Cara Gampang Menguasai Suatu Skill—Lakukan Setiap Hari, Selama 100 Hari

Rencana kamu semasa liburan ini apa aja, gaes?

Kalau nggak kemana-mana, tapi tetap kepengen melakukan sesuatu yang berfaedah, coba lakukan “proyek” GiveIt100 berikut ini.

GiveIt100 adalah sebuah proyek super sederhana, yang diciptakan oleh Karen X. Cheng dan Finbarr Taylor dari Amerika Serikat, tahun 2014. Sebenarnya proyek ini udah nggak aktif, tapi saya merasa idenya oke banget, dan perlu saya share di sini.

Konsep GiveIt100 sederhana banget. Kalau mau berpartisipasi, kamu cuma harus belajar atau latihan suatu skill tertentu—yang gampang-gampang aja, lho. Misalnya, latihan cium lutut sampai bisa—tapi selama 100 hari berturut-turut non-stop.

Rekam setiap sesi latihan kamu selama 100 hari, trus bandingkan skill kamu dari hari pertama dengan hari ke-100. Kamu pasti kaget! Setelah selesai, silahkan upload video rekaman latihan kamu ke Youtube, untuk di-share ke orang-orang lain.

Di bawah ini contoh video favorit saya. Lihat, deh, transformasi cewek ini dari nggak bisa push-up sama sekali, sampai bisa push-up dengan jago. Inspiratif banget! Dan lihat, dong, perubahan bentuk lengannya!

Apa, sih, ide dibalik proyek ini?

Kata Karen dan Finbarr, kalau kamu melihat seseorang jago melakukan sesuatu—main gitar, pidato, menari, menulis, apapun—yang kamu lihat sebenarnya cuma moment of glory mereka. Kamu NGGAK melihat persiapan dan usaha mereka, yang mungkin dilakukan berminggu-minggu, berbulan-bulan, atau bertahun-tahun.

Kamu juga nggak melihat rasa capek dan frustrasi mereka. Kamu nggak melihat saat mereka belum jago dan masih galau.

Dengan GiveIt100, kamu jadi bisa lihat struggle orang-orang dalam mempelajari suatu skill. Semua orang, tuh, awalnya pasti beginner. Cuma kalau kamu mempelajari atau melatih sesuatu secara terus-terusan, tanpa sadar kamu jadi makin jago.

Meski proyek Giveit100 ini nggak aktif lagi, bukan berarti kamu nggak bisa bikin proyek Giveit100 kamu sendiri.

Mumpung sekarang lagi libur, yuk, coba latih apapun yang kepengen kamu latih, sesederhana apapun itu, selama 100 hari. Rekam, trus lihat, deh, hasilnya!

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 26 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1