Tips Gampang Merawat dan Menjaga Kebersihan Kelas

Oleh Ananda Vickry Pratama

Kondisi kelas yang bersih adalah dambaan semua siswa, karena kebersihan kelas dapat mempengaruhi mood belajar juga, lho. Kalau kelas kamu kotor, mana mungkin kamu bisa belajar dengan nyaman? Nanti kamu malah terdistraksi bau-bau nggak sedap, bahkan gampang kena penyakit. Hiiiih! *tutup hidung*

Padahal menciptakan kondisi kelas yang bersih, tuh, nggak sulit, kok. Kamu bisa memulainya dengan menerapkan tips-tips di bawah ini:

1. Buanglah sampah pada tempatnya

Aturan ini adalah aturan yang umum banget dicanangkan di berbagai lingkungan, termasuk di lingkungan sekolah. Lagian hal ini memang hal paling gampang, gampang, gampang (tuh, sampai disebut tiga kali!) yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kebersihan kelasmu.

Jadi kalau kamu menemukan sampah di kelas, entah itu sampah kamu atau bukan, buang, deh, pada tempatnya. Jangan cuek atau malah ikut-ikutan nyampah!

2. Bersihkan papan tulis saat pergantian jam pelajaran

Setiap kali kelas kamu berganti jam pelajaran, biasanya masih ada catatan pelajaran sebelumnya di papan tulis. Jika semua teman kamu sudah mencatat materi di papan tulis tersebut, hapuslah bekas catatan itu. Soalnya nggak nyaman, lho, melihat papan tulis yang penuh coretan pelajaran A, padahal di kelas kamu sudah berganti mata pelajaran ke pelajaran B.

3. Rapikan peralatan kelas seusai digunakan

Karena tergolong milik bersama, maka pakailah peralatan kelas kamu dengan baik, untuk meminimalisir terjadinya kerusakan. Sesudah digunakan, jangan lupa simpan dan rapikan peralatan kelas tersebut ke tempat semula.

Kalau bisa, sediakan juga tempat khusus untuk menaruh peralatan kelas, supaya kelasmu nggak berantakan. Kamu pasti nggak mau ‘kan, pas belajar ada kemoceng alias bulu ayam di atas meja? Wak waw.

4. Terapkan jadwal piket kelas yang efektif

Ajak teman-teman untuk menyempatkan diri membahas jadwal piket kelas kalian. Bahaslah sampai tuntas, gimana enaknya menerapkan jadwal piket kelas ini, dan apa saja hukuman bagi teman kamu yang ogah piket. Setelah itu, sepakati dan jalankan jadwal piket yang sudah kalian sepakati bersama.

Jika memungkinan, seksi kebersihan kelasmu harus turun mengontrol jadwal piket, untuk mencatat dan melaporkan siswa yang nggak mau piket ke wali kelas. Kalau bisa, terapkan juga denda bagi siswa yang nyampah, supaya dia kapok dan nggak jorok lagi.

5. Perhias dinding kelas

Manusia, tuh, doyan visual, apalagi yang indah dan menyegarkan. Karena itu, kamu bisa coba hiasi dinding kelasmu dengan berbagai ornamen—misalnya, kata-kata memotivasi dari tokoh terkenal—supaya otak lebih segar dan kamu nggak ngantuk saat belajar.

Tetapi menghias dindingnya jangan sampai berlebihan ya, gaes. Nanti takutnya kamu malah nggak fokus belajar!

6. Memberi hadