12 Museum Seru di Bandung yang Patut Kamu Kunjungi

Youthmanual suka banget sama museum! Makanya kami sering merekomendasikan museum sebagai tujuan wisata.

Kalau dulu Youthmanual pernah merekemondasikan beberapa museum seni di Jakarta, kali ini saya ingin berbagi informasi dari komunitas Museum Ceria tentang museum-museum di Bandung. Jenisnya museumnya bermacam-macam, mulai dari museum seni sampai museum sejarah.

Sebagai catatan, beberapa museum ini ada yang buka saat libur Lebaran ini, ada yang tidak. Konfirmasikan ke masing-masing museum, ya.

Pokoknya, kalau liburan ini kamu lagi di Bandung, langsung, deh, cekidot museum-museum ini!

1. Museum Geologi adalah museum pemerintah (di bawah Kementerian ESDM), dan kemungkinan besar tutup selama libur panjang Lebaran ini.

2. Museum Sri Baduga adalah museum pemerintah (dibawah pemerintah propinsi Jawa Barat), dan kemungkinan besar tutup selama libur panjang Lebaran ini.

3. Museum Wangsit Mandala Siliwangi adalah museum pemerintah (di bawah TNI), dan kemungkinan buka di hari Sabtu yang bukan cuti bersama. Namun cek dulu ke museum yang bersangkutan, untuk kepastiannya.

4. Museum Preanger adalah museum milik Hotel Grand Preanger, Bandung. Ada kemungkinan museum ini bisa di datangi selama libur panjang Lebaran, namun harus buat janji dengan pihak museum/hotelnya terlebih dahulu.

5. Museum Barli adalah museum swasta. Cek dulu untuk kepastian buka atau tutupnya museum ini selama libur panjang Lebaran.

6. Museum Perjuangan Rakyat Jawa Barat adalah museum pemerintah, maka kemungkinan besar tutup selama libur panjang Lebaran ini.

7. Museum Puspa IPTEK Sundial kemungkinan buka saat libur Lebaran, namun harus di cek terlebih dahulu.

8. Museum Bio Farma tutup selama libur panjang Lebaran ini.

9. Sebenarnya sekarang ini, Graha Parahyangan hanyalah sebuah galeri kereta api yang berisi foto-foto founding fathers kereta api di Indonesia.

Benda-benda pamer (berupa gerbung-gerbong kereta api) yang sebelumnya ada di Graha Parahyangan sekarang sudah dipindahkan ke museum kereta api yang di Lawang Sewu.

Selain galeri, bangunan ini juga berfungsi sebagai rapat, karena mereka punya beberapa ruang rapat yang cukup privat dan lengkap. Untuk info yang lebih lengkap. kamu bisa hubungi Graha Parahyangan langsung.

Selama libur Lebaran ini, Graha Parahyangan kemungkinan buka di akhir pekan. Cek langsung dengan museum yang bersangkutan.

10. Museum ini dikelola oleh Bank OCBC NISP, dan tutup selama libur panjang Lebaran.

11. Dikelola oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Museum Pendidikan Nasional kemungkinan besar tutup selama libur Lebaran ini. Tapi coba cek dulu dengan pihak museum, untuk jam buka/tutup di akhir pekan.

12. Museum ini kemungkinan buka selama libur panjang lebaran, namun cek dulu dengan Kebun Binatang Bandung untuk kepastiannya.

***

Selain museum-museum di atas, Bandung juga punya museum-museum lain seperti Rumah Bu Inggit di Jl Inggit Garnasih no 8, serta Museum Bank Indonesia di Jl Braga no 108 yang nggak kalah menarik untuk dikunjungi.

Happy museum-hopping!

Baca juga:

(sumber foto: Instagram @museumceria)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1