7 Kampus dengan Perpustakaan Terkeren di Dunia. Kamu Mau Mengunjungi yang Mana Nih?

Kalau udah di kampus, salahsatu spot yang paling sering disambangi oleh mahasiswa pasti adalah perpustakaan. Entah itu untuk belajar, atau sekedar nongkrong sambil baca buku bareng temen-temen, perpustakaan menjadi tempat yang asyik untuk menghabiskan waktu luang kamu di kampus. Apalagi kalau kampusnya adalah kampus-kampus yang terkenal dan favorit, nggak cuma jadi tempat belajar untuk mahasiswanya tapi perpustakaan juga bisa menjadi atraksi wisata, lho.

Makanya nih, gaes, nggak heran kalau banyak kampus yang membuat perpustakaan mereka se-cantik dan se-keren mungkin. Dan kali ini, Youthmanual mau merangkum 5 kampus top yang memiliki gedung perpustakaan terkeren di dunia! Cekidot.

1. Tama Art University Library – Tokyo, Jepang

Tama Art University Library menjadi salahsatu perpustakaan kamppus terbaik di dunia. Alasannya? Tentu karena desain bangunan dan arsitekturnya yang super ciamik, dong! Didesain oleh arsitektur kenamaan dari negeri sakura, Toyo Ito, bangunan perpustakaan ini terbuat dari perpaduan struktur beton dan kaca yang menghasilkan desain perpustakaan yang artsy dan estetik abis.

Well, namanya juga kampus seni. Nggak heran deh kalau perpustakaan ini bakal memberikan pengalaman yang super keren bagi pengunjungnya. Tertarik main ke sini?

2. Magdalen College Old Library, Oxford University – Oxford, Inggris

Salahsatu universitas paling beken di seluruh dunia ini ternyata nggak cuma terkenal karena prestasi dari mahasiswa dan alumninya yang cemerlang. Tapi, Universitas Oxford juga memiliki perpustakaan yang nggak main-main nih kerennya. Magdalen College Old Library, begitu nama perpustakaan ini, memiliki koleksi 11 juta buku. Wuih!

Nggak cuma itu, perpustakaan yang mendapat julukan sebagai permata mahkota perpustakaan dunia ini juga menyimpan hampir 20.000 buku-buku langka dan manuskrip tua yang kesemuanya terbit sebelum tahun 1800. Para book nerds di luar sana pasti puas banget deh kalau main ke perpustakaan ini.

3. Beinecke Rare Books & Manuscript Library, Yale University – Connecticut, Amerika Serikat

Perpustakaan ini merupakan sumber utama untuk mendapatkan arsip, manuskrip awal dan buku langka. Gutenberg Bible dan beberapa koleksi langka dari penulis terkenal seperti Charles Dickens, Erasmus, Rudyard Kipling, dna Goethe bisa kamu temukan di perpustakaan kece yang satu ini nih, gaes.

Kayaknya belajar sejarah di Beinecke Library asyik juga, ya?

4. Klarchek Information Commons, Loyola University – Chicago, Amerika Serikat

Berada di tepi danau Michigan yang terkenal itu, Klarchek Information Commons (KIC) menjadi perpustakaan dengan view terbaik yang pernah kamu temui. Dengan jendela besar yang menghadap ke arah danau yang tenang, mahasiswa dari Universitas Loyola—tempat perpustakaan ini berada—bisa menikmati sensasi belajar maupun ngerjain tugas yang nggak biasa.

Apalagi perpustakaan ini juga memiliki teknologi-teknologi canggih yang pastinya memudahkan pengunjungnya untuk mengakses setiap fasilitas dan koleksi yang ada. Cakep!

5. Philological Library, Free University of Berlin – Berlin, Jerman

Perpustakaan yang satu ini punya desain bangunan yang keren banget nih, gaes! Nggak main-main, didesain oleh Norman Foster, perpustakaan milik Free University of Berlin ini berbentuk sepertu otak manusia lho. Wuidih, kece banget ya?

Merupakan gabungan dari beberapa perpustakaan kecil, Philological Library kini memiliki koleksi manuskrip dari beragam bidang seperti: Sejarah Yunani Kuno dan Modern, Filsafat, Sastra Klasik Dunia, Sejarah Jerman, Sejarah Inggris, dan masih banyak lagi.

6. Gheorghe Asachi Technical University Library, Technical University of Iasi – Iasi, Romania

Pernah mendapat predikat sebagai Perpustakaan Terindah di Dunia, Gheorghe Asachi Technical University Library memiliki hampir 1 juta koleksi buku di dalamnya. Kalau melihat arsitekturnya yang sangat kental dengan nuansa klasik romawi kuno sih, nggak heran ya kalau perpustakaan ini pernah mendapat predikat tersebut.

7. James B. Hunt Jr. Library, North Carolina State University – North Carolina, Amerika Serikat

Percaya nggak, perpustakaan utama di North Carolina State University (NSCU) ini dibangun dengan 31% material yang berasal dari barang bekas. Kerennya lagi, perpustakaan ini juga menggunakan energi terbarukan yang pastinya ramah lingkungan banget nih.

Oh ya, buat para gamers atau calon game developer, James B. Hunt Jr library juga menyediakan laboratorium game yang bisa dimanfaatkan untuk studi mengenai pembuatan game dan... main game. Hehe.

(sumber: flickr.com, ritebook.in, pinterest.com, hermanmiller.com)

Baca juga:

LATEST COMMENT
Fatimah Ibtisam | 18 jam yang lalu

Maksudnya mengulang mata kuliah dengan nilai C+? Hal tersebut disesuaikan dengan peraturan kampusmu. Untuk memastikan, konsultasi lah dengan pembimbing akademik.

Serba-Serbi IP, IPK, dan Sistem Nilai di Perguruan Tinggi
Zanita Safitri | 3 hari yang lalu

Bismillah masuk farmasi

25 Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPA
Naufal Ganteng | 3 hari yang lalu

Sama gua juga ijin ke guru Dan guru nya izinin

Perlu, Nggak, Sih, Pelajar Bawa Kendaraan Pribadi Ke Sekolah?
Siti Nur Halimah | 4 hari yang lalu

Halo, izin bertanya, Kak! Jika lulusan SMK mendaftar UTBK SBMPTN dengan pilihan prodi SAINTEK, apakah UTBK-nya hanya SAINTEK/IPC? Terima kasih

Lintas Jurusan di SBMPTN 2021 dan Peluangnya
Ariel Mickey | 5 hari yang lalu

Permsi min saya mau nanya, kalau kategori nya B terus seseorang dapat C+ Itu diajukan remedial nggak min Terimakasih.

Serba-Serbi IP, IPK, dan Sistem Nilai di Perguruan Tinggi
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1