Menu

Rekomendasi Buku Hip dan Kekinian Untuk Anak Muda, Buat Menemani Kamu Liburan

Kapan terakhir kali kamu baca buku? Mumpung lagi lowong, cek deretan buku kekinian, seru, dan pastinya pas untuk menemani kamu liburan. List buku berikut adalah rekomendasi dari head of book team dan book buyer Aksara Efiya Nur Fadila. So, pinggirkan dulu smartphone-mu dan singkirkan jauh-jauh buku kumpulan soal ujian. Selamat membaca dan berlibur!

Bream Gives Me Hiccups karya Jesse Eisenberg

jesse eisenberg bream gives me hiccups

Suka penasaran kalau baca buku karangan seleb yang jago nulis? Baca deh, karya Jesse Eisenberg, pemeran Lex Luthor di Batman v Superman. Kemampuan Jesse nulis udah nggak diragukan lagi. Do’i rutin menulis buat New Yorker dan sudah menghasilkan 3 naskah drama.

Buku ini berisi 44 cerita pendek dengan setting dan tema yang berbeda-beda. Mulai dari kota Los Angeles yang modern, asrama kampus, hingga zaman baheula. Yang jelas, karakter dan kisah yang ditampilkan unik serta nggak ketebak. Menurut Efi, cerita-ceritanya bisa mewakili transisi diri seseorang menuju dewasa. Caealah! Kompilasi cerita ini juga diperkaya dengan ilustrasi kartunis peraih penghargaan, Jean Jullien. Cakep! 

My Grandmother Asked Me to Tell You She’s Sorry  karya Fredrik Backman

Novel ini bercerita tentang persahabatan yang terjalin antara Elsa, anak perempuan berumur 7 tahun dengan neneknya yang nyentrik abis. Elsa sendiri berbeda dengan kebanyakan anak perempuan seumurannya. Makanya dia nggak punya teman, selain sang nenek.

Ketika meninggal dunia, neneknya meninggalkan surat-surat berisi permintaan maaf ke beberapa orang atas kesalahan yang pernah diperbuat beliau. Berbekal surat tersebut Elsa pun berpetualang. Salah satu pesan cerita ini adalah it’s okay to be different. “This is the perfect holiday reading material,” kata Efi.

Hostage karya Guy Delisle

hostage

Hostage adalah novel grafis yang mengangkat tentang pengalaman Christophe Andre, seorang relawan di organisasi Doctors Without Borders asal Prancis yang disandera milisi Kenya selama 111 hari. Guy Delisle membuat gambar dan komposisi warna yang keren banget hingga emosi dan ketegangan dalam kisahnya sangat terasa. Efi menjelaskan, “Ini adalah salah satu komik nonfiksi terbaik untuk kamu baca. Sekalian memberikan variasi bacaan liburan yang rada serius, tapi tetap menyenangkan.” `

Harry Potter and the Cursed Child (Harry Potter #8) karya J. K. Rowling

Berbeda dengan seri Harry lainnya yang berbentuk novel, format Harry Potter and the Cursed Child adalah naskah drama. Tapi buku yang bercerita tentang anak dari Harry Potter dan kawan-kawan ini tetap “magical” untuk dibaca. Who doesn’t want to go to Hogwarts and escape life, ‘rite?

J.K. Rowling sendiri berencana mengadakan pementasan Harry Potter di seluruh dunia. “Barangkali aja bakal tampil di teater Singapura dan kamu berkesempatan nonton. Jadi, sebaiknya baca bukunya dulu,” ujar Efi.

642 Things About Me disusun oleh San Fransisco Writters’ Grotto

Dalam activity book ini, kamu bisa menuliskan serta mengekspresikan berbagai hal tentang dirimu, seperti seputar pengalaman, orang-orang yang kamu temui, aktivitas yang dilakukan, hingga curhatan dan impianmu. Instruksi dalam buku  ini juga seru dan menantang, misalnya, ‘Apa yang ingin kamu tulis untuk dirimu di masa depan?' Coba deh, isi liburan kamu dengan mengisi 642 Things About Me Bisa sekalian melatih kemampuan menulis dan mengasah kreativitas, lho!

Let’s Garden karya Clara Lidström dan Annakarin Nyberg

Bagi kamu yang banyak menghabiskan waktu liburan di rumah, buku ini cocok banget. Let’s Garden berisi tutorial berkebun yang praktis dan gampang buat diikuti. Soalnya sebenarnya buku ini buat anak-anak. Hehehe.

Kalau nggak punya kebun atau halaman luas gimana? Nggak apa-apa banget! Justru buku ini untuk urban gardening, alias berkebun di rumah perkotaan yang lahannya terbatas. Jadi kebanyakan menanamnya menggunakan wadah. Selain lagi hip, urban gardening ini sangat bermanfaat. Liburan kamu pun jadi makin produktif. So, next time harga bawang atau cabai naik, kamu bisa kasih “hadiah” dari kebun untuk mama. ‘Mayan, lho!

Eat! The Quick-Look Cookbook disusun oleh The Show Me Team

eat cook book

Satu lagi aktivitas berfaedah untuk mengisi liburanmu: memasak. Yup, memasak adalah life skill yang perlu dipelajari, baik oleh cewek maupun cowok. Kali aja kamu nanti ngekos, kuliah di luar kota, atau bahkan luar negeri. Buku memasak yang jadi best-seller di Aksara (dan mungkin juga di toko buku lainnya) tersebut memang pas buat pemula. “Buku ini berisi infografis langkah-langkah memasak, sehingga gampang dimengerti dan diikuti, even if you’re’ a kitchen virgin’ alias nggak pernah ke dapur,” pungkas Efi.

(sumber gambar: youthmanual.com, via mybooks.com, twitter Jocelyn Toester, lifeonacanadianisland.com, zully.com)

LATEST COMMENT
Rika Pratiwi | 15 jam yang lalu

mau tanya, kalo pindahan semester 3 ga terima jalur undangan snmptn ga?

10 Perubahan Penting SNMPTN dan SBMPTN 2019
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©