8 Dampak Negatif dari Penggunaan Internet

Dianggap sebagai salah satu inovasi paling mengubah hidup dalam kehidupan manusia, internet telah membuktikan posisinya di setiap bidang kehidupan. Mulai dari bidang pendidikan hingga pengobatan. Namun, internet juga memiliki efek negatif dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, dibalik manfaat yang diberikan oleh penggunaan internet dalam kehidupan manusia. Ada kekhawatiran tentang efek negatif yang berkembang cepat seiring dengan pertumbuhan internet. Bahkan efek negatif dari penggunaan internet saat ini menjadi perhatian banyak pihak dan bagaimana pengaruhnya terhadap masyarakat—terutama bagi anak-anak remaja.

Berikut ini beberapa efek negatif dari penggunaan internet yang harus kamu ketahui.

Kurangnya komunikasi tatap muka

Salah satu efek negatif dari penggunaan internet adalah kurangnya komunikasi tatap muka. Ironis memang. Tapi fakta menunjukkan bahwa entah bagaimana banyak orang merasa lebih dimudahkan untuk berkomunikasi melalui internet daripada dengan cara bertatap muka langsung.

Selain itu, kemudahan berkomunikasi melalui aplikasi chat atau pesan yang ditawarkan internet juga membuat kita lebih suka berdiskusi secara online.

Mengabaikan keluarga dan orang sekitar

 Ignoring family and people around

Kita tentunya, pernah lihat atau pernah ada di satu posisi—dimana kita dan keluarga sedang menghabiskan waktu bersama di sebuah café tapi masing-masing dari anggota keluarga kita malah sibuk sama ponsel pintarnya sendiri-sendiri.

Nah, tanpa kita sadari, ketika kita menggunakan internet terlalu banyak, kita jadi nggak peka dan mengabaikan orang-orang di sekitar kita—seperti anggota keluarga atau teman.

Membuang-buang waktu

Nggak bisa dipungkir, seringkali kita sebagian besar waktu yang kita cuma untuk menonton film, berselancar di internet, dan bermain game daripada memanfaatkan waktu untuk bekerja, belajar atau melakukan kegiatan bermanfaat lainnya. Hal tersebut juga akan menjadi efek negatif dari internet karena kita lebih sering membuang-buang waktu berharga yang dimiliki hanya untuk bermain internet.

Kurangnya kreativitas

Salah satu manfaat internet adalah kita bisa mengakses sumber informasi yang nggak terbatas. Of course, manfaat tersebut menguntungkan kita untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan mudah dan cepat.

Tapi, hal tersebut juga bisa membuat kita menjadi kurang kreatif, lho, gaes. Kenapa bisa begitu? Soalnya, kemudahan untuk mendapatkan semua informasi yang kita butuhkan dari ternyata meningkatkan plagiarisme, yang menyebabkan kurangnya kreativitas.

Privasi terancam

Nah, karena arus informasi di internet yang nggak terbatas tadi, ancaman privasi menjadi salah satu efek negatif dari penggunaan internet selanjutnya yang harus kita ketahui.

Kalau kita nggak menyadari adanya ancaman privasi, data pribadi kita bisa dengan mudah diketahui dan diambil oleh orang asing untuk disalahgunakan.

That’s why, berhati-hatilah dalam mengunggah semua informasi pribadi kita di internet untuk menghindari pembajakan privasi.

Insomnia

insomnia

Nggak bisa dipungkiri bahwa kebiasaan kita berinternet sepanjang hari bisa membuat kita begadang hanya untuk berselancar di internet, sepeti bermain game ataupun sekadar mengecek media sosial. Padahal ya, gaes, hal tersebut akan menjadi kebiasaan yang nggak mudah untuk disingkirkan.

Jadi, ada baiknya mulai saat ini kita harus bisa membatasi penggunaan internet dan tidur lebih awal lagi untuk terhindar dari gangguan insomnia.

Kecanduan internet

Kecanduan internet nggak kalah berbahaya dari jenis kecanduan lainnya. Orang yang kecanduan Internet akan lebih cenderung mengalami depresi daripada orang normal. Kenapa demikian?

Soalnya, orang yang mengalami kecanduan internet merasa dirinya nggak bisa hidup tanpa adanya ponsel atau laptop untuk akses ke internet.

Selain itu, informasi yang nggak diserap dengan baik juga bisa menyebabkan perkembangan mental yang salah, lho. Jadi, kita perlu berhati-hati lagi dalam mencerna informasi yang di dapatkan dari internet agar nggak termakan berita hoax begitu aja.

Cyberbullying

Cyberbullying pada dasarnya adalah istilah untuk menggambarkan intimidasi menggunakan Internet. Poin ini dianggap sebagai salah satu efek negatif paling jahat dari internet. Soalnya sudah banyak orang yang menjadi korban cyberbullying.

Selain itu, pengguna internet lebih rentan menjadi korban cyberbullying karena cara bully di internet itu lebih aman dan lebih mudah daripada bully secara fisik.

Padahal efek negatif dari cyberbullying itu sangatlah berbahaya—terutama pada mereka yang berada dalam masa puber. Bahkan, di beberapa kasus cyberbullying, ada korbannya yang menjadi gila hingga bunuh diri.

***

Itulah 8 dampak negatif dari penggunaan internet, gaes. Wow! Serem-serem, ya?

Nah, untuk meminimalisir efek negatif dari internet, penting bagi kita untuk membatasi dan menjaga diri dari penggunaan internet yang berlebih. Karena semua yang berlebihan itu emang nggak baik.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: bestofnofap.blogspot.com, psychalive.org, powerofpositivity.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 24 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1