9 Makanan Sehat Untuk Menutrisi Otak Kamu

oleh Nadia Fernanda

Ternyata ada, lho, makanan-makanan yang nggak cuma bikin kamu kenyang dan bertenaga, tetapi juga pintar. Bukan berarti makanan-makanan tersebut jadi bikin IQ kamu selevel Einstein, ya, tetapi secara ilmiah, makanan-makanan itu terbukti bisa meningkatkan fungsi otak seperti daya ingat dan konsentrasi, kecepatan mencerna informasi, bahkan mengurangi stres.

Kalau kamu merasa konsentrasi kamu akhir-akhir ini gampang buyar dan kamu butuh sesuatu untuk memperkuat daya ingat, mungkin sudah saatnya kamu mengurangi makanan instan (*uhuk*anakkosan*uhuk*) dan mulai rutin mengonsumsi makanan-makanan yang ada di bawah ini.

Karbohidrat

Coba ingat-ingat, deh. Ketika kecil, Mama atau Nenek kamu pasti sering memaksa kamu sarapan nasi atau roti dengan quote: “Biar sekolahnya pinter!”. Mungkin dulu kamu menganggap omongan mereka mitos aja. Tetapi ternyata, glukosa yang terkandung dalam karbohidrat sederhana, seperti nasi dan roti, memang bagus untuk menjaga tingkat konsentrasi dan daya ingat otak.

Ikan

ikan

Sebagai negara kepulauan, konsumsi ikan per kapita masyarakat Indonesia sebenarnya tergolong rendah, lho. Orang Indonesia kira-kira hanya mengonsumsi satu ikan berukuran sedang per orang per minggu, dan sebenarnya itu hanya memenuhi seperempat dari kebutuhan normal. Padahal ikan segar, seperti salmon dan tuna, sangat kaya dengan asam lemak dan Omega-3 yang bikin kamu lebih cepat memahami sesuatu dan nggak gampang lelah.

Sayuran hijau

Kalau kamu nge-fans dengan sayuran hijau segar alias mentah, kamu patut berbahagia, karena zat hijau dalam sayuran dapat memperkuat daya ingat. Kalau kamu nggak suka sayuran hijau segar, dimasak pun nggak apa-apa, kok. Asal masaknya nggak kelamaan, ya, supaya zat-zat pentingnya nggak hilang.

Kacang-kacangan

Siapa sangka kalau cemilan favorit kamu untuk nonton bola ternyata bisa bikin otak makin encer? Selain murah dan mudah didapat, kacang-kacangan—seperti kacang tanah atau kacang kedelai—sebenarnya sangat membantu otak dalam mengoptimalkan fungsi kognitifnya. Makin hobi, deh, ngemilin kacang!

Buah beri

buah beri

Hampir semua keluarga buah beri mengandung kombinasi antioksidan yang dapat meningkatkan daya ingat dan fungsi motorik seseorang. Bahkan sebuah riset membuktikan bahwa buah blueberry bisa menyembuhkan penderita hilang ingatan! Jadi kalau kamu sedang dalam proses ngelupain mantan, jangan makan buah blueberry dulu, ya #eh

Alpukat

Selain karena versatile (dimakan dengan es teler bisa, dicampur dengan telur untuk brunch pun bisa!), buah yang lagi nge-hits dan kekinian banget ini juga terbukti dapat mengoptimalkan fungsi otak secara keseluruhan. Alpukat dapat melancarkan aliran oksigen ke otak, meningkatkan kemampuan belajar, sampai melindungi sel-sel otak dari kerusakan. Hits abis!

Kuning telur

Kabar gembira untuk kita semua! Makanan penyelamat umat mahasiswa kosan setiap akhir bulan ini ternyata mampu menguatkan daya ingat. Eits, tapi jangan buru-buru nyetok telur untuk dimakan pagi-siang-malem, ya, mz, mbk. Untuk merasakan manfaat maksimal telur, kamu cuma perlu mengonsumsinya tiga sampai empat kali seminggu, kok. Nggak lebih!

Cokelat

cokelat

Berkat kandungan antioksidannya yang tinggi, cokelat ternyata bisa membuat kamu mengingat dan memproses informasi dengan cepat. TAPI dengan catatan, cokelatnya harus berbentuk cokelat murni, lho. Tanpa tambahan gula, susu, dan sebagainya *langsung sedih lihat Silver Queen di tangan*

Cabai

Capsaicin, alias zat yang terkandung dalam cabai, dipercaya dapat meredakan stress dan membantu kamu untuk lebih fokus. Tapi ingat, sesuka-sukanya kamu sama cabai, makannya jangan kebanyakan! Yang ada nanti kamu malah makin stress dan nggak fokus gara-gara nahan sakit perut.

***

Dengan mengonsumsi makanan-makanan ini secara rutin, niscaya kerja otak kamu bakal lebih oke. Tapi jangan lupa, makanan-makanan ini bukanlah Roti Pengingat-nya Doraemon. Efeknya nggak akan terasa dengan instan, apalagi kalau kamunya juga malas belajar dan berusaha. Kalau makannya lancar tapi nggak belajar, kamu cuma dapat kenyangnya aja, dong!

(sumber gambar: youtube.com, dancingshiva.at, modernfarmer.com, 123rf.com)

LATEST COMMENT
Mira Puspita | 3 hari yang lalu

Mas Andreas Gandhi, jujur saat ini saya adalah seorang ibu yang sedang mendoakan putranya karena takut kalo putra saya tinggal kelas dia akan di DO dari JB.

Cerita Seorang “Veteran”: Dari Nggak Naik Kelas Sampai Sukses Tembus PTN Impian
Fransiska Oktaviani | 7 hari yang lalu

open pp/endorse ig/tiktok bisa bayar seikhlasnya email ke [email protected] terimakasih

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Nindi Dwi Oktova | 7 hari yang lalu

Permisi aku mau nanya kalau murid pindahan jurusan ipa dari sekolah asal ke sekolah baru tapi berbeda pada mata pelajaran minat apakah bisa mengikuti SNMPTN? Ex:matpel minat sekolah asal ekonomi dan b.Inggris minat tapi di sekolah pindahan tidak ada matpel ekonomi dan pindah nya pada saat semester 2…

Tanya-Jawab Seputar SNMPTN 2021: Kriteria Penilaian dan Lainnya
Nanda Kyala | 9 hari yang lalu

Kak, jadi anak ipa bisa pilih utbk soshum atau campuran?

Lintas Jurusan di SBMPTN 2021 dan Peluangnya
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1