Manfaat Musik Buat Kesehatanmu

Mendengarkan musik mungkin sudah menjadi kegiatan sehari-hari buat sebagian orang—khususnya anak muda seperti kita. Tapi, sebagian orang masih ada, lho, yang menganggap musik hanyalah sebuah bentuk dari seni yang biasa digunakan untuk bersenang-senang saja.

Padahal musik bisa memberikan banyak manfaat pada manusia. Misalnya, sebagai bahasa universal, musik bisa memberikan efek yang positif pada tubuh—baik secara fisik maupun mental.

Singkatnya, nggak cuma sebagai hiburan semata, musik memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Berikut  adalah beberapa manfaat mendengarkan musik yang akan kamu dapatkan.

1. Meredakan stres

Kamu mungkin sering mengalami yang satu ini. Saat sedang stres, kamu akan mendengarkan lagu kesukaan. Kemudian, secara perlahan pikiran menjadi lebih tenang. Iya nggak?

Well, hal tersebut bukanlah suatu kebetulan, lho, gaes—bahkan ada penjelasan ilmiah dibaliknya. Menurut penelitian, mendengarkan musik ternyata bisa menurunkan kadar kortisol di tubuh. Kortisol adalah hormon yang bertanggung jawab sebagai respons terhadap stres. Musik memberikan pengaruh pada aktivitas fisiologis di tubuh, seperti detak jantung, suhu tubuh hingga tekanan darah. Selain itu, mendengarkan musik favorit akan membantu kamu untuk lebih tenang dan stres berkurang.

Tapi, hal ini bergantung pada jenis musiknya, ya. Musik dengan tempo yang lambat, dinilai bisa menurunkan jumlah detak jantung, laju pernapasan dan tekanan darah. Dengan kata lain, musik tersebut bisa mengalihkan rasa marahmu menjadi bahagia. Sementara itu, musik dengan tempo yang cepat memiliki efek sebaliknya.

2. Meringankan gangguan kecemasan

Tahukah kamu? Buat orang yang memiliki riwayat mengalami gangguan kecemasan ringan hingga parah, mendengarkan musik bisa membuat lebih rileks. Soalnya, musik bisa menjadi pengalih perhatian yang baik. Manfaat mendengarkan musik yang satu ini juga dirasakan oleh para pasien kanker yang sedang menjalani perawatan.

Dengan musik, pasien akan merasa lebih tenang dan bisa meningkatkan kenyamanan selama perawatan kanker berlangsung. Sehingga, komunikasi dengan orang-orang terdekat pun bisa jadi lebih lancar.

3. Meningkatkan kemampuan kognitif dan daya ingat

Selain memainkan alat musik, mendengarkan musik berkaitan erat dengan kemampuan kognitif. Kenapa demikain? Karena musik bisa meningkatkan fungsi kognitif dan intelektual di diri seseorang.

Bagi sebagian orang, belajar sambil mendengarkan musik bisa juga mempermudah mereka untuk mengingat topik pelajaran (tentu saja, hal ini bergantung dari jenis musik dan selera dari masing-masing orang).

That’s why, saat kita sedang mengerjakan sesuatu yang bersifat kognitif—seperti menulis atau membaca, nggak ada salahnya kalau diselingi sambil mendengarkan musik.

4. Mempengaruhi gelombang otak

Menurut sebuah penelitian medis, musik menghasilkan getaran suara yang bisa merangsang gelombang otak kamu. Hal ini tergantung dengan getaran pada musik. Kecepatannya akan mempengaruhi kewaspadaan kamu. Bahkan, berdasarkan survei yang dilakukan pada tahun 2001, orang yang sering mendengarkan musik memiliki otak yang lebih tajam.

Penelitian lain dari University of Kansas Medical Center juga menemukan bahwa orang yang terkait dengan musik—seperti belajar musik dan terbiasa mendengarkan musik akan memiliki otak yang lebih awet muda dibandingkan dengan orang yang nggak menyukai musik.

5. Melindungi pendengaran

Yap! Mungkin selama ini kamu mengetahui bahwa mendengarkan musik dengan volume keras bisa merusak pendengaran. Tapi, ternyata manfaat mendengarkan musik selanjutnya yaitu musik bisa melindungi pendengaran kamu, lho.

Hal ini didukung dengan sebuah penelitian pada tahun 2001 yang dimuat dalam Washington Post—dimana penelitian tersebut mengungkapkan bahwa orang yang sering bermain musik selama hidupnya akan memiliki kemampuan mendengar yang lebih baik. Ibarat kata, nih, ya, sama seperti saat kamu sedang melatih otot. Mendengarkan musik pun juga begitu, mampu melatih pendengaran.

Eits… tapi tentu saja kamu harus tetap berhati-hati. Jangan mendengarkan musik dalam volume keras, terutama ketika menggunakan ponsel pintarmu, ya, gaes!

6. Mampu memunculkan memori

Sebuah jurnal Gerontologist menjelaskan tentang efek musik pada daya ingat penderita demensia awal. Hasil penelitian membuktikan bahwa musik mampu memperbaiki suasana hati dan meningkatkan memori episodik pada kognitif para penderita demensia. Bahkan studi lain menjelaskan bahwa musik bisa memunculkan memori pada penderita Alzheimer.

Musik-musik yang pernah didengarkan para penderita Alzheimer akan membangkitkan memori masa lampau. Ini akan membuat mereka yang mendengarkan musik kadang bisa tersenyum dan menangis teringat masa lalu. Apalagi kalau para penderita Alzheimer mendengarkan musik yang memiliki lirik yang penuh motivasi, bisa jadi mereka akan memiliki semangat hidup yang besar.

***

Itulah beberapa manfaat musik bagi kesehatan yang akan kamu dapatkan. Anyway, berbicara mengenai manfaat musik di atas, nih, gaes. Pada beberapa poin saya selalu bilang “bergantung dari jenis musik yang didengar”. Iya, ‘kan?

Kamu pasti bertanya-tanya, kira-kira jenis musik apa, sih, yang efektif dalam memberikan manfaat untuk kesehatan?

Well, tren yang berkembang saat ini adalah musik dengan irama yang cepat digunakan untuk olahraga. Musik dengan irama yang lambat digunakan untuk relaksasi. Kalau kamu cocok dengan pola yang demikian, maka silakan mengikuti tren terebut.

Tapi, kalau nggak, kamu bebas untuk memilih yang lain. Karena menggunakan musik sebagai terapi adalah masalah selera dan nggak bisa selalu disamakan. Mungkin, kamu termasuk orang yang merasa lebih rileks saat mendengarkan musik rock, dibandingkan saat mendengar musik klasik.

Atau sebaliknya, mendengarkan musik rock justru akan membuat suasana hati menjadi lebih buruk. Bahkan buat beberapa orang, jenis musik tertentu (entah itu musik klasik atau rock) bisa membangkitkan memori terdahulu—baik itu memori baik atau buruk.

 

Baca juga

 

(Sumber gambar: newyorker.com, destressmonday.org, kaser.vtngcf.org, thriveglobal.com)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1