Inspirasi Kado Natal yang Ramah Lingkungan

Yap, bener banget! Nggak cuma berkumpul bersama keluarga dan kerabat, tradisi tukar kado merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu buat teman-teman—yang merayakan natal. Salah satu alasan utama adanya tradisi memberi dan menerima kado saat natal adalah untuk mengingatkan teman-teman yang merayakannya atas segala karunia yang diberikan Tuhan.

Nah, buat kamu yang masih belum mempersiapkan kado untuk orang-orang yang kamu sayangi. Tenang, gaes! Ada banyak pilihan kado natal yang bisa dijadikan pilihan.

Well, kalau kado natal, seperti ornamen pohon natal, baju, snack jar, atau mug itu sudah biasa, gaes. Tapi, kalau kado natal yang ramah lingkungan, dijamin pasti masih jarang ditemui, deh.

Padahal, produk-produk ramah lingkungan semakin mudah ditemui seiring dengam meningginya kesadaran masyarakat untuk menjaga alam. Dan dengan menjamurnya produk-produk ramah lingkungan tersebut, kamu pun mulai bisa meliriknya sebagai pilihan kado Natal buat orang-orang yang kamu sayangi. Ya, hitung-hitung berbagi kasih sekaligus menjaga bumi kita tercinta ini.

Daripada kamu penasaran kado natal apa saja, sih, yang ramah lingkungan? Check this out!

1. Peralatan makan dari bambu

Demi mengurangi sampah yang semakin menumpuk setiap harinya, ada baiknya kalau saat ini kamu mulai membawa alat makan berbahan dasar bambu yang jelas lebih ramah lingkungan—seperti sendok, garpu, sedotan, dan lain sebagainya.

Bahkan, alat makan berbahan dasar bambu ini bisa digunakan berkali-kali saat kamu jajan di luar rumah. Selain itu, dengan membawa alat makan sendiri, kamu juga bisa menjamin kebersihannya. Wah, banyak banget, ya, manfaatnya!

Kalau masalah harga, nggak usah khawatir, deh. Dengan mengeluarkan uang kurang dari Rp 100 ribu saja, kamu sudah bisa memberikan set peralatan makan berbahan bambu sebagai kado natal buat orang-orang yang kamu sayangi.

2. Tumbler

Gaes, kamu pasti sudah pada tahu, ‘kan? Botol plastik dari air mineral kemasan itu menjadi salah satu penyumbang sampah terbanyak saat ini.

Nah, hal tersebut bisa dikurangi kalau setiap orang di dunia ini lebih sering membawa tumbler yang bisa diisi ulang untuk konsumsi kebutuhan air diri mereka sendiri. Apalagi bentuk dan motif tumbler yang kian beragam pun membuatnya pas kalau dijadikan sebagai kado natal tahun ini.

Oyaa, untuk masalah harga—harga tumbler sendiri memang tergolong murah, biasanya di bawah Rp 100 ribu.

3. Tas belanja motif jaring

Selain botol dari air mineral kemasan, kantung plastik juga menjadi salah satu penyumbang sampah yang ada saat ini. Demi menjaga bumi yang sudah tua ini, kamu juga bisa mengurangi limbah plastik dengan selalu membawa tas sendiri saat berbelanja di supermarket, pasar, dan lain sebagainya.

Tas belanja motif jaring ini menjadi pilihan yang tepat karena ringan, tahan lama, dan tentunya bisa digunakan berkali-kali. Dengan fungsinya yang begitu besar untuk kehidupan sehari-hari, tas belanja motif jaring ini tentu saja bisa jadi inspirasimu.

Kalau masalah harga, kamu cukup mengeluarkan uang kurang dari Rp 100 ribu, tas ini bisa kamu dapatkan sebagai pilihan kado natal yang ramah lingkungan.

4. Sabun organik

For your information, nih, gaes, dengan memakai sabun organik, kamu juga turut mengurangi risiko limbah yang bisa membahayakan tanah. Maka dari itu, sabun organik juga bisa jadi pilihan sempurna sebagai kado natal yang ramah lingkungan.

Harga sabun organik sendiri berkisar antara Rp 30 hingga 50 ribu. Bahkan, kalau kamu  mau  dan bisa membuatnya sendiri, kamu bisa mendapatkan sabun organik dengan harga yang lebih murah.

5. Lilin aromaterapi organik

Nggak cuma sabun organik saja, lilin aroma terapi organik pun saat ini sudah mulai digemari oleh beberapa masyarakat di Indonesia. Soalnya, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat lilin aromaterapi organik ini pun bisa dikatakan ramah lingkungan—apalagi pilihan wanginya juga beragam. Sehingga, lilin aromaterapi organik bisa jadi kado yang manis saat natal.

Anyway, untuk bisa mendapatkan lilin aromaterapi yang sesuai dengan selera, kamu cuma perlu mengeluarkan uang kurang dari Rp 100 ribu saja, kok.

6. Reed diffuser organik

Kamu mau nggak, sih? Saat merayakan natal, kondisi rumah kamu bau. Tentunya nggak mau dong. Nah, reed diffuser a.k.a pengharum ruangan bisa jadi pilihan kado natal yang tepat.

Saat ini, sudah banyak reed diffuser yang terbuat dari bahan-bahan organik dan tengah digemari. Soalnya, selain menjadi pengharum ruangan, reed diffuser juga akan menghasilkan wangi yang menenangkan dari minyak di botolnya. Harga reed diffuser sendiri masih terjangkau, rata-rata berada di bawah Rp 300 ribu.

***

Jadi, gimana, gaes? Sangat beragam sekali bukan pilihan kado natal yang ramah lingkungan? Well, selamat memilih kado natal buat orang-orang yang kamu sayangi, ya!

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: finder.com.au, ecoroots.us, agiftwithasmile.com, uandmegifts.en.made-in-china.com, mademoiselleorganic.com, amazon.com, nationwidepharmacies.co.uk)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 16 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 27 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1