6 Dampak Penggunaan Smartphone Terhadap Otak dan Tubuh Kamu

Berapa kali dalam sehari kamu ngecek smartphone kamu?

Ratusaaannn…

Setuju, ya, kalau saya bilang sekarang smartphone sudah menjadi kebutuhan primer manusia. Smartphone telah mengubah cara hidup kita, karena nggak bisa dipungkiri, keberadaannya memang bikin hidup lebih mudah!

Tetapi menurut situs Lifehack, seiring dengan meningkatnya ketergantungan kita terhadap smartphone, konsekuensinya juga semakin meningkat. Simak, deh, dampak-dampak penggunaan smartphone secara berlebihan, baik untuk fisik maupun psikologis kamu.

Kesehatan Psikologis

Penggunaan smartphone berlebihan menghancurkan interaksi sosial kita di dunia nyata

Dampak smartphone 1 - Youthmanual

“Yang jauh diperhatiin, yang dekat dicuekin”. Itulah deskripsi paling tepat untuk perilaku orang-orang yang menggunakan smartphone secara berlebihan. Ciri-ciri penggunaan berlebihan, misalnya, ketika sedang ngumpul bareng teman-teman, kamu sibuk membalas chat dan kasih likes atau loves di berbagai social media posts orang-orang, sementara teman-teman yang jelas-jelas duduk sebelah kamu malah dicuekin.

Lama-lama, kebiasaan ini akan mengurangi kemampuan kognitif kamu berinteraksi di dunia nyata, lho. Dengan kata lain, kamu jadi nggak luwes lagi bergaul di dunia nyata. Kamu pun jadi cenderung menarik diri dari masyarakat, dan sebaliknya, kamu juga bisa “ditinggalkan” teman-teman akibat dianggap selalu sibuk sendiri.

Penggunaan smartphone berlebihan mengurangi kemampuan mengingat memori

Dampak smartphone 4 - Youthmanual

Salah satu fungsi smartphone menyimpan beragam data penting di hidup kita. Foto, nomor telpon, alamat email, alamat rumah, contekan pelajaran, dan segala memori yang malas kamu ingat di kepala pasti kamu simpan di smartphone juga. Ngaku, deh, kadang kamu menyimpan password di password keeper smartphone, kan? Nah, semakin kamu bergantung kepada smartphone, semakin jarang kamu melatih kekuatan memori kamu sendiri.

Penggunaan smartphone berlebihan melemahkan penalaran induktif kamu

Menurut Dr. Gordon Pennycook, Ph.D., seorang Psikolog Kognitif di University of Waterloo, Amerika Serikat, ketergantungan pada smartphone dan Internet bisa sangat mengurangi kecerdasan mental dan kemampuan berpikir logis.

Sekarang ini, banyak anak muda yang malas berpikir agak keras untuk memecahkan suatu masalah. Mereka menganggap, ngapain capek-capek mikir? Tinggal Google aja, jawabannya langsung ketemu, kok, dalam hitungan detik! Alhasil, kamu jadi nggak pernah mengasah kemampuan berpikir analitis lagi. Semua diserahkan kepada komputer. Padahal, sebagai satu-satunya makhluk yang berakal dan berbudi, manusia harus banget punya kemampuan analisa yang tajam.

Kesehatan Fisik

Penggunaan smartphone berlebihan dapat menumpuk lemak

Berkat smartphone, kamu jadi bisa mengakses film favorit, lagu, permainan, dan berbagai aplikasi dengan sangat gampang, tanpa harus bergerak sama sekali. Pokoknya tinggal klak, klik! Alhasil, bisa ditebak, generasi smartphone adalah generasi malas bergerak dan kurang aktif secara fisik. Seiring dengan otot-otot yang melemah, daya tahan tubuh pun juga menurun. Gampang sakit, deeeh… hatchoo!

Penggunaan smartphone berlebihan dapat menyebabkan gangguan pola tidur

Dampak smartphone 2 - Youthmanual

Cahaya yang dipancarkan oleh perangkat elektronik ternyata mengganggu produksi hormon melatonin. Padahal, melatonin adalah hormon yang bertanggung jawab untuk membuat tubuh rileks dan mengantuk. Penggunaaan smartphone berlebihan nggak cuma bikin kamu nggak bisa tidur, tetapi juga mengurangi kualitas tidur kamu. Muka pun nggak fresh saat bangun pagi. Yah, gebetan pada kabur deh!

Penggunaan smartphone berlebihan dapat mengakibatkan cedera

Dampak smartphone 3 - Youthmanual

Di jalan raya, kamu pasti sering lihat gembar-gembor peringatan untuk nggak menggunakan ponsel saat membawa kendaraan bermotor. Soalnya, sekarang ini sering banget terjadi kecelakaan kendaraan bermotor yang disebabkan oleh kelalaian pengemudi yang nyetir sambil ngutak-ngatik smartphone. Jangankan nyetir mobil. Hari gini, banyak orang yang sering chatting sambil nyetir motor! Hiiii. Padahal kebiasaan ini nggak cuma membahayakan (nyawa) kamu, tapi juga (nyawa) orang lain.

(Sumber foto: youtube.com, alluremedia.co.au, techinsider.io, lancejackson.net, washingtonpost.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Robiatul Awaliyah | 26 menit yang lalu

Open pp/endorse mulai dari 10rb Bisa dm ke @robiatulawlyh

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Faris Nadhir | 6 hari yang lalu

Semoga cita²ku menjadi pilot terkabula yaa Allah amin

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Pilot? Begini Tahapan Lengkapnya!
Zidna Ilmalana | 19 hari yang lalu

Emng knp llsn psntrn?

Serba-Serbi Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB
Fatimah Ibtisam | 27 hari yang lalu

Hai Ilham, lmu Matematika juga dipakai dalam prodi Psikologi, khususnya yang berkaitan dengan statistika. Prodi Psikologi banyak melakukan riset, yang di antaranya menggunakan perhitungan statistik.

7 Mata Kuliah Paling Menantang di Program Studi Psikologi
Fatimah Ibtisam | 27 hari yang lalu

Hai Ronny, kamu bisa mendaftar FSRD ITB apabila kamu mengambil program IPA atau IPS.

Serba-Serbi Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1