Menu

Apa yang Dilakukan Tokoh-Tokoh Sukses Dunia Ini di Umur 20 Tahun?

Generasi millennial pasti ngerti banget susahnya menyeimbangkan kehidupan sosial dan akademik, sambil mulai merancang karir untuk masa depan di usia 20 tahun. Memang sih, usia awal 20-an itu adalah masa-masa penuh dilema—kamu udah dianggap cukup dewasa untuk melakukan yang kamu mau tapi, masih dianggap kurang ‘matang’ dalam mengambil keputusan-keputusan penting dalam hidup.

adulthood meme

Kalau kamu ngerasa early adulthood alias masa-masa umur 20-an itu penuh struggle dan tantangan, tenang, kamu nggak sendirian kok. Beberapa tokoh dunia yang sekarang kita kenal karena kesuksesan dan prestasinya yang kece banget, juga mengalami masalah yang sama pas mereka masih berusia 20 tahun.

Apa aja sih yang sedang mereka hadapi di usia 20 tahun?

Di Umur 20 Tahun…

1. J.K. Rowling lagi jadi anak festival

jk rowling

Penulis serial buku terlaris di dunia, J.K. Rowling, belum se-terkenal sekarang saat usianya masih 20. In fact, Rowling bahkan belum ‘menghidupkan’ Harry, Ron, Harmione, dan kawan-kawan sampai ia menginjak 25 tahun. Even then, dia masih harus menghadapi banyak tantangan dari mulai ditolak penerbit sampai dipecat dari pekerjaan lamanya sebelum akhirnya sukses menelurkan serial Harry Potter yang kalian kenal sekarang.

Waktu dia berumur 20 tahun Rowling malah sibuk main-main ke beragam festival dan jalan-jalan keliling UK dengan metode hitch-hiking alias nebeng dengan orang-orang asing yang ia temui di pinggir jalan. Bisa jadi inspirasi nggak ya kira-kira buat para anak muda yang hobi travelling? Hehe.

2. Bill Gates lagi sibuk ngoding… setelah ‘dipecat’ dari Harvard

bill gates

Mungkin kalian sudah pada tahu kalau seorang Bill Gates aka bosnya Microsoft aka salah satu orang terkaya di dunia, adalah seorang mahasiswa drop-out. Yep, di usianya yang baru menginjak 20 tahun, Bill Gates harus menerima kenyataan pahit saat dia dikeluarkan dari salah satu universitas kenamaan dunia, Harvard.

Meski begitu, Bill Gates nggak pantang menyerah, dong. Karena ia memang berbakat dan menyenangi dunia komputer, dia membangun sebuah program yang menjadi cikal bakal dari Microsoft. Bersama Paul Allen, co-founder-nya, Bill Gates akhirnya menyeriuskan project tersebut hingga menjadi sebuah perusahaan teknologi besar yang kita kenal saat ini.

3. Oprah Winfrey dipecat dari pekerjaannya sebagai pembawa berita

Pembawa acara se-terkenal Oprah Winfrey ternyata pernah dipecat dari pekerjaannya, lho, gaes. Saat ia baru menginjak usia 20 tahun, Oprah sempat bekerja sebagai pembawa berita di stasiun televisi lokal Baltimore, WJZ TV.

“Saya benar-benar nggak tahu apa yang harus saya hadapi atau bahwa periode ini adalah periode tersulit dalam hidup saya,” tuturnya pada surat kabar Baltimore Sun. “Cobaan ini membuat saya sangat terguncang, tapi pada saat yang bersamaan saya nggak sadar kalau saat itu saya lagi mengalami guncangan berat”

4. Jay-Z masih jadi rapper newbie yang nggak terkenal

Anak muda mana sih yang nggak kenal rapper kondang sekaligus suami dari diva internasional, Beyonce, ini? Nah, di usia 20 tahun, Jay-Z ternyata masih merupakan rapper newbie yang nggak terkenal di kalangan pecinta musik. Dia memang sering tampil sih bareng-bareng rapper lainnya, tapi kalau kamu tanya ke penonton “Kenal Jay-Z, nggak?” pasti jawabannya yang kamu dapat hanya berupa gelengan atau bahu yang terangkat karena nggak ada yang tahu siapa dia.

Jay-Z baru terkenal setelah ia membangun perusahaan rekaman Roc-a-fella oleh kedua temannya, Damon Dash dan Kareem Burke di tahun 1996.

5. Warren Buffet gagal masuk Harvard

Investor terkemuka dan pengusaha multi-miliuner Warren Buffet pernah juga lho merasakan sakitnya ditolak perguruan tinggi idaman. Ia yang sangat berminat masuk Harvard Bussiness School terpaksa harus mengubur mimpinya karena gagal lolos ke universitas top dunia tersebut. Namun, berkat usaha kerasnya, Buffet berhasil lolos ke universitas lainnya yaitu Columbia University sambil bekerja sampingan sebagai loper koran, sales, dan pialang saham.

Nah, kalau tokoh-tokoh dunia sekelas mereka aja bisa mengatasi kegalauan mereka di usia 20, kamu juga pasti bisa kok melaluinya. Ditolak PTN atau terpaksa ngulang kelas bukan akhir dari dunia ini , gaes. Yang lebih penting adalah, bagaimana kamu bangkit dan belajar dari kegagalan-kegagalan tersebut. Ahayde.

Baca juga:

(sumber gambar: cnbc.com, huffingtonpost.com, billboard.com)

LATEST COMMENT
Aisyah Galuh | 4 jam yang lalu

Saya juga suka jasa titip. Tapi biasanya jastip saya dari toko online kemudian saya jual ke teman teman dengan menaikkan harga. Lumayan sih untungnya

10 Ide Bisnis Buat Mahasiswa dan Pelajar yang Nggak Menyita Waktu (Bagian 2)
Obbi Handira | 16 jam yang lalu

Program Pascasarjana S2 Terbaik di Sumatera Utara adalah Perguruan Tinggi Swasta Universitas Medan Area yang sudah Terakreditas A oleh BAN-PT, informasi lengkap kungjungi www.uma.ac.id dan pasca.uma.ac.id

Perguruan Tinggi dengan Jurusan Agribisnis Terbaik
Obbi Handira | 2 hari yang lalu

Program Studi Ilmu Komunikasi terbaik ada di Perguruan Tinggi Swasta Universitas Medan Area dan sudah terakreditasi A oleh BAN-PT Tahun 2019, informasi lengkap kunjungi www.uma.ac.id dan fisip.uma.ac.id

Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaik di Indonesia Beserta Pilihan Kampus dan Prospek Kerjanya
Genius Revanza | 3 hari yang lalu

Wahhhh bagus ni kak artikel nya next sma sama smk kak hehe

5 Kemampuan yang Sama-Sama Dimiliki Anak IPA dan IPS
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©