Menu

6 Hidangan yang Bisa Dimasak di Rice Cooker

Oleh Lidya Sophiani

Sebagai anak kos yang peralatan masaknya serba terbatas, menu makanan sehari-hari saya biasanya mentok di nasi yang ditambah lauk pauk dari warung makan sebelah kampus. Padahal sebenarnya saya pengen, deh, bikin makanan yang lebih bervariasi. Nggak nasi lagiii, nasi lagi, berhubung alat masak yang saya punya cuma rice cooker! #jadicurhatdeh

Untungnya, nih, beberapa bulan lalu, saya menemukan artikel Buzzfeed yang sangat mencerahkan! Ternyata, walaupun namanya rice cooker, alat masak ini multifungsi banget. Nggak cuma bisa buat masak nasi. Nah, terinspirasi dari artikel Buzzfeed yang berjudul 21 Surprising Things You can Make in a Rice Cooker tersebut, ini dia 6 hidangan enak dan simpel versi saya, yang bisa kamu masak dengan rice cooker!

1. Mie Instan

mie instan

Buat yang selama ini beli mie instan di warung karena nggak punya kompor, coba, deh, sekali-sekali masak mie instan sendiri pakai rice cooker. Tinggal masukkan air secukupnya, cemplungin mie, trus nyalakan rice cooker-nya, deh! Dalam beberapa menit aja, mie kamu pasti sudah matang, dan tinggal kamu masukkan bumbu-bumbunya. Kalau mau buat versi yang lebih sehat, kamu bisa tambahkan telur serta sayuran seperti wortel dan brokoli saat merebus mie-nya.

2. Pasta  

Sama halnya dengan mie instan, kamu juga bisa masak pasta di rice cooker, lho. Kamu hanya perlu memasukkan air dan pasta ke dalam rice cooker, nyalakan rice cooker-nya, tunggu beberapa menit, lalu voila! Matang, deh! Selanjutnya kamu tinggal menambahkan saus spaghetti kalengan, garam, merica, serta taburan keju atau oregano sesuai selera. Kalau mau menambah protein, kamu bisa rebus udang atau jamur bersamaan dengan pastanya.

3. Oatmeal

oatmeal

Kalau nggak punya water heater untuk memanaskan air, kamu bisa menggunakan rice cooker buat masak oatmeal alias bubur gandum. Selain dengan air, kamu juga bisa masak oatmeal dengan susu supaya rasanya nggak terlalu hambar. Caranya, masukkan susu cair dan oatmeal ke dalam rice cooker, nyalakan rice cooker-nya, lalu tunggu sampai oatmeal-nya matang dan mengembang. Trus, tambahkan taburan kismis atau strawberry untuk sarapan yang sehat dan bergizi. Yumm!

4. Pancake Telur dan Sayuran (Egg Fritata)

pancake telur

Untuk membuat pancake telur dan sayuran ini, kocok 4-6 butir telur, lalu tambahkan sayuran yang dicincang kecil-kecil (biasanya paprika, tomat, atau bawang bombay). Untuk penambah rasa, tambahkan garam dan merica secukupnya, masukan ke rice cooker, setelah itu tinggal tunggu matang deh.

5. Bubur

bubur

Untuk mengubah nasi menjadi bubur, kamu cukup memasak nasi di rice cooker seperti biasa. Tapi bedanya, setelah nasi matang, tambahkan 1-2 gelas air ke rice cooker, trus tambahkan garam dan merica secukupnya. Sebagai pelengkap, siapkan telur rebus (bisa direbus di rice cooker sebelum kamu memasak bubur), abon, sekaligus kerupuk dari warung sebelah. Beuh, mantap!

6. Pancake

pancake

Nggak punya kompor tapi kepengen bikin pancake? Asal ada bahannya, kamu bisa, kok, bikin pancake dengan rice cooker! Caranya, masukkan 100 gram atau sekitar 10 sendok makan tepung terigu (kalo pake sendok makan, sekitar 10 sendok makan), 1 butir telur, 150ml susu cair, 2 sendok makan mentega, dan sekitar 3-4 sendok teh gula pasir ke dalam rice cooker. Aduk semua bahan sampai adonan agak mengembang dan berbusa. Setelah itu, nyalakan rice cooker, tekan tombol “cook”, dan tunggu sampai matang. Jangan lupa siapkan selai, meses, mentega, atau bahan pelengkap lainnya sesuai selera, untuk dioleskan ke pancake setelah ia matang.

Penasaran dengan hasil masakan-masakan di atas? Buktiin sendiri, deh, keajaiban dan ke-multifungsi-an rice cooker!

(sumber foto: laguarida.org, thecherryshare.com, buzzfeed.com, buonapapa.net, taste.com.au, abcnews.go.com, munchministry.com, myrailcoffee.com, youtube.com, varietyfoodservices.com)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©