Cuaca Jelek Bikin Kamu Moody? Ternyata Ada Penjelasan Ilmiahnya, Lho!

Yang suka tiba-tiba bete gara-gara cuaca yang nggak bersahabat mana suaranyaaa? Hihihi.

Ketika cuaca buruk (baca: musim hujan) melanda, keluhan kamu dijamin meningkat dua kali lipat. Penampilan jadi nggak bhaday gara-gara kehujanan lah, jadi kedinginan melulu lah, jadi sering nyuci sepatu lah, dan yang pasti kamu jadi lebih malas untuk menjalani hari seperti biasanya. Pokoknya, bete!

Sebenernya, penyebab rasa bete kamu yang muncul saat hujan ini jauh lebih kompleks daripada sekedar gara-gara kzl keguyur hujan. Secara ilmiah, kondisi ini bahkan punya nama, yaitu Seasonal Affective Disorder atau SAD.

SAD adalah gangguan mood yang kerap dialami oleh orang-orang yang sehat secara fisik dan mental saat periode tertentu, dalam siklus cuaca satu tahun. SAD bisa dialami seseorang bukan hanya ketika cuaca buruk, tetapi juga ketika cuaca sedang baik dan cerah, meskipun kasusnya sangat sedikit.

Ketika mendung, kamu nggak akan banyak terekspos cahaya matahari seperti biasanya. Kondisi yang gloomy-gloomy syahdu ini  membuat tubuh kamu memproduksi lebih banyak hormon melatonin, yang bikin kamu gampang ngantuk. Makanya, kamu jadi nggak bersemangat karena pasti kepikirannya pengen tidur siang melulu.

Temperatur udara yang lebih rendah juga membuat fisik kamu “lemah”. Di cuaca yang dingin, aktivitas sensorik dan motorik serta sirkulasi darah kamu nggak bisa bekerja optimal, sehingga otot-otot kamu pun jadi berasa pegel dan loyo. Mau ngapa-ngapain rasanya berat banget!

Trus, satu lagi problem yang sering banget dikaitkan dengan cuaca mendung: kita jadi nggak bisa berhenti makan! We feel you!

Hal ini disebabkan karena ketika musim hujan, produksi hormon serotonin menjadi rendah. Otak kamu pun "mengirim sinyal" agar kamu lebih banyak mengonsumsi karbohidrat, karena karbohidrat dapat menggenjot kembali produksi serotonin. Namun setelah makan karbohidrat pun, efeknya hanya sebentar. Makanya kamu jadi “ngidam” terus.

Meskipun termasuk lumrah dan bukan hal yang buruk, SAD yang berlarut-larut bisa bikin kamu sad beneran, bahkan depresi, lho!

Cuaca emang nggak bisa dikontrol, tetapi bukan berarti kamu nggak bisa mengantisipasi efek-efek buruknya. Berikut kiat dan tips dari para ahli yang bisa kamu lakukan, agar kamu bisa  tetap on meski cuaca buruk melanda.

1. Ketika bangun tidur, usahakan langsung menuju tempat yang memiliki pencayahaan terang. Cahaya tersebut akan memberikan ilusi “cahaya matahari pagi” sehingga tubuh dan pikiran kamu bisa terjaga dengan sepenuhnya.

2. Perbanyak stretching! Kalau udara dingin bikin kamu mager maksimal, seenggaknya lakukan gerakan-gerakan sederhana seperti jalan di tempat atau sentuh kepala-pundak-lutut-kaki. Gerakan-gerakan tersebut cukup untuk membuat sirkulasi darah kamu kembali normal, kok.

3. Agar punggung dan pundak kamu nggak cepat merasa pegal di musim hujan, awali hari kamu dengan melakukan yoga pagi-pagi.

4. Kalau kamu susah mengerem nafsu makan selama cuaca buruk, sedia banyak makanan berserat dan berprotein, Kalau kamu anaknya memang nggak bisa banget kalau nggak ketemu karbohidrat, gunakan kentang atau ubi sebagai pengganti nasi.

(sumber gambar: naddiya.deviantart.com, pinterest.com, everydayhealth.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 25 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1