Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan di Bandara

Ternyata kita sering, lho, melakukan berbagai kesalahan umum ketika lagi di bandara! Padahal 'kan bandara merupakan tempat awal yang penting sebelum kita travelling ke suatu tempat.

Diolah dari situs Business Insider, berikut beberapa kesalahan umum tersebut, serta tips-tips untuk menghindarinya, sehingga perjalanan kita lebih nyaman.

Nggak mencari tahu fasilitas bandara dengan baik

Tahu nggak kamu, bahwa beberapa bandara besar, seperti Changi di Singapura, punya biokop mini untuk calon penumpang yang sedang menunggu keberangkatan atau sekedar transit? Dengan fasilitas yang disediakan bandara, kamu bisa memanfaatkan waktu dengan maksimal. Lumayan banget untuk ngilangin bosen, sob!

Begitu juga kalau kamu lagi terburu-buru. Minimal kamu tahu terminal tempat kamu mendarat atau berangkat, supaya kamu nggak perlu "nyasar" ke terminal-terminal lain dan jadi ketinggalan pesawat.

Nggak check-in secara online

Biasanya, antrian check-in di bandara panjang banget, ya, gaes. Apalagi kalau jadwal keberangkatan kamu jam-jam "ramai". Nah, beberapa maskapai sebetulnya menyediakan online check-in. Kamu tinggal check-in melalui website resmi mereka dan boarding pass akan dikirim ke alamat email kamu.

Apakah boarding pass harus di print out? Nggak perlu kok. Kamu bisa menunjukkan soft copy boarding pass kamu ke petugas. Bandara dan maskapai sudah menyediakan barcode scanner untuk para penumpang yang melakukan online check-in

Memakai wi-fi bandara dengan mencantumkan data pribadi

Fasilitas bandara berupa wi-fi gratis memang nggak boleh dilewatkan, gaes. Tapi masalahnya, secara nggak sadar, kamu suka memasukkan data pribadi, termasuk password, melalui wi-fi umum yang sedang kamu pakai. Biasanya, wi-fi umum kayak gini nggak terlalu aman. Untuk sekedar jaga-jaga, sebaiknya kamu membaca dengan teliti syarat dan ketentuan ketika harus mencantumkan data pribadi.

Bandara 1 - Youthmanual

Nggak bawa makanan sendiri

Udah bukan rahasia kalau makanan di bandara jauh lebih mahal dari harga standar. Tentu saja karena pajak bandara juga besar, ya. Selain itu, rasa makanan di bandara juga nggak terlalu oke. Biasanya mereka menjual masakan cepat saji karena nggak punya dapur yang mumpuni. 

Itulah kenapa, kalau kamu nggak bawa makanan sendiri, kamu bakal berakhir dengan pengeluaran tak terduga untuk makanan dan cemilan yang mahal dan kurang memuaskan.

Nggak pakai baju yang santai

Buat kamu yang suka dress up and make up, please nggak usah dandan terlalu heboh lakukan ini ketika ke bandara. Usahakan pakai baju senyaman mungkin karena kamu bakal duduk, tidur, dan menunggu dalam waktu yang cukup lama. Belum lagi pemerikasaan di bandara bikin kamu harus mengangkat tas dan bulak-balik membuka atribut yang mengandung bahan metal.

Kalau kamu memang harus langsung ke suatu acara resmi ketika mendarat, siapkan pakaian rapih kamu di kantong terpisah dan bersiap-siaplah di toilet bandara ketika kamu sudah tiba di tempat tujuan nanti. Ribet? Memang. Tapi lebih ribet menjaga penampilan heboh sepanjang perjalanan, lho.

Nggak sabaran

Saya sebel banget kalau orang rebutan masuk pesawat dari ruang tunggu, padahal dia nggak terlambat. Atau kalau ada orang yang buru-buru menyalakan handphone ketika pesawat baru banget mendarat. Menurut saya, sikap sabar di bandara adalah contoh karakter elegan dan nggak norak.

Begitupun dalam menghadapi petugas. Kalau kamu bersikap ramah dan kooperatif, saya yakin mereka juga bakal membantu kamu dalam segala situasi.

Bandara 2 - Youthmanual

Nggak menandai koper kamu

Pasti kamu sering dengar, dong, kasus koper tertukar atau hilang di bagasi pesawat? Nah, kalau kamu punya koper yang bentuk dan warnanya netral (baca: hampir sama dengan koper banyak orang), sebaiknya kamu menandai koper kamu dengan name tag atau sesuatu yang warnanya mencolok. Bisa kain merah, atau apapun yang kamu kenali. 

Dengan memberikan ciri khas begini, kalau ada masalah dengan koper kamu, kamu bisa mengidentifikasinya dengan lebih mudah juga. Misalnya, "Pak, koper saya yang ada tali kepang warna kuning di bagian pegangannya! Kepangnya dari rambut asli, lho!" #eh​

Bandara 3 - YouthmanualPeserta Olimpiade Rio 2016 kontingen Inggris Raya kebingungan, karena koper mereka seragam semua!

(sumber gambar: raileurope.com, countryinns.com, lifeofjack.com, youtube.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 27 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1