10 Tanda Bahwa Kamu Terlahir Sebagai Orang yang Doyan Baca Buku

Ada orang yang suka banget baca buku sejak kecil. Tapi lama-lama, kebiasaan ini menghilang. Biasanya, sih, alasannya karena semakin dewasa dia semakin sibuk sehingga nggak punya waktu lagi untuk membaca. Sebaliknya, ada orang yang dulunya nggak terlalu hobi membaca, tetapi semakin lama, dia semakin suka membaca. Buku yang dikoleksi pun terus bertambah.

Naaah, tapi ada juga golongan orang yang konsisten cinta sama buku. Sejak kecil sampai dewasa, cintanya untuk buku selalu stabil. Selalu adaaa aja buku nyelip di bawa ketek mereka. Kutu buku sejati, lah!

Apakah kamu merasa termasuk golongan orang seperti itu? Cek, deh, tanda-tandanya.

1. Sejak kecil, kamu lebih tertarik kepada buku dibandingkan mainan

Kutu Buku 1 - Youthmanual

Sewaktu kecil, buat kamu, hadiah terindah dari orang tua adalah buku. Kamu paling gampang disuruh membantu pekerjaan rumah kalau dijanjiin boleh beli buku apa aja. Saat ulang tahun, kamu juga happy banget kalau diberi kado buku oleh orang-orang terdekat.

2. Kamu nggak bisa tidur sebelum membaca beberapa halaman dari sebuah buku

Sebelum tidur, kegiatan wajib kamu adalah membaca beberapa halaman buku. Kadang-kadang, kalau bukunya seru banget, kamu bisa begadang dan menghabiskan seluruh buku malam itu juga. Alhasil, kamu sering ketiduran dengan buku di samping kepala. Pokoknya buku adalah barang pertama yang kamu lihat ketika buka mata di pagi hari.

3. Kamu punya imajinasi yang hebat dan seringkali membayangkan kalau karakter dalam sebuah buku muncul di dunia nyata

Bagi kamu yang suka buku fiksi, kamu sering membayangkan karakter-karakter dalam buku-buku fiksi tersebut beneran muncul di kehidupan kamu. Imajinasi kamu jadi sangat tinggi. Ini juga salah satu alasan kenapa pencinta buku biasanya akan jadi penulis. Kasus ini nggak selalu terjadi, sih, tapi yang pasti, you can’t be a writer if you don’t like to read!

4. Kamu terpesona dengan kata-kata

Kutu Buku 3 - Youthmanual

Kamu suka banget menemukan kata-kata yang belum pernah kamu ketahui sebelumnya. Buat kamu, mengembangkan pengetahuan kosakata, tuh, menyenangkan sangat! Semakin ribet sebuah tata bahasa, kadang kamu malah makin tertarik. Buat kamu, kosakata yang baik adalah kunci untuk mengekspresikan dan mempresentasikan diri dengan baik juga.

5. Bagi kamu, buku adalah penghilang stress yang paling ampuh!

Beberapa orang menghilangkan stress dengan cara nonton film, yoga, shopping, pergi ke pesta, atau makan enak. Membaca buku jarang dilirik sebagai penghilang stress karena dianggap bisa bikin tambah stress. Tapi buat kamu, sih, membaca bisa jadi penenang dan penghilang stress yang ampuh. Apalagi kalau baca bukunya sambil makan enak, ya! Hepinya dobel!

6. Kamu sering ketukar antara plotline sebuah buku dengan memori kamu sendiri

Saking seringnya menghayati buku-buku yang kamu baca, kamu kadang lupa, apakah sebuah kejadian benar-benar pernah terjadi dalam kehidupan kamu, atau sebetulnya itu cuma kejadian fiksi di buku yang pernah kamu baca? Ketuker-tuker, sob! Kamu kadang juga merasakan dejavu, alias merasa pernah mengalami suatu kejadian sebelumnya, padahal kejadian tersebut cuma terjadi di dalam buku. Hidup pusing amat, kayak Matrix!

7. Kamu merasa bahwa Rap100,000 adalah harga yang mahal untuk benda-benda SELAIN buku

“Berapa harga kaosnya? Hah! Seratus ribu? Idih, ogah. Mahal banget!” Mungkin begitu kata kamu. Tetapi begitu menemukan buku dengan harga yang sama, kamu nggak ragu untuk segera bayar.

8. Setiap tahun, rak buku kamu semakin besar atau semakin banyak

Kutu Buku 2 - Youthmanual

Berhubung sering kalap kalau belanja di toko buku, rak buku kamu selalu harus diganti dengan yang lebih besar karena udah nggak muat menampung buku-buku koleksi kamu.

9. Ketika membaca buku, kamu seperti memiliki dunia sendiri dan jadi nggak peduli dengan hal-hal lain

Kamu lebih suka nongkrong di kamar untuk membaca buku. Buat kamu, waktu luang adalah kesempatan emas untuk membaca buku baru, atau membaca ulang buku lama kamu. Dan ketika kamu sudah mulai membaca, kamu jadi lupa dengan segala hal di sekeliling kamu. It’s just you and your book, nothing else!

Oya, sebuah studi menunjukkan bahwa anak-anak yang dibesarkan di keluarga yang suka membaca jadi akan suka membaca juga. Keluarga seperti ini percaya, membaca adalah kegiatan yang bisa mendekatkan para anggota keluarganya. Keluarga kamu seperti ini nggak?

10. Perpustakaan dan toko buku adalah surga buat kamu

Ratusan buku di satu tempat? SURGA banget buat kamu!

 

(Sumber foto: wolfgnards.com, whytoread.com, tumblr.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 16 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1