Cara Efektif Mengecilkan Perut Buncit

Masih muda tapi perut, kok, udah maju? Jangan dong, sob!

Menurut penelitian, perut buncit bukan cuma nggak enak diliat, tetapi juga bikin kondisi psikologis jadi drop. Perut buncit bisa bikin kita nggak percaya diri dan berujung pada depresi.

Mungkin juga sudah pada tahu, bahwa perut buncit biasanya disebabkan karena kebiasaan-kebiasaan nggak sehat seperti ngemil sebelum tidur, terlalu banyak minum alkohol, dan nggak olahraga sama sekali.

Kenapa ngemil sebelum tidur bikin buncit? Karena setelah makan, proses pencernaan di dalam tubuh harus optimal. Jadi kalau kamu langsung tidur setelah makan, tubuh bakal mendiamkan makanan di tubuh tanpa mengolahnya. Akhirnya, lemak bermunculan di sekitar alat pencernaan, yaitu perut.

Kenapa terlalu banyak minum alkohol bikin buncit? Karena kandungan yang dimiliki alkohol, seperti kalori dan gula, bersifat seperti makanan berlemak. Bukan cuma mantan, alkohol juga sulit banget dinetralisir oleh hati. #eaaa

Gula yang seharusnya disaring terlebih dahulu akhirnya jadi terlewat, menumpuk, dan bikin perut buncit.

Perut Buncit 1 - Youthmanual

Nah, kali ini Youthmanual mau ngasih tahu kamu cara efektif buat mengecilkan perut buncit.

1. Berjalan atau berlari

Dengan membiasakan diri berjalan atau berlari, sedikit demi sedikit kamu membakar kalori di dalam tubuh. Lemak nggak baik akan terurai dan keluar melalui keringat, sehingga nggak menumpuk.

2.  Sit up

Sit up juga bisa membantu kamu mengecilkan perut buncit. Kalau kamu merasa nggak bisa melakukan sit up sendirian, kamu bisa minta bantuan orang lain untuk menahan kaki kamu selama kamu berusaha menarik tubuh ke depan. Sit up akan membuat otot perut semakin kencang dan mengurangi perut buncit. Ingat, sit up-nya harus teratur, ya.

3. Back Up

Back up ini kebalikan dari gerakan sit up. Cara melakukannya, kamu tengkurap dan mengangkat punggung ke atas dan bawah, seperti sit up versi terbalik. Kamu juga bisa meminta bantuan orang lain untuk menahan kaki kamu, supaya kamu lebih gampang melakukannya.

4.  Vertical Leg Crunch

Pertama-tama, kamu harus berbaring dengan tangan di belakang kepala. Kemudian angkat kaki dan silangkan ke udara. Selanjutnya kepala dan pundak harus tetap menempel di lantai. Selama kaki di udara, tarik tubuh ke depan. Ulangi beberapa kali selama 5 menit.

Perut Buncit 2 - Youthmanual

5. Bersepeda

Mengecilkan perut dengan bersepeda nggak akan terasa sulit, karena bersepeda adalah olahraga menyenangkan. Asal kamu tahu ya, gaes, dengan bersepeda selama 30 menit, kamu sudah bisa membakar kurang lebih 300 kalori. So, mulai bersepeda dari sekarang!

6. Pilih makanan kaya potasium

Potasium dapat membantu menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh, sehingga perut nggak gampang kembung. Ada banyak makanan dengan kandungan potasium tinggi, yang bisa jadi pilihan kamu untuk sehari-hari. Misalnya, buah melon, buah mangga, atau sayuran seperti bayam, tomat, asparagus, dan kacang-kacangan.

7. Hindari soda

Kalau dikonsumsi terlalu banyak, minuman bersoda juga bisa bikin perut kamu jadi buncit. Jeannie Gazzaniga-Moloo, RD, jurubicara American Dietetic Association, menganjurkan untuk lebih sering minum air putih dan menjauhi minuman berkarbonasi.

8. Batasi makanan manis

Sebagian orang punya masalah dalam mencerna gula, sehingga mereka punya masalah seputar perut, seperti gas dan diare, begitu kata Patricia Raymond, MD, ahli gastroenterologi dari Chesapeake, Amerika Serikat. Dengan membatasi makanan yang terlalu manis, kamu juga mencegah lemak menumpuk di perut kamu.

Perut Buncit 3 - Youthmanual

9. Antisipasi PMS

Sering merasa perut bengkak atau kembung, sebelum atau semasa datang bulan?

Nah, gejala ini susah untuk dihindari. Untuk meminimalisirnya, pastikan kamu mendapatkan asupan kalsium dan magnesium yang cukup setiap harinya. Keduanya bisa membantu meredakan perut kembung dan buncit.

10. Konsumsi probiotik

Kalau dikonsumsi secara teratur, probiotik atau bakteri baik bisa menjauhkan kamu dari perut kembung dan buncit. Kamu bisa mengkonsumsi susu yang telah difermentasi atau yoghurt untuk mendapatkan asupan probiotik yang cukup.

(sumber gambar: dailymail.co.uk, tribesports.com, worldblaze.in)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 27 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1