Menu

8 Menu Kopi di Coffee Shop yang Harus Kamu Ketahui

Jaman sekarang, coffee shop menjadi salah satu tempat yang dipilih oleh masyarakat terutama anak muda untuk belajar, sekedar santai atau nongkrong-nongkrong cantik bersama teman-teman. Pokok, coffee shop menjadi salah satu tempat yang super nyaman untuk melakukan hal-hal apapun.

Wangi kopi yang khas, suasana tempat yang dibuat sangat instagramable alias bagus buat foto-foto, ruangan yang dikekelingi oleh pendingin ruangan dan yang paling terpenting ialah wi-fi gratis, menjadi faktor yang membuat coffee shop menjadi tempat yang nyaman untuk singgah dalam waktu yang cukup lama.

Tapi, nih, gaes, namanya juga coffee shop, pastinya menjual berbagai macam kopi, dong? Kamu tahu nggak, nih, tentang kopi-kopi yang sering dijual di coffee shop? Kamu bisa bedakan apa itu espresso, mochachino dan cappucino? Nah, buat kamu yang ingin nongkrong-nongkrong cantik di coffee shop, biar nggak salah pilih, yuk, kenali kopi-kopi yang sering dijual di coffee shop!

1. Espresso

espresso

Sering banget nggak, sih, kamu mendengar menu kopi yang satu ini? Bisa dibilang espresso ini merupakan bahan dasar dari banyak menu kopi di coffee shop, lho.  Nama espresso ini diambil dari bahasa Italia yang artinya yaitu "cepat".

Espresso merupakan ekstrak biji kopi yang dimana biji kopi ini diproses menggunakan mesin bertekanan tinggi. Espresso ini pun bisa dibilang sebagai saripati biji kopi yang murni karena nggak ditambah bahan-bahan lainnya.

Lalu rasa dari espresso ini apa, ya? Nah, buat kamu yang nggak suka rasa pahit, minuman yang satu ini kurang cocok buat kamu karena rasanya yang pahit. Sering dengar istilah "one shot"? Nah, espresso ini bisa langsung disajikan tanpa campuran bahan lainnya dalam gelas satu tegukan.

2. Macchiato

Nah, buat kamu yang nggak suka rasa pahit dari kopi, akan tetapi, kamu masih ingin meminum kopi, macchiato menjadi salah satu menu minuman yang cocok buat kamu, nih, gaes! Macchiato merupakan minuman dengan perpaduan espresso dan susu.

Nah, untuk perbandingan espresso dan susu dalam minuman macchiato ini adalah 1:1 alias takaran antara espresso dan susu sama banyaknya. Kalau kamu ingin memperbanyak takaran susu dibandingkan espresso-nya, nama minuman ini berubah menjadi macchiato latte. Perbandingan takaran antara espresso dan susu dalam minuman macchiato latte ini adalah 1:4 atau bisa dibilang lebih banyak susu dibandingkan espresso-nya.

3. Latte

latte

Kalau macchiato pake susu juga, terus apa bedanya, dong, dengan latte? Nah, perbedaannya dari kedua minuman ini ialah dari takarannya, gaes. Kalau macchiato lebih menonjolkan rasa susu, kalau latte lebih menonjolkan rasa kopinya.

Selain takarannya, perbedaan dalam kedua kopi ini ialah tatanan isinya. Kalau macchiato memiliki tiga layer yaitu foam atau busa, susu dan kopi, kalau latte semuanya tercampur dalam satu cangkir. Biasanya, latte ini sering disajikan dengan cara menuangkan susu panas ke dalam cangkir yang sudah berisi espresso. Nah, gambar-gambar lucu yang sering kamu lihat di cangkir latte merupakan hasil gambar dari penuangan susu panas.

4. Cappucino

Yap, cappucino ini merupakan minuman yang bisa dibilang paling hits! Mulai dari minuman di cafe-cafe ataupun minuman sachet, cappucino selalu nggak absen!

Minuman favorit hampir semua orang ini sebenarnya terdiri dari espresso dan juga susu. Lho, terus bedanya sama macchiato apa, ya? Nah, kalau cappucino ini takarannya yaitu sepertiga espresso, sepertiga susu dan sepertiga froth susu. Nah, cappucino juga nggak memiliki art di atas busa kopinya, ya, gaes.

5. Mocha

kopi

Nah, mocha juga nggak kalah hits, gaes kalau dibandingkan dengan cappucino. Mocha pun sering ditemukan di coffee shop atau di kopi-kopi kemasan. Mocha ini memiliki campuran yaitu espresso, susu dan coklat sehingga rasa yang diciptakan ialah rasa manis dan aroma kopi.

6. Affogato

Affogato merupakan minuman kopi yang terbilang cukup sederhana namun memiliki rasa yamg unik. Affogato merupakan minuman kopi yang terdiri dari es krim dan kopi. Kopi yang digunakan ialah kopi espresso.

Biasanya, ketika disajikan, espresso dan es krim ini diletakkan di cangkir yang berbeda. Ketika kamu ingin meminumnya, kamu bisa menuangkan espresso ke dalam es krim yang telah disediakan.

7. Americano

americano

Buat kamu yang suka nontonin film korea, pasti kamu suka sadar, kan, kalau oppa-oppa sering sekali memesan minuman yang satu ini? Nah, minuman yang satu ini sebenarnya sederhana banget, gaes. Kalau kamu nggak suka kopi pahit tapi juga nggak suka kopi yang terlalu manis, americano menjadi pilihan yang tepat.

Americano merupakan minuman kopi yang dimana espresso akan dicampurkan dengan air panas sehingga rasa espresso yang pahit tidak terlalu mencolok. Aroma kopi pun nggak akan hilang karena minuman yang satu ini tidak dicampur bahan lainnya selain air panas.

***

Setelah disebutkan berbagai macam jenis minuman kopi, gimana, nih, gaes? Masih bingung nggak? Semoga udah jelas, ya, hehe. Nah, karena kamu sudah tahu berbagai jenis minuman kopi, pasti kamu nggak akan salah pilih minuman lagi, deh.

Baca juga:

IPB Hadirkan Sekolah Kopi di Tahun 2019

8 Manfaat Minum Kopi—Ternyata Bukan Cuma Supaya Kuat Begadang!

Kopi Instan Memang Praktis, Tapi Saya Ogah Mengonsumsinya Lagi!

(Sumber gambar: nespresso.com, joaniesimon.com, marketplace.com, shop.rcrcrystal.com)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©