Stop Buang Waktu Kamu untuk Melakukan Hal-Hal Ini Kalau Mau Sukses di Usia Muda

Setuju, dong, kalau saya bilang internet bikin kita punya ruang yang luas banget untuk mendapat informasi dan bebas berekspresi. Kita bisa terkoneksi dengan orang-orang yang penuh inspirasi dari berbagai industri.

Dengan manfaatnya yang berlimpah, internet juga bikin waktu kita banyak tersita. Apalagi kalau koneksi wifi atau paket data kenceng, makin betah deh berlama-lama internetan. Dari mulai buka You Tube, surfing, blog walking dan tentu aja mantengin media sosial.

Selain menyita waktu, internet juga sangat menyita perhatian. Banyak drama dan kasus kriminal di kalangan anak muda yang ternyata lebih buruk dari yang saya bayangkan. Sebutlah fenomena selebgram dadakan yang kontroversial, tawuran sekolah, pembunuhan anak kost sampai berbagai challenges yang berbahaya.

Menurut Psikolog di Amerika Serikat, kejadian-kejadian viral di internet bukan cuma menyita waktu dan perhatian kita, lho. Sedikit banyak, ini juga mempengaruhi pola pikir dan kepribadian kita. Semakin seru drama dan kisahnya, kita semakin betah mentenginnya. Ujung-ujungnya, kita banyak menghabiskan waktu untuk hal-hal yang sebetulnya nggak ada manfaatnya sama sekali.

Makanya, sebuah lembaga psikologi di Amerika banyak mengingatkan anak muda supaya bijak memilih-milih informasi dan stop buang waktu kamu untuk melakukan hal-hal ini kalau mau sukses di usia muda:

1. Mencoba jadi jagoan di segala bidang

Namanya manusia nggak ada yang sempurna. Menjadi jagoan di segala bidang memang sesuatu yang mungkin. Tapi, jangan sampai itu menjadi ambisi kamu semata ya, gaes. It’s ok untuk gagal di satu bidang tertentu. Mungkin minat kamu memang bukan di bidang tersebut.

2. Membandingkan diri kamu dengan orang lain

Di internet, kamu akan melihat hidup orang lain dengan lebih terbuka. Mereka curhat, check in di tempat hits dan memasang foto-foto yang memperlihatkan hidup sempurna. Kalau kamu terus membandingkan hidup kamu dengan orang lain, nggak akan ada habisnya, gaes. Cuma karena orang lain kayak gitu, kamu nggak harus mengikuti kebiasaan mereka kok.

3. Nggak mengejar mimpi kamu

Sering nggak, sih, mendengar orang bilang “gue pengen melakukan ini dan itu” tapi mereka nggak pernah benar-benar melakukannya? Jangan buang waktu kamu untuk berdiam diri di zona nyaman ya, gaes. Mengejar mimpi memang bukan sesuatu yang mudah. Tapi ketika mimpi kita bisa tercapai di usia muda, rasa bangganya pasti berlipat ganda!

4. Merasa sok penting

Menurut penelitian, sebetulnya merasa penting dan dibutuhkan adalah kebutuhan dasar setiap manusia. Bagaimanapun juga, kita pengen apa yang kita kerjakan dihargai oleh orang lain. Tapi kenyataannya, dunia ini nggak berhutang apapun sama kita. Semua orang bakal sibuk sama urusannya masing-masing. Saran saya, teruslah melakukan hal baik sampai orang merasa terinspirasi. Mereka yang terinspirasi sama kamu bakal dengan sendirinya menghargai kamu, kok.

5. Berusaha menyenangkan setiap orang

Nah, ini adalah salah satu hal yang bikin kamu susah sukses di usia muda, gaes. Kenapa? Karena berusaha menyenangkan setiap orang adalah hal yang melelahkan. Berapa banyakpun waktu yang kamu miliki, ada kalanya kamu harus menolak ajakan atau permintaan seseorang sama kamu. Buat prioritas dalam hidup supaya kamu bisa menyeimbangkan waktu untuk diri sendiri dan orang lain. You don't have to be everybody's favorite.

6. Terlalu banyak membeli barang dan bukan membeli pengalaman

Sebuah survey dilakukan di Amerika Serikat terhadap anak muda berusia 17-28 tahun. 10 anak muda ini diberi pertanyaan, “Jika kamu diberi uang 5.000 Dollar, uang itu akan kamu pergunakan untuk apa?”. Delapan dari 10 anak muda tersebut, menjawab mereka akan membeli barang. Misalnya, smartphone baru, tas, sepatu atau benda-benda yng mereka incar sejak dulu. Hanya dua orang yang menjawab mereka akan mempergunakan uang tersebut untuk traveling atau mengukuti kursus tertentu. Ini menunjukkan, nggak banyak anak muda yang ingin memperluas pengalaman mereka.

 

(Sumber gambar: sparknotes.com, rikvin.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 11 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 21 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1