20 Situs Yang Wajib Dikunjungi, Supaya Kamu Lebih Pintar!

I have no special talent, I am only passionately curious.” – Albert Einstein

The internet is probably one of humankind’s greatest invention. Kalau niat, kita bisa mendapatkan hampir semua informasi di muka bumi ini dari internet, mulai dari rahasia negara, ilmu eksakta, sampai info pribadi sang idola. Emeizing banget, lah, pokoknya.

Lalu sebenarnya, ada ratusan, bahkan ribuan, situs online yang bisa ngasih kita berbagai insight dan ilmu seru. Nah, Youthmanual mengkurasi 20 situs keren yang bisa menambah wawasan kita, mulai dari wawasan ringan hingga yang ilmu yang lebih serius.

Asalkan niat (dan punya internet), akses ke ilmu tinggi itu sebenarnya gampang, kok. Gampang sekali.

Cekidot, gaes! Jangan lupa klik link di nama situsnya, ya.

1. Youtube Education

Ini bukan channel Youtube biasa lho,, tapi khusus untuk edukasi. Di channel Youtube ini, kita bisa nonton video-video edukasi pendek yang dikategorikan berdasarkan temanya, seperti Matematika, Sejarah, IPTEK, Pengetahuan Sosial, bisnis sampai sastra.

2. Wikiwand

Kalo kamu suka browsing Wikipedia, kamu bakal jatuh cinta sama Wikiwand. Situs ini sebenarnya bukan situs pengetahuan, sih, melainkan software alat pembaca Wikipedia. Dengan software ini, kita bisa baca seluruh konten yang ada di Wikipedia dengan tampilan yang lebih segar dan keren. Kita bahkan bisa mengubah layout dan font sesuai selera kita sendiri. Makin betah, deh, baca-baca Wikipedia!

3. Cerego

Cerego adalah sebuah situs ilmu pengetahuan berisi topik-topik umum. Uniknya, Cerego bakal bantu kita membuat rencana belajar personal berdasarkan kekuatan dan kelemahan kita masing-masing. Kerennya lagi, Cerego bisa melakukan asesmen online untuk mengetahui tingkat memori kita, supaya kita bisa belajar secara efektif dan efisien.

4. TED

Sesuai dengan tagline mereka “ideas worth spreading”, situs TED berisi video-video ceramah singkat orang-orang inspiratif yang sangat powerful, mengenai berbagai macam isu. Dijamin, video-videonya bakalan membuka pikiran kamu. This website is one of our favorites!

5. Creative Live

Situs ini adalah situs belajar yang menyediakan streaming kelas-kelas online untuk para pekerja seni dan kreatif, seperti kelas Dasar Adobe Illustrator, Teknik Komposisi Menggambar, Cara Menambah Follower Medsos dengan Pemasaran Kreatif, dan sebagainya. Streaming kelas-kelas online ini gratis melalui Live Streaming, tetapi harus bayar kalau mau mengakses On-Demand Access.

6. iTunes U

Teknologi emang gokil, salah satunya adalah teknologi yang ditawarkan iTunes U. iTunes U ini punya konsep memberikan materi-materi pendidikan yang keren, mulai dari kuliah/ceramah umum, video, textbooks, dan banyak lagi. Gratis, pulak.

Sebagai gambaran, lewat iTunes U, kita bisa mendengarkan ceramah para dosen ternama dari Harvard, Stanford, INSEAD dan ratusan kampus ternama lainnya. Itu baru satu dari sekian banyak keseruan yang ditawarkan iTunes U.

Dengan catatan, kita harus fasih teknologi, ya. Misalnya, kalau mau mendengarkan ceramah dosen tadi, kita harus punya akses ke podcast—sejenis radio internet—dan tahu cara mengoperasikannya.

Kelemahannya, iTunes U baru bisa diakses penuh oleh para pengguna produk Apple

7. University of Reddit

Situs ini beneran a haven for the curious mind, deh. University of Reddit adalah sebuah situs yang menawarkan berbagai macam ilmu pengetahuan. Kelas online dan disiplinnya pun beraneka ragam, mulai dari Sastra, Musik, Filosofi, Matematika, Teknologi, dan banyak lainnya. Pake silabus segala, lho, kayak universitas beneran!

8. Coursera

Sesuai dengan tagline-nya, “Take the world’s best courses, online”, Coursera menawarkan ratusan kelas spesialisasi dalam berbagai bidang seperti bisnis, computer science, art & humanities, matematika, dan lain sebagainya. Gratis? Yo’i!

9. Quora

Salah satu situs favorit kita juga, nih. Lewat Quora, kita bisa bertanya, lalu dunia (alias netizen yang lain) akan menjawab. Kayak Yahoo! Answers kali, ya, tapi dengan jawaban-jawaban yang lebih sahih, komplit, dan, ehm, smart. Quora juga didukung oleh para ahli yang bakal menjawab pertanyaan-pertanyaan kita di bidang apapun secara interaktif. Lumayan, ‘kan, sebagai tempat tukar pikiran sebelum sotoy terhadap suatu isu?

