30 Istilah dan Singkatan di Dunia Kerja yang Harus Kamu Ketahui!

Ketika kamu sedang chat-an baik itu di media sosial maupun di media komunikasi lainnya, kamu pasti memiliki berbagai macam istilah untuk menghidupkan chat-mu dengan teman-temanmu. Selain untuk menghidupkan chat, istilah ini digunakan untuk mempermudah kamu dalam membahas atau membicarakan sesuatu.

Perlu kamu ketahui, nih, gaes, istilah ini nggak hanya digunakan dalam chat yang informal saja, lho. Bahkan, ketika kamu kerja nanti, kamu akan menemukan berbagai istilah atau singkatan yang sering kali kamu gunakan. Ketika pertama kali saya bekerja, saya pun sedikit kebingungan dengan istilah yang digunakan dalam chat atau email yang dikirimkan oleh para kolega saya.

Banyak sekali istilah-istilah yang menurut saya nggak familiar seperti istilah-istilah yang ada di dalam chat sehari-hari seperti BRB (Be Right Back), OTW (On the Way), LOL (Laughing Out Loud) dan sebagainya. Setelah saya bekerja beberapa lama, akhir saya paham bahwa istilah-istilah yang digunakan ini merupakan istilah untuk mempermudah kita dalam menjelaskan sesuatu dengan singkat. Hmm ada istilah apa saja, ya, yang sering digunakan dalam email atau chat dalam dunia kerja? Cek dulu, yuk artikel berikut ini!

1. PFA – Please Find Attach

Biasanya, singkatan ini muncul ketika kamu mengirim email kepada orang lain dan kamu memasukkan attachment atau lampiran pada email tersebut. Nah, agar orang yang kamu kirim email menyadari bahwa ada lampiran di dalam email, kamu bisa tulis “PFA” atau “Please Find Attach” agar orang yang kamu kirimi email membaca attachment atau lampiran yang kamu kirim.

2. WFH – Work From Home

Hampir semua karyawan suka, nih, sama istilah yang satu ini. WFH atau Work From Home memiliki pengertian bahwa seseorang bisa bekerja dari rumah. Nah, WFH ini bisa terjadi karena berbagai macam hal, gaes. Untuk saat ini, karena wabah Corona sangat mengkhawatirkan, banyak perusahaan yang akhirnya menetapkan WFH. Tapi, kalau kamu sakit dan bisa WFH, kamu pun pasti diizinkan oleh atasanmu untuk WFH.

3. OT – Overtime

“Eh, OT lu berapa jam?” Nah, kalau nanti saat kamu bekerja ada yang bertanya seperti ini, kamu jangan bingung, ya. OT memiliki kepanjangan yaitu Overtime. Overtime itu sendiri merupakan istilah yang memiliki arti yaitu jam lembur.

4. MoM – Minutes of Meeting

Kalau kamu sedang rapat dengan orang lain, terkadang, orang tersebut akan memintamu untuk mengirim email yang berisi MoM. Jadi, MoM itu apa sih? Yep, MoM atau Minutes of Meeting memiliki artian yaitu butir-butir yang dibicarakan dalam rapat tersebut. Apapun yang dibicarakan, harus ditulis dan di email kembali ke semua partisipan rapat tersebut.

5. FYI – For Your Information

FYI

Sama seperti istilah yang biasa kita pakai, FYI masih memiliki kepanjangan yaitu For Your Information. Istilah ini bisa kamu gunakan ketika kamu ingin memberitahu suatu informasi kepada orang lain. Biasanya, singkatan atau istilah ini bisa kamu gunakan di email maupun chat.

6. FYA – For Your Action

FYA atau For Your Action merupakan istilah yang digunakan untuk memberikan instruksi kepada temanmu atau kolegamu untuk mengerjakan suatu hal atau memberikan tindakan terhadap hal yang diberitahukan kepada temanmu.

7. FYNA – For Your Next Action

Ini pun sama seperti FYA, gaes. Kamu bisa menggunakan FYA atau FYNA untuk memberikan instruksi kepada orang lain agar segera mengerjakan kerjaan yang telah diberikan.

8. TBD – To Be Discuss

Email yang memiliki istilah ini di dalamnya memiliki artian yaitu hal yang dibahas di dalam email mesti di didiskusikan kembali. Biasanya, isi dari email ini masih gantung, nih, gaes, alias masih belum ada informasi kelanjutannya karena masih butuh didiskusikan terlebih dahulu.

