Cara-Cara Gampang Membangkitkan Semangat Menghadapi Semester Baru

Pada dasarnya, nggak ada anak sekolahan yang senang bangun pagi dan berangkat sekolah. Apalagi di semester baru. Huft, setelah liburan berbulan-bulan lamanya libur dan bisa bangun siang, eeh, tau-tau harus akrab lagi sama yang namanya weker! *buang wekernya*

Semester atau tahun ajaran baru memang sudah berjalan selama beberapa minggu, nih, gaes, tetapi mungkin kamu ada yang masih malas-malasan sekolah atau kuliah.

Supaya kamu bisa lebih bersemangat, berikut beberapa tips sederhananya, dari Rachelle Lohmann, konselor dan pengarang buku Teen Anxiety.

1. Bangun tepat waktu

 “Aduuuh, males banget harus bangun pagi terus!”

Gaes, jangan terlalu bete, lah, soal bangun pagi. Awal-awal semester baru kemarin, mungkin kamu masing mengulur-ngulur bangun pagi, tapi hal ini jangan dipelihara. Paksakan diri untuk langsung semangat bangun, supaya badan kamu cepat kembali ke jam rutinitasmu.

Seorang teman dari teman saya punya kebiasaan lucu. Setiap pagi, saat harus bangun tidur, dia membayangkan dirinya sebagai tokoh dalam film action yang dikepung musuh. Jadi, ketika baru buka selimut, dia langsung LONCAT keluar dari tempat tidur, dan pasang kuda-kuda mau menyerang. Bedanya, dia bukan mau menyerang musuh, tapi menyerang rasa malas, hahaha. Eh, tapi trik ini sukses, lho.

Intinya, do whatever you have to do untuk membangkitkan semangat kamu di pagi hari.

Tips lainnya, malam hari, sebelum kamu tidur, masukkan air minum dengan irisan lemon dan timun di dalam botol, lalu simpan di dalam kulkas. Saat baru bangun, minumlah, supaya kamu langsung merasa segar. Ini alternatif yang lumayan kalau kamu nggak bisa (atau nggak mau) terlalu sering minum kopi.

tips semangat sekolah baru

2. Hadapi kelas susah dari awal

Kalau kamu punya kesulitan dalam kelas atau mata pelajaran tertentu, jangan dipendam! Bicarakan dengan guru kamu, orangtua, guru les atau guru BK, apa masalahnya, dan apa solusinya.

Pokoknya, semakin lama kamu memendam masalah tentang sebuah mata pelajaran, semakin besar rasa malas kamu pergi ke sekolah.

Tips lainnya, kalau pikiran kamu mumet dengan pelajaran sekolah, coba deh, ikutan ekskul atau les baru di awal tahun ajaran ini. Seenggaknya, hal ini bakal bikin kamu semangat menghadapi hari-hari di sekolah.

3. Jangan “kagok” dengan teman-teman baru

Setelah lama libur, mungkin kamu kagok harus berinteraksi dengan teman-teman kelas yang baru, apalagi kalau kamu seorang yang memang introvert (seperti saya).

Untuk mempercepat masa adapatasi ini, kamu nggak harus memaksakan diri jadi Si Populer. Yang penting jangan negative thinking atau berprasangka buruk. Sapa semua orang dengan ramah, banyak-banyak tersenyum, dan jangan cuma main dengan geng lama kamu. Kalau kamu begitu, walau kamu orangnya introvert, pasti kamu dilihat sebagai pribadi yang hangat.

(sumber gambar: huffingtonpost.com, npr.org)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 27 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1