Daftar Negara Dengan Biaya Studi Kumulatif Paling Terjangkau dan Paling Mahal di Tahun 2017

Pelajar mana, sih, yang nggak kepengen melanjutkan studinya ke luar negeri? Selain membuka kesempatan untuk menimba ilmu dan menambah pengalaman dan networking seluas-luasnya, berkuliah di luar negeri juga memberikan kamu nilai tambah di kancah lapangan kerja karena kamu dianggap memiliki kompetensi yang bersaing. Wih.

Kuliah di luar negeri pun kini sudah mengalami pergeseran dalam piramida kebutuhan—yang dulunya dianggap sebagai suatu kemewahan, kini bisa diakses oleh pelajar mana pun terutama yang memiliki kemampuan di bidang prestasi. Which means, beasiswa, cyiiin!

So, perkara biaya sekarang udah nggak menjadi momok utama lagi buat kamu yang punya cita-cita melanjutkan studi di negeri nun jauh di sana, karena bakal ada banyak cara untuk mempermudah keadaan finansial kamu selama berkuliah di luar negeri.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh salah satu perusahaan ahli kurs mata uang, FairFx, ada perguruan tinggi di beberapa negara yang bahkan nggak menarik uang kuliah sepeser pun. Jadi,kamu tinggak mikirin biaya hidup dan akomodasi selama kamu menimba ilmu di sana.  Wih!

Jadi, jika dilihat dari nilai tukar Euro saat ini (± Rp 15.000), negara dengan biaya studi kumulatif dalam kurun satu tahun (termasuk biaya hidup, administrasi, akomodasi, dan penunjang studi lainnya) yang paling terjangkau di dunia per tahun 2017 ini adalah negara…

No. Negara Biaya Studi (£/tahun) Biaya Hidup (£/tahun) Total Biaya (£/tahun) 
1    Jerman* 331 6,369 6,700
2 Swedia* 13 6,694 6,707
3 Afrika Selatan 3,496 3,452 6,988
4 Finlandia* 88 7,226 7,314
5 Taiwan 2,498 5,006 7,504
6 Denmark* 0 8,193 8,193
7 Austria 650 7,651 8,301
8 Belgia 741 7,849 8,590
9 Rusia 4,665 4,627 9,292
10 Norwegia 110 110 9,313

*biasanya tidak dikenakan biaya kuliah. Jika ada, hanya mengkalkulasikan biaya administrasi

Nggak cuma atas azas terjangkau, negara-negara di atas adalah negara dimana kamu bisa mendapatkan pendikankan berkualitas dengan best value of money.

Trus, kalau ada negara yang paling terjangkau, pastinya juga ada negara yang mihil bingit, dong. Sebagai perbandingan, di bawah ini adalah 10 negara dengan biaya studi kumulatif dalam kurun satu tahun termahal di dunia—tapi tentunya dengan kualitas pendidikan yang nggak kalah kece. Cekidot!

No. Negara Biaya Studi (£/tahun) Biaya Hidup (£/tahun) Total Biaya (£/tahun)
1 Amerika Serikat 31,296 14,403 45,699
2 Australia 18,611 12,654 31,265
3 Selandia Baru 16,905 12,006 28,912
4 Kanada 15,732 8,628 24,140
5 Hong Kong 12,626 6,336 18,962
6 Inggris 8,994 9,233 18,227
7 Singapura 11,88 5,796 17,678
8 Israel 2,555 13,932 16,487
9 Swiss 1,152 14,797 15,949
10 Jepang 6,111 8,361 14,471

 

Eniwei, negara inceran kamu termasuk daftar yang mana, nih? Share di kolom komen, ya!

(sumber gambar: aeo.com.pk)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Shannon Belinda | 3 jam yang lalu

Open endorsement @shannonbelindaa just dm for rate card thank you

Serba-Serbi dan Cara Seputar Meng-Endorse dan di-Endorse di Media Sosial
Agustin Lutfianty | 2 bulan yang lalu

Kunjungi website kami di https://walisongo.ac.id

World Suicide Prevention Day: Seberapa Pentingnya Kesehatan Mental Bagi Mahasiswa?
Tiara Windi | 3 bulan yang lalu

Karena merasa gk nyaman aja gitu tmn2 yg lain kok pada enak2 aja aku kok gk enak gitu Krn bidang kerjaan mereka cuma duduk aku berdiri teruss

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1