9. TBC – To Be Confirm

Sama seperti TBD, TBC pun merupakan informasi yang masih belum jelas atau tentantif dalam suatu email. Misalnya, nih, kamu mau ada meeting dengan seseorang, tetapi kamu belum menemukan tempat yang pas. Kamu bisa masukkan “TBC” untuk menjelaskan bahwa kamu harus konfirmasi terlebih dahulu terkait ruangan yang ingin kamu gunakan.

10. KPI – Key Performance Indicators

KPI atau Key Perfromance Indicators merupakan pekerjaan-pekerjaan yang ditetapkan di awal tahun dan wajib untuk kamu capai. KPI ini menjadi hal yang dinilai oleh atasanmu tentang bagaimana kamu bekerja. Kalau kamu selalu mencapai KPI-mu, bisa jadi, lho, kamu diberi promosi alias naik posisi.

11. SOP – Standart Operational Procedures

“Kalau kerja kita harus sesuai SOP”. Kamu pasti pernah dengar ada orang yang berkata demikian. Well, memang, kalau bekerja harus sesuai dengan SOP. SOP itu sendiri adalah suatu cara atau proses bekerja yang tertulis dan wajib diikuti oleh semua karyawan.

12. Turnover

Nah, Turnover adalah suatu istilah yang menjelaskan dinamika pegawai pada suatu pekerjaan. Berapa banyak pegawai yang keluar dan masuk dalam suatu perusahaan, disebut sebagai jumlah turnover.

13. HQ – Headquarter / HO – Head Office

Keduanya menjelaskan tentang kantor pusat, gaes. Biasanya, setiap kantor yang memiliki cabang atau dua tempat untuk bekerja, ada salah satu kantor atau gedung yang disebut sebagai headquarter atau head office. Biasanya, semua pekerjaan, dokumen, infrastruktur internet dan komputer sangat tersusun dengan baik di HO atau HQ.

14. HC – Headcount

Headcount atau HC merupakan jumlah dari seluruh staff pada suatu perusahaan. Biasanya, HC ini sering ditanyakan saat kantor memiliki suatu acara. HC biasanya terbagi atas HC pegawai tetap dan pegawai temporer.

15. FU – Follow Up

follow up

Please, FU”. Nah, kalau kamu nanti melihat email atau chat yang seperti ini, tandanya kamu disuruh untuk follow up suatu hal. Follow up disini berupa kamu harus menanyai seseorang atau meminta orang lain untuk menjelaskan atau mengerjakan sesuatu yang harus diselesaikannya.

16. Block Leave / Annual Leave

Istilah yang satu ini merupakan istilah yang pastinya disukai oleh semua pegawai. Kenapa begitu? Well, istilah ini merupakan cuti yang harus kamu ambil dalam satu tahun. Biasanya sih, kamu diharuskan minimal mengambil lima hari berturut-turut untuk cuti.

17. PO – Purchase Order

Kalau kamu membeli suatu barang online, kamu pasti sering mendengar kata PO atau Pre-Order. Kalau di dunia kerja, ketika kamu membeli barang, kamu akan sering mendengar kata Purchase Order atau memiliki pengertian bukti pemesanan.

18. TCD – Target Completion Date

Mudahnya, TCD merupakan kepanjangan dari Target Completion Date yang memiliki pengertian yaitu kapan kamu harus menyelesaikan pekerjaanmu. TCD ini pun bisa disebut juga sebagai deadline.

19. EDM – Electronic Direct Mail

Bukan Electronic Dance Music ya, gaes. EDM disini memiliki pengertian yaitu Electronic Direct Mail. Mudahnya, ketika kamu sedang mengirim email secara keselurahan terhadap semua staff di kantormu, hal tersebut lah yang disebut sebagai EDM.

20. Outing

Outing merupakan kata lainnya yang disukai oleh semua staff. Outing ini bisa juga disebut sebagai rekreasi untuk semua staff. Biasanya, outing ini berbeda-beda, nih. Ada yang outing-nya ke taman bermain, ke suatu daerah dan sebagainya.

21. FGD – Focus Group Discussion

Ketika kamu mengerjakan sesuatu atau ingin mendapatkan suatu insight, kamu bisa mengadakan FGD. FGD adalah suatu diskusi dimana kamu nggak menjadi moderator, tetapi kamu hanya memberikan topik-topik yang ingin kamu bahas kepada para partisipan yang mengikuti FGD tersebut.

