Wajib Tahu, 5 Hal Ini Menandakan Kamu Memiliki Kesehatan Mental yang Baik!

Tahukah kamu? Setiap tahunnya pada tanggal 10 Oktober diperingati sebagai World Mental Health Day atau yang lebih dikenal dengan Hari Kesehatan Mental Sedunia. Melansir dari situs resmi World Federation For Mental Health (WFMH), Hari Kesehatan Mental Sedunia pertama kali diperingati pada 10 Oktober 1992.

Berbicara mengenai kesehatan mental, beberapa tahun lalu, bagi sebagian orang masih menganggap bahwa pembahasan kesehatan mental adalah hal yang tabu untuk dibicarakan. Banyaknya orang yang mengkaitkan kondisi kesehatan mental dengan istilah 'gangguan jiwa' atau sejenisnya. Padahal kesehatan mental merupakan suatu hal penting yang harus dipahami semua orang. Soalnya, seseorang yang memiliki kondisi kesehatan mental yang buruk bisa memicu keadaan yang berbahaya hingga menyebabkan kematian.

Tapi, saat ini banyak orang yang sudah mulai aware dan mencoba untuk mengenali kondisi kesehatan mental, kok. Mereka sudah mulai menyadari, selain kesehatan fisik yang harus dijaga, kesehatan mental juga perlu diperhatikan.

Nah, di bawah ini adalah beberapa hal yang menandakan bahwa kamu sudah memiliki kondisi kesehatan mental yang baik. Penasaran? Check this out!

1. Memiliki jiwa optimisme yang tinggi

Hal pertama yang menandakan kesehatan mental kamu itu baik adalah memiliki jiwa optimisme yang tinggi, gaes. Kamu yang memiliki sifat optimis akan selalu melihat sesuatu dari sisi yang positif dan selalu memiliki harapan yang baik tentang segala sesuatunya di masa depan.

Sifat optimis juga akan membuat kamu mampu menlalui masa-masa sulit yang kamu alami dan lebih bersemangat dalam menjalani hidup dari hari ke hari.

Tapi yang perlu diingat di sini, sifat optimis yang berlebihan juga nggak baik buat kesehatan, lho. Optimisme boleh, tapi tetap harus realistis. Normal banget, kok, kamu merasa sedih atau kecewa, bahkan kamu nggak perlu setiap waktu buat berpikir positif tentang semua hal.

2. Mudah bangkit dari keterpurukan

Selain optimis, kamu yang memiliki kondisi kesehatan mental yang baik akan dengan mudah bangkit dari keterpurukan. Kenapa bisa gitu?

Soalnya kamu sudah menyadari bahwa untuk mendapatkan kesuksesan kamu harus melalui kegagalan terlebih dahulu. Sehingga, ketika menghadapi suatu kegagalan atau bahkan peristiwa yang menyakitkan kamu mampu untuk bangkit lagi dan berusaha untuk mencapai tujuan hidup dengan semangat yang baru.

3. Mampu mengendalikan emosi dengan baik

Anyway, kondisi kesehatan mental seseorang juga bisa diukur melalui kemampuan seseorang dalam mengendalikan dirinya saat mendapatkan masalah yang cukup serius, lho. Maksudnya gini, seseorang dengan kesehatan mental yang baik, akan mampu mengontrol dan mengatur emosi yang ada pada dirinya.

Contohnya, kamu nggak akan mudah marah saat ada hal yang nggak berjalan sesuai dengan ekspektasimu atau tiba-tiba sedih dan menangis tanpa ada alasan yang jelas. Intinya, mengekspresikan emosi secara tepat dan mengetahui cara mengendalikan emosi akan membuat hidupmu jauh lebih baik.

4. Jarang merasa stres

Hal selanjutnya yang menandakan kamu memiliki kesehatan mental yang baik adalah jarang merasa stres. Eittss… tapi bukan berarti orang yang jarang merasa stres adalah orang yang nggak pernah dilanda masalah, gaes.

Ya, namanya juga manusia. Stres merupakan kondisi yang sangat wajar dan sering dialami oleh semua orang saat mendapatkan suatu masalah. Entah itu beban tugas sekolah atau tugas kampus, tuntutan dari orang tua, beban pekerjaan atau persoalan hidup lainnya.

Hanya saja, kamu yang jarang merasa stres memiliki cara yang berbeda-beda dalam menanggapi suatu masalah. Misalnya, dengan nggak memikirkan suatu masalah secara berlebihan.

Betewe, kalau kamu saat ini sedang dilanda stres berat, seberat rindu-nya Dilan ke Milea (cielah). Kamu bisa coba, nih, tips-tips sederhana untuk mengurangi stres yang berlebih di sini, ya.

5. Terbuka dan mau menerima kritikan dari orang lain

Fyi, salah satu tanda kamu memiliki kesehatan mental yang buruk adalah kamu sangat menutup diri dan berusaha menghindari segala macam kritikan dari orang lain. Karena bagi kamu kritikan dari orang lain sama sekali nggak penting dan justru membuat dirimu merasa sangat terpuruk.

Well, hal tersebut sangat berbanding terbalik dengan kamu yang memiliki kesehatan mental yang baik. Kamu akan sangat terbuka dan mau menerima segala kritikan dari orang lain yang diberikan pada dirimu. Karena kamu menganggap kritikan tersebut merupakan suatu hal yang membangun dan bisa menjadikan masukan bagi dirimu untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

***

Jadi gimana, nih, gaes? Dari kelima tanda di atas, apakah kamu sudah memiliki kesehatan mental yang cukup baik?

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: netblogtips.com, mindful.org)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 13 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 24 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1