akan merasa kesulitan dalam membuat skripsi yang baik dan benar, penetuan tema dan teori dan sebagainya. Nggak mau, kan, kesulitan dalam pengerjaan skripsi? Nah, maka dari itu, ikuti semua mata kuliah dengan baik, ya!

4. Mulai cari tema menarik sejak semester awal

Ketika saya masih duduk di bangku kuliah, saya mulai memikirkan tema skripsi sejak dari semester tiga. Karena saya tertarik pada mata kuliah sosiologi gender, akhirnya saya terus mendengarkan dosen mata kuliah tersebut. Selain itu, pada saat itu saya memiliki kesenangan dalam menonton reality show tentang fotomodel, dan pada akhirnya, saya mencoba untuk menggabungkan apa yang saya suka. Akhirnya, dari hal-hal yang saya suka, jadilah sebuah tema skripsi yang tentunya saya garap dari awal sampai akhir.

Nah, menentukan tema skripsi sebenarnya segampang itu, kok, gaes. Mulailah mencari tema skripsi dari mata kuliah apa yang kamu suka. Setelahnya, kamu bisa menggali fenomena apa yang kamu sukai. Dengan mencari tema skripsi dari hal-hal yang kamu suka, saya rasa skripsi pun menjadi suatu hal yang menyenangkan.

5. Iseng menganalisa masalah dengan teori

Nah, karena dalam pembuatan skripsi kamu dituntut untuk menganalisa suatu masalah dengan teori yang ada, kamu coba, deh, iseng-iseng menganalisa suatu masalah dengan teori yang kamu pelajari. Dengan begitu, saya rasa kamu akan terbiasa dan nggak akan kaget lagi ketika kamu disuruh menganalisa suatu masalah menggunakan teori.

6. Kerjakan tugas makalahmu dengan baik

Kamu akan bisa mengerjakan skripsimu, kalau kamu pun mengerjakan tugas makalahmu sebaik dan sebisa mungkin. Mau bagaimana, pun, ketika kamu mengerjakan makalah, kamu mengasah berbagai skills, lho. Kamu dapat mengasah skill menulis, skill memecahkan masalah, skill menganalisa dan sebagainya. tentunya hal ini sangat berguna ketika kamu mengerjakan skripsi.

7. Lakukan presentasi kelas dengan baik

Nah, setelah kamu mengerjakan skripsimu, setelahnya, skripsi akan dipresentasikan di depan beberapa dosen penguji. Nah, untuk melatih kamu memaparkan suatu hal, kamu perlu banget belajar hal tersebut dari presentasi di kelas. Dengan terbiasa melakukan presentasi di kelas, kamu pun akan lebih mudah dalam menjalani sidang skripsi. Nilai tambahan lainnya, kamu pun akan terbiasa membuat slide presentasi, sehingga ketika kamu sidang, kamu nggak akan kesulitan dalam membuat slide yang berisi tentang skripsimu.

***

Dengan membiasakan diri melakukan kedelapan hal di atas, saya yakin, skripsi menjadi suatu hal yang mudah untuk kamu kerjakan. Sesungguhnya, skripsi itu bukanlah suatu momok yang menakutkan dan mengganggu jika kamu sudah mempersiapkan diri sejak awal masuk kuliah. Nah, buat kamu yang baru saja masuk kuliah, yuk, deh, lakukan kedelapan hal di atas sejak dari semester pertama agar kamu nggak kaget dalam pengerjaan skripsi kelak. Semangat!

Baca juga:

(Sumber gambar: trenlis.co)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 13 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1