Menu

Cara Mempengaruhi Orang Lain dan Menjalin Pertemanan yang Baik Buat Anak Muda

Menjadi sosok yang baik aja nggak cukup untuk menjalin interaksi positif di sebuah pertemanan atau komunitas, gaes. Salah-salah, kebaikan kamu justru bisa dimanfaatkan sama orang yang nggak bertanggung jawab. Selain itu, yuk lebih detail ngobrolin soal bagaimana sebetulnya menjadi teman yang baik bagi orang lain. Siapa tahu kamu udah ge-er karena merasa jadi teman yang baik, padahal nggak. Hadeh!

Terinspirasi dari tulisan Dale Carnegie, How to Win Friends and Influence People, berikut tips pertemanan yang menurut Youthmanual bisa banget diaplikasikan sama anak muda.

Teknik dasar menghadapi orang lain:

1. Jangan asal mengkritik, mencela atau komplain tanpa alasan

"Duh, baju yang lo pake hari ini nggak banget deh!"

Sedeket-deketnya kamu sama seseorang, nggak oke banget kalau kamu hanya bisa asal mengkritik dan mencela. Apalagi, kalau bahasa yang digunakan menyakiti orang tersebut. Sebaiknya, ngobrol berdua dengan bahasa yang sopan dan kasih dia masukan atau pilihan alternatif dari hal yang kamu nggak suka tersebut. Misalnya:

"Menurut gue, baju warna neon ini kurang cocok buat lo. Coba, deh, pakai baju warna-warna pastel."

2. Berikan pujian tulus dan ucapan terima kasih

Jangan pelit dalam memberikan pujian sama teman kamu ya, gaes. Tapi berikan pujian yang tulus dan nggak lebay. Oh iya, mengucapkan terima kasih untuk setiap hal kecil yang dia lakukan juga penting banget. Ini akan mempererat pertemanan kalian dan meningkatkan rasa saling menghargai.

3. Bersemangatlah dalam berinteraksi dengan orang lain

Apa yang terjadi kalau kamu malas-malasan dalam menghadapi orang lain? Tentu aja orang tersebut juga bakal malas menghadapi kamu. So, bersemangatlah dalam ketika melakukan interaksi sosial. Malu bukan alasan untuk bersikap malas menghadapi orang lain, lho.

Sedangkan buat kamu yang introvert, berikan orang lain kesempatan untuk memberikan sesuatu yang menarik.

Teknik dasar membuat orang lain menyukai kamu:

1. Banyaklah tersenyum. Senyum yang tulus bakal terlihat berbeda dibanding senyum yang dipaksakan. Ingat, senyum adalah gerbang pertama kamu bisa menjalin interaksi sosial dengan baik.

2. Ingat nama mereka. Menurut situs Medium, bahasa yang paling baik dalam interaksi sosial adalah mengingat nama seseorang. Ketika kamu berkenalan, ingatlah nama mereka atau paling nggak, nama panggilannya.

3. Jadilah pendengar yang baik. Encourage orang lain untuk berbicara dan bercerita tentang diri mereka.

4. Menghargai orang lain dan jadikan mereka penting. Setiap orang menyukai ketika dirinya dihargai dan ditanggapi. Makanya, orang yang menghargai orang lain pasti punya banyak teman, gaes.

Teknik dasar mempengaruhi orang lain untuk menerima pendapat kamu:

1. Jangan berdebat untuk hal yang kurang penting.

2. Tunjukan rasa hormat sama pendapat orang lain. Jangan pernah bilang "kamu salah".

3. Jika melakukan kesalahan, cepat akui dan minta maaf. Hal ini bisa membuat orang lain lebih mudah mendengarkan perkataan kamu selanjutnya.

4. Mulailah menyampaikan pendapat dengan cara yang ramah dan menyenangkan.

5. Jadikan orang lain merasa bahwa ide tersebut juga merupakan buah pikirannya. Misalnya, "Karena diskusi kita kemarin, aku jadi kepikiran cara mencari dana buat OSIS."

(Sumber gambar: catholicmatch.com, wikihow)

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 2 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©