10. MIT Openware Course

MIT Openware adalah sejenis katalog online yang berisi berbagai kelas serta kursus yang ditawarkan gratis oleh Massachusetts Institute of Technology atau MIT yang terkenal itu. Kita bisa browsing kelas-kelas yang ada, dan di setiap halaman kelasnya terdapat deskripsi, silabus, kalendar, catatan dosen, hingga tugas dan materi ujian. Trus, kita bisa download materi kursusnya, deh. Keren!

11. OEDb

OEDb, atau Open Education Database, adalah sebuah situs berisi kelas-kelas online yang menawarkan berbagai topik kajian. Sesuai namanya, OEDb berisi database yang dikurasi dari berbagai macam sumber dan dikategorikan berdasarkan topiknya. Dari sekian banyak pilihan yang ada, pasti ada yang menarik buat kita!

12. Khan Academy

Khan Academy adalah situs kursus-kursus online dalam berbagai macam topik sesuai dengan kebutuhan kita, dan bisa diakses kapan saja, dimana saja. Khan Academy banyak digunakan murid, mahasiswa, guru bahkan sampai orangtua.

13. Future Learn 



Another one of our favorites. Lewat Future Learn, kita bisa ikut kursus dan kelas online dari berbagai universitas top di dunia. Trus, layaknya kuliah biasa, kelas-kelas online ini ada durasinya. Misalnya, nih, kelas Digital Story Telling yang ditawarkan University of Birmingham berdurasi empat minggu, dan masing-masing sesinya diajarkan setiap minggu. Maka kita ikutan kelas ini selama empat minggu juga. Kita pun bisa kenalan sama teman-teman “sekelas”—yang berasal dari berbagai negara, latar belakang dan profesi—trus ikutan diskusi online-nya. Mantabs!

14. Google Scholar

Kebetulan kita-kita di Youthmanual nggak ada yang terlalu into science, sih. Tapi bagi kamu yang tertarik dengan literatur ilmiah dan ingin mengakses publikasi, buku, ataupun abstrak yang dikeluarkan oleh ilmuwan kondang dunia, Google Scholar lah tempatnya! Siapa tau kamu pengen iseng-iseng baca tentang "Nucleon Scattering Chiral perturbation theory in nuclear forces”. Waw, isengnya, kok, baca begituan?!

15. Brainpump

Learn something new and feed your curiosity”, begitulah motto Brainpump. Dan memang benar, di situs ini, kita bisa belajar hal-hal scientific ringan yang kayaknya nggak penting, tetapi sebenarnya seru untuk diulik, misalnya “Seberapa berat bayangan kita?” atau “Kenapa jalur sungai berkelok-kelok?”. Kenapa, hayo?

16. Mental Floss

Di situs ini, kita bisa nguji pengetahuan dengan fakta-fakta menarik, trivia, kuis, dan permainan asah otak! Lumayan, ya, refreshing sambil memperkaya wawasan.

17. Learnist

Di Learnist, kita bisa belajar dari artikel print, artikel web dan video yang sudah dikurasi oleh tim Learni.st. Sebagian, sih, gratis, tetapi ada konten premium yang baru bisa diakses kalau bayar.

18. Lifehacks

Ah, the famous Lifehacks. Mungkin kamu juga udah tau tentang Lifehacks, ya, sebuah situs yang berisi tips serta fakta sederhana tentang kehidupan sehari-hari, supaya hidup kita lebih efektif dan efisien. Simple informations, tapi sangat aplikatif. Syedap…

19. Highbrow

Sesuai dengan tagline-nya, “Learn, grow, repeat”, situs Highbrow berisi informasi singkat mengenai topik-topik ringan yang disampaikan lewat sistem e-mail blast, alias dikirim ke Inbox kita setiap hari.

20. Coursmos

Di Coursmos, kita bisa mengikuti kelas-kelas singkat yang disesuaikan dengan kemauan kita. Kita tinggal kasih tau interest dan tujuan belajar kita ke Coursmos, lalu mereka akan membuatkan kurikulum yang sesuai. Keren, ya?

***

Tau situs-situs belajar keren lainnya? Jangan diketekin sendiri, ah. Yuk, share ke yang lain lewat sistem komen dibawah ini!

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Deni Y | 1 hari yang lalu

apakah saya bisa berkontak dengan Pak Dimas

Profesiku: Kurator Musik, Dimas Ario
miaaa | 4 hari yang lalu

Assalamualaikum minn Saya baru masuk Smt 3 nih min saya mau ambil 24 SKS masing² 2 SKS per matkul Saya berencana memadatkan jadwal saya hanya Senin-Kamis aja Jadi dalam shari ada 4 matkul Apa itu wort it atau bagaimana Saran dong min

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
mustika | 5 hari yang lalu

Open pp/endorse : Klik Link Ig : https://www.instagram.com/naaan_n_n_/ cek ig : naaan_n_n_

Serba-Serbi dan Cara Seputar Meng-Endorse dan di-Endorse di Media Sosial
Gina Ajeng | 5 hari yang lalu

Kalo aku maba dr kampus sdh otimatis

SKS dan KRS Itu Apa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1