Mau Jalan-Jalan ke Singapura? Coba Kunjungi Dua Tempat Ini!

Liburan ini mau kemana gaes? Singapura mungkin? Negara tetangga ini memang nggak ada matinya, ya. Selain karena dekat dari Indonesia, penerbangan langsung ke Singapura sekarang ini ada banyak banget. Sering ada promo tiket pesawat pula!

Di Singapura ngapain? Sejujurnya, saya agak bosan dengan rekomendasi tempat wisata-wisata Singapura yang itu-itu aja. Main di Universal Studios Singapore lah, belanja di Orchard lah... Bukannya tempat-tempat itu nggak seru, tapi Singapura masih punya banyak sekali tempat lain yang patut kamu kunjungi. Bukan hanya karena menarik, tapi juga karena memperkaya wawasan kamu.

Contohnya….

library@orchard

Salah satu hal yang bikin saya sirik dengan Singapura adalah fasilitas perpustakaan umum mereka yang banyak, tersebar luas, komplit, dan terawat dengan baik.

Perpustakaan umum Singapura yang terbesar dan terlengkap, sih, National Library. Tapi kalau kamu nggak sempat ke sana, coba, deh, ke library@orchard!

library@orchard adalah sebuah perpustakaan umum di bawah National Library Board alias Dewan Perpustakaan Nasional Singapura.

library@orchard ini dirancang sebagai boutique library, dan pertama kali dibuka Oktober 1999 di Ngee Ann City. Iya, Ngee Ann City alias Takashimaya,  mall besar di Orchard Road itu.

Tahun 2007, perpustakaan tersebut ditutup untuk renovasi, dan baru dibuka lagi Oktober 2014, tapi pindah lokasi di mall Orchard Gateway.

Wah, renovasinya kok lama amat? Iya, tapi hasilnya sepadan, sih, karena library@orchard versi baru di mall Orchard Gateway ini jadi keren banget!

Dari sekian banyak perpustakaan publik di Singapura, kenapa saya merekomendasikan library@orchard? Soalnya perpustakaan ini memang dirancang khusus untuk anak muda, terutama yang berminat di bidang desain, lifestyle, dan seni terapan.

Lokasinya pun hits banget, yaitu mall Orchard Gateway.yang sangat strategis. Sebelahan sama mall 313 Sommerset yang banyak menjual banyak brand keren itu, lho!

library@orchard punya dua lantai, yang disebut The Studio dan The Loft. Perpustakaan ini punya 100,000 buku, termasuk buku-buku fiksi, non fiksi, majalah, koran digital, majalah digital, buku digital, serta materi-materi audio visual dalam empat bahasa resmi Singapura.

45% dari koleksi mereka ini bertemakan desain, yang dibagi lagi ke dalam kategori People, Space, Products, Visual, and Lifestyle.

Selain punya community space sebagai venue untuk menggelar kegiatan-kegiatan seru, library@orchard juga punya pojokan-pojokan yang nyaman, supaya kamu bisa baca-baca dalam privasi, bengong sendirian, atau sekedar numpang tidur siang, hihihi.

Kalau kamu beruntung, kamu bisa mendapat pojokan yang menghadap jendela, sehingga kamu bisa menikmati pemandangan kota Singapura yang dinamis.

Salah satu fitur keren yang dimiliki library@orchard adalah Magazine Wall. Di tembok majalah ini, ada 46 judul majalah yang mayoritas merupakan majalah-majalah desain yang, ehem, hipster banget (halo Kinfolk, Monocle, and Disegno!).

Nah, kamu tinggal buka laci majalah yang kamu inginkan, maka kamu akan menemukan edisi komplit majalah tersebut yang disusun secara horizontal.

Nggak hanya koleksinya yang bernuansa desain, interior perpustakaan ini pun dirancang dengan pemikiran panjang. Malahan, library@orchard adalah perpustakaan umum pertama di Singapura yang dibangun dengan prinsip design thinking.

Bahkan saat membuat konsep library@orchard, Dewan Perpustakaan Nasional Singapura (The National Library Board) bekerjasama dengan perguruan tinggi Singapore Polytechnics—salah satu pionir praktek design thinking di Singapura. Keren!

library@orchard
Orchard Gateway (lantai 3 dan 4)
277 Orchard Road
Tel: 63323255
Email: [email protected]
Jam buka: Senin-Minggu, 11 siang – 9 malam
Tutup jam 5 sore saat malam Natal, malam Tahun Baru, dan malam Tahun Baru Cina
Tutup di hari libur nasional

Ocean Dreams

Kamu mungkin sudah tahu tentang S.E.A. Aquarium, tempat wisata bertema laut yang berbentuk akuarium terbesar di Singapura. Tapi kamu tahu juga nggak, bahwa kamu bisa menginap di dalamnya?

What?! Tidur semalaman di depan akuarium raksasa gitu? Iyes! Keren banget nggak, sih?

Sejak 2014, S.E.A. Aquarium punya program bernama Ocean Dream, yaitu sebuah program menginap 2 hari 1 malam, untuk pengunjung dari usia 6 tahun ke atas. Program Ocean Dream ini nggak digelar setiap saat, lho. Misalnya, hanya 1 atau 2 kali sebulan saja.

Jadi, kalau kamu ikut program ini, kamu bisa menginap di S.E.A. Aquarium, tepatnya di depan akuarium terbesar di sana, yaitu Open Ocean Habitat!

Harganya memang nggak murah, tapi inilah hal-hal yang akan kamu dapatkan kalau kamu ikut program ini:

  • Kesempatan untuk menikmati wahana 4D Typhoon Theatre yang keren dan hi-tech, sebelum masuk ke S.E.A. Aquarium
  • Mengikuti tur di dalam S.E.A. Aquarium dengan pemandu, selama 90 menit
  • Nggak hanya mendapat wawasan dan pengetahuan tentang makhluk-makhluk laut, tetapi juga cara melindungi mereka
  • Mendapat pengalaman eksklusif mengintip “balik layar” S.E.A. Aquarium ini. Jadi, dengan pemandu, kamu akan diajak melihat cara mengelola SEA Aquarium, misalnya, cara memberi makan semua hewan-hewan laut Ocean Habitat.

Selain bisa mengikuti kegiatan-kegiatan di atas, kamu juga akan mendapatkan makan selama menginap (biasanya makan malam dan sarapan), snack, sleeping bag lengkap dengan selimutnya buat kamu tidur. Semua ini sudah termasuk dalam harga tiketmu.

Kamu juga bisa ikutan berbagai aktivitas hiburan yang mereka adakan khusus untuk peserta Ocean Dream ini ini, seperti macam-macam games dan kuis.

Trus, kalau setelah menginap kamu kepengen main ke Adventure Cove Waterpark di sebelahnya, kamu bisa beli tiketnya dengan harga diskon, lho.

Di bulan Juli nanti, S.E.A. Aquarium membuka program Ocean Dream pada tanggal 3-4 Juli 2016. Biasanya mereka membuka program ini dua kali sebulan.

Kalau mau tahu tanggal-tanggal berikutnya, rajin-rajin cek situs mereka, ya!

Waktu menginap: 7 malam sampai 10 pagi (keesokan harinya)
Reservasi harus dikonformasikan dua minggu sebelum hari-H
Untuk reservasi, bisa telpon ke +65 6577 7515 atau email [email protected]

(sumber foto: straitstimes.com, nlb.gov.sg, insidefestival.com, mci.gov.sg, mothership.sg, seaa.rwsentosablog.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 9 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1