Lewat Kartun ‘Spongebob Squarepants’, Kamu Bisa Memperoleh 5 Hal Bermanfaat Ini, Lho!

Oleh Ananda Vickry Pratama

Meskipun saya bukan anak kecil lagi, saya akui, saya masih jadi seorang penggemar tontonan kartun. Soalnya, pada dasarnya, tontonan kartun tuh menyenangkan, menghibur, dan lebih seru daripada sinetron, pastinya. Nah, salah satu kartun favorit saya sejak kecil adalah kartun Spongebob Squarepants.

Kenapa? Karena kamu juga pasti tahu, hal yang paling khas dari seri kartun ini adalah kekobyolan si spons bercelana kotak dan teman-temannya di Bikini Bottom. Nah, kekonyolan Spongebob dkk itulah yang membuat saya (atau mungkin juga kamu) betah menjadi penikmatnya, dari dulu sampai sekarang.

Secara sekilas, Spongebob mungkin hanya terkesan sebagai hiburan semata tanpa punya pesan penting. Padahal kalau ditelaah lebih seksama, ada banyak hal bermanfaat dari kartun Spongebob, seperti hal-hal berikut ini:

1. Hidup kamu akan lebih bermakna kalau kamu punya sahabat setia

Saat menonton aksi Spongebob, rasanya nggak lengkap kalau sohib baiknya, Patrick, nggak hadir. Spongebob-Patrick memang sahabat baik yang hampir selalu melakukan sesuatu bersama-sama, mulai dari main bareng sampai bikin rusuh di kota. Pokoknya mereka bak sepasang sepatu yang nggak bisa dipisahkan, meski banyak halangan. Piwwwit!

Ada nasehat yang berbunyi, lebih baik punya satu sahabat yang benar-benar mengerti kamu, ketimbang punya banyak teman tapi nggak ada yang mengerti kamu. Hal ini terlihat dari persahabatan Spongebob-Patrick, sob. Kalau kamu punya sahabat setia, meski cuman satu biji, kebahagiaan hidup kamu pasti meningkat.

2. Jalani pekerjaanmu dengan sepenuh hati

Sehari-harinya, Spongebob bekerja sebagai koki restoran cepat saji Krusty Krab milik Tuan Krab. Walaupun Tuan Krab super pelit dan tamak, Spongebob tetap semangat dalam menjalani pekerjaannya. Malah jarang sekali mengeluh, apalagi mager-mageran. Sikap Spongebob yang positif ini berbanding terbalik dengan sikap Squidward, yang juga bekerja di Krusty Krab, namun sangat setengah hati.

Berkaca pada ketulusan Spongebob dalam bekerja, kamu bisa lihat bahwa kerja keras nggak akan membohongi hasil. Artinya, kalau kamu terus-terusan merasa malas dalam menjalani pekerjaanmu, sebaiknya jangan menyalahkan rekan atau tempat kerjamu, lah. Sebaliknya, tanya dulu ke dirimu sendiri, sudah sepenuh hati kah kamu dalam bekerja? Ihiy.

3. Dalam menjalani bisnis, kamu harus selalu kreatif, dan hasilnya nggak selalu saklek

Dalam banyak episode Spongebob, biasanya ada jalan cerita dimana restoran Krusty Krab sedang galau karena Plankton—pesaing Tuan Krab—berusaha mensabotase mereka, sehingga jumlah pelanggan Krusty Krab menipis. Dalam kondisi ini, Tuan Krab maupun Plankton pasti melakukan berbagai macam cara agar menang saingan, seperti membuat inovasi resep, mengganti suasana restoran masing-masing, promosi jor-joran, dan segala macam.

Dalam kehidupan nyata, saat menggarap suatu hal—termasuk bisnis—keadaan di lapangan memang nggak selalu sesuai teori. Jadi, kalau proyek atau bisnis kamu sedang dilanda masalah, kamu harus kreatif dan putar otak dalam mencari solusinya, entah dengan memperbaiki kualitas produk, memperbaharui strategi pemasaran, meningkatkan pelayanan, dan sebagainya. Hasilnya pun nggak selalu saklek, jadi usaha terus ya, sob! Ibaratnya, 1 + 1 nggak selalu sama dengan 2. Apalagi 1 + 1 sama dengan jendela. Hihihi.

4. Kehidupan sosial penting, karena kamu nggak akan bisa hidup sendirian

Spongebob-Patrick-Squidward merupakan tetangga yang hidup bersama di Bikini Bottom, tetapi mereka nggak selalu akur. Squidward yang penggerutu sering ngomel dan marah-marah karena tingkah konyol Spongebob-Patrick yang dia anggap berisik dan rusuh. Malah penduduk Bikini Bottom lainnya kadang kena getah dari konflik tetangga mereka tersebut. Yah, namanya watak orang pasti beda-beda, ya. Oya, deng, mereka bertiga ‘kan bukan orang #eaaa

Kehidupan sosial tuh memang penting. Jadi meskipun kadang kamu nggak suka sama seseorang (dan juga sebaliknya), sebaiknya kamu jangan sampai terlibat konflik lah, apalagi kalau sampai ngebawa-bawa orang lain. Paling oke kalau kamu bisa konsisten berpikir dan bersikap positif, meski harus berhadapan dengan orang yang menyebalkan, seperti halnya Spongebob-Patrick yang (tetap) sayang kepada Squidward, walaupun Squidward benci mereka berdua!

5. Walaupun gagal berkali-kali, pantang menyerah, sob!

Menurut saya, dalam seri Spongebob, cerita Spongebob berkali-kali gagal belajar menyetir adalah jalan cerita yang paling keren. Soalnya walaupun gagal melulu, Spongebob tetap mau mengulang ujian menyetirnya lagi dan lagi *puk puk spons*

Belajar dari sikap Spongebob ini, bisa disimpulkan bahwa sikap pantang menyerah itu perlu. Iya, sih, kamu pasti kesal kalau gagal melulu, tetapi jangan langsung angkat tangan, ya. Setelah gagal, coba lagi, sob! Dan pastikan proses kamu berikutnya jadi lebih baik.

(sumber foto: deskbg.com, prezi.com, spongebob.wikia.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
mustika | 7 jam yang lalu

Open pp/endorse : Klik Link Ig : https://www.instagram.com/naaan_n_n_/ cek ig : naaan_n_n_

Serba-Serbi dan Cara Seputar Meng-Endorse dan di-Endorse di Media Sosial
Gina Ajeng | 16 jam yang lalu

Kalo aku maba dr kampus sdh otimatis

SKS dan KRS Itu Apa, Sih?
Crypton | 18 hari yang lalu

Setelah 2018 ingin masuk oseanografi di postingan ini dan sekarang sudah semester 9, sangat bersyukur bisa ada di oseanografi.. Next S2 Ocean Instrumentation!!

Serba-Serbi Jurusan Oseanografi—Untuk Kamu yang Ingin “Kenalan” Lebih Jauh dengan Laut dan Seisinya
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1