Menu

5 Program Studi yang Cocok Buat Kamu yang Suka Makanan

Makan merupakan aktivitas yang dilakukan oleh makhluk hidup untuk bertahan hidup. Namun, bagi manusia, makan bukan hanya menjadi aktivitas untuk bertahan hidup saja, gaes. Jaman sekarang, banyak dari orang-orang yang menjadikan aktivitas makan untuk mencari uang. Nggak percaya? Coba, deh, kamu cari orang-orang yang suka kulineran atau mukbang di Youtube. Kurang lebih, mereka menjadikan hal tersebut sebagai profesi mereka.

Karena makanan setiap tahunnya pasti mengalami perubahan trend, maka, banyak dari orang-orang yang menjadikan aktivitas makan ini bukan hanya sekedar untuk bertahan hidup melainkan untuk mencoba sensasi-sensasi baru, mencoba sesuatu yang unik dan sebagainya. Coba kita lihat beberapa waktu terakhir. Ada banyak sekali jenis makanan baru yang bermunculan, mulai dari Samyang, mie donat, corn dog, ayam geprek dan masih banyak lagi.

Nah, kalau kamu gimana, nih, gaes? Apakah kamu merupakan seseorang yang memiliki hobi makan? Apakah kamu suka mencoba makanan-makanan baru? Kamu mau nggak, sih, menjadi seseorang yang ahli dalam bidang makanan? Kalau jawaban kamu “iya” untuk semua pertanyaan, kamu wajib banget tahu, nih, tentang Program Studi-Program Studi yang mempelajari tentang berbagai makanan. Wah, ada Program Studi apa saja, ya?

1. Teknologi Pangan

teknologi pangan

Sebelum suatu makanan itu jadi, hal yang paling penting ialah bahan baku yang digunakan. Misalnya, nih, kamu mau buat kentang goreng, bagaimana ceritanya kamu akan membuat kentang goreng kalau kentangnya pun kamu nggak punya? Contoh lainnya, bagaimana kamu akan memakan nasi kalau beras pun kamu nggak punya. Dari contoh yang disebutkan, dapat ditarik kesimpulan, kan, kalau bahan baku itu penting?

Nah, karena pembuatan makanan ini membutuhkan bahan baku, maka ada satu Program Studi nih yang mempelajari tentang hal tersebut. Program Studi itu ialah teknologi pangan.  Teknologi pangan adalah suatu disiplin ilmu yang menerapkan ilmu pengetahuan tentang bahan baku, khususnya bahan pangan setelah bahan tersebut di panen. Agar bahan pangan dapat bertahan lama maka dibutuhkan teknologi yang tepat. Secara garis besar di Program Studi Teknologi Pangan ini, kamu akan belajar bagaimana caranya memperlakukan bahan pangan agar bahan pangan yang telah dipanen dapat bertahan lama hingga pada saat panen berikutnya.

2. Tata Boga 

Yap, buat kamu yang hobi makan, kamu juga harus hobi dalam membuat makanannya, dong, hehe. Nah, kalau kamu ingin belajar tentang berbagai macam masakan mulai dari appetizer atau makanan pembuka, main course alias makanan utama dan dessert alias makanan penutup, kamu wajib banget masuk ke program studi yang satu ini!

Selain tentang masak-memasak, kamu juga akan belajar tentang bagaimana mempertahankan kualitas, rasa dan estetika dari suatu makanan. Kamu pun akan belajar banyak, lho, tentang kebutuhan gizi yang harus didapatkan oleh seseorang dari suatu makanan. Nggak hanya makanannya saja, kamu pun nantikan akan belajar tentang hygiene dan sanitasi, dan juga pelayanan. Pokoknya, kalau kamu hobi banget sama makanan, program studi yang satu ini cocok banget, deh, buat kamu!

3. Bisnis Kuliner

bisnis kuliner

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, makanan merupakan suatu hal yang memiliki trend yang cepat berganti. Kamu masih inget keripik singkong pedas Maicih? Pasti inget, dong. Dulu Keripik Maicih sering sekali berpindah-pindah kota untuk menjual barang dagangannya dan keripik tersebut sangat digemari sekali, kan? Apakah kamu ingat trend keripik Maicih ini tahan berapa lama? Kurang lebih dua hingga tiga tahun trend ini bertahan. Setelahnya, trend Maicih ini pun digeser dengan trend makanan lainnya.

Nah, karena hal tersebut, apakah kamu nggak mau belajar, nih, tentang bisnis kuliner? Umumnya, Program Studi yang satu ini ditawarkan di program sarjana. Dalam program dtudi ini, kamu akan belajar banyak hal seperti manajemen bisnis, pengetahuan tentang makanan, statistika, akuntansi dan masih banyak lagi. Lulus dari Program Studi ini, kamu bisa, lho, langsung membuka usaha dalam bidang kuliner.

4. Baking and Pastry Art 

Kamu suka makan kue atau roti? Suka gemas kalau lihat cookies atau cupcakes berwarna-warni? Pengen bisa membuat berbagai macam kue dan roti? Kalau jawaban kamu iya semua, kamu harus banget masuk ke Program Studi Baking and Pastry Art!

Wah, itu Program Studi apa, ya? Well, Program Studi yang satu ini  kurang lebih sama dengan Program Studi Tata Boga. Yang membedakan ialah kalau Program Studi Tata Boga kamu akan mempelajari berbagai macam masakan, di Program Studi Baking and Pastry Art, kamu hanya difokuskan dalam membuat kue-kue, roti dan dessert lainnya.  

5. Gastronomi Molekuler 

gastronomi molekuler

Wah, apakah Program Studi Gastronomi molekuler ini merupakan Program Studi yang berhubungan dengan gas-gas? Hehe, bukan, gaes. Gastronomi molekuler merupakan cabang ilmu pengetahuan yang dimana kamu akan mempelajari tentang transformasi kimia dan fisika pada sebuah makanan. Ketika kamu belajar membuat makanan dengan prinsip gastronomi molekuler, kamu nggak hanya butuh spatula dan pisau saja, gaes, melainkan kamu membutuhkan berbagai macam benda-benda yang biasa kamu temui di laboratorium.

Kepo dengan hasil makanan yang dibuat dengan prinsip gastronomi molekuler? Ingin memakannya langsung? Well, kamu bisa banget, kok, nyobain makanan dengan prinsip yang satu ini. Kamu bisa mencicipi makanan yang satu ini di restoran yang bernama Namaaz Dining di daerah Jakarta Selatan. Pasti kamu udah nggak asing, kan, dengar nama restoran yang satu ini, hehe.

***

Nah, dari kelima Program Studi di atas, Program Studi yang mana, nih, yang menarik minatmu?   

Baca juga:

5 Tempat Makan di Bandung yang Enak, Murah, dan Asyik Buat Nongkrong. Pas Buat Mahasiswa!

7 Tempat Makan di Solo yang Asik, Terjangkau, dan Instagramable

10 Makanan Unik yang Harus Dicoba Kalau Liburan ke Bogor

(Sumber gambar: tripzilla.com, schedule.sxsw.com, wordpress.com, akupintar.id)

LATEST COMMENT
Miltato | 15 jam yang lalu

apa bisa anak ipa masuk ke ilmu komunikasi?

Q & A Tanya Youthmanual: Bedah Jurusan Ilmu Komunikasi
Nanda Abdullatif | 17 jam yang lalu

Setauku sttn bayar, tapi lebih murah dari ptn dan banyak beasiswa yang tawarkan

Ini Dia 7 Perguruan Tinggi Kedinasan Yang Nggak Kalah Kece Dari Perguruan Tinggi Negeri!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©