22. Cut off

Biasanya finance memiliki istilah cut off nih, gaes. Cut off merupakan tanggal dimana kamu sudah nggak bisa memasukkan data-data keuangan yang harus dibayar oleh para finance. Biasanya, kamu harus menunggu kapan finance membuka kembali proses pembayaran.

23. To

To adalah suatu kolom pada email yang berarti kepada siapa kamu mengirimkan email. Kamu bisa mengirimkan email lebih dari satu orang

24. Cc

Cc pun merupakan kolom yang ada pada suatu email. Bedanya dengan To adalah, pada Cc kamu menunjukkan bahwa orang kamu masukkan ke kolom ini, harus tahu apa yang terjadi dan dikabarkan. Tetapi, kamu nggak mengharapkan orang tersebut memberikan tindakan apapun.

25. Bcc

Kalau kamu ingin mengirim email namun tidak ingin diketahui kepada siapa saja kamu mengirimkan email, well, kamu bisa menggunakan kolom ini untuk menulis semua penerima emailmu. Setelah kamu memasukkan semua nama dan mengirim email, orang-orang yang menerima email tersebut nggak akan tahu siapa saja yang mendapatkan email yang sama dengannya.

26. ODP – Officer Development Program

ODP merupakan program yang ditawarkan oleh beberapa perusahaan, biasanya perbankan, untuk percepatan karir. Biasanya, untuk menjadi pegawai melalui jalur ODP, kamu akan menjalani berbagai proses.

27. ADP – Assistance Development Program

Sama seperti ODP, ADP pun merupakan percepatan karir yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan. Namun bedanya, ADP merupakan program di bawah ODP. Jadi, kalau ODP biasanya langsung menjadi karyawan tetap, kalau ADP masih merupakan karyawan kontrak.

28. GA – Graduate Associate

GA atau Graduate Associate merupakan hal yang sama seperti ODP. Tapi biasanya, para GA merupakan orang-orang baru saja lulus dari suatu universitas.

29. BPO – Business Process Outsourcing

BPO merupakan kata lain untuk menjelaskan karwayan kontrak.

30. FTE – Full Time Equivalent

FTE merupakan kata lain untuk menjelaskan karyawan permanen di suatu perusahaan.

***

Nah, itu dia tiga puluh istilah atau singkatan di dunia kerja yang wajib banget kamu ketahui. Dengan mengetahui ketigapuluh istilah atau singkatan di atas, kamu akan lebih mudah memahami pekerjaanmu. Selain itu, ketika kamu menunjukkan atau menjelaskan sesuatu, kamu nggak perlu menggunakan kata-kata yang panjang dan lebar. Dengan memberikan satu istilah saja, kamu bisa menjelaskan sesuatu dengan singkat dan jelas.

Sebenarnya,  masih banyak lagi, lho, istilah atau singkatan yang bisa kamu gunakan dalam dunia kerja. Namun, untuk saat ini, kamu harus tahu ketigapuluh istilah atau singkatan di atas terlebih dahulu, ya. Semangat!

(Sumber gambar: kidscreen.com, jojonomic.com, bullguard.com)

LATEST COMMENT
Manoj Vaswani | 2 hari yang lalu

Thank you rekomendasinya. Saya juga ingin memberikan rekomendasi untuk tempat pensil berkualitas. Nama produsennya Zipit. Brand ini sudah cukup terkenal di Eropa. Banyak jenis tempat pensil yang diproduksinya, yang pasti tempat pensilnya itu gampang dicuci dan punya desain yang lucu - lucu. Cek koleksi…

Rekomendasi Toko Stationery dan Perangkat Belajar Kece di Berbagai Kota Indonesia
Sarah Laila | 2 hari yang lalu

kak, kl mau masuk jurusan seni gini apa harus ikut kursus kak ?

Serba-Serbi Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB
Stephanie | 3 hari yang lalu

Kak mau tanya kalau ga punya utbk langsung ga bisa ikut jalur mandiri ya?

Info Lengkap Seleksi Mandiri ITB 2020
Sarce Susance | 3 hari yang lalu

Yaa saya sering begitu

5 Hal Horor yang Sering Dirasakan Oleh Mahasiswa
Devi Dwi andriyani | 4 hari yang lalu

Assalamualaikum maaf izin bertanya ka. Saya sangat menyukai pelajaran kimia dan matematika tujuan sya ingin masuk ke teknik kimia tapi menurut hasil dari test minat bakat apk ini sya blm cocok untuk masuk ke prodi tersebut,mnta rekomnya ka. Makasih ka

25 Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPA
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 Rencanamu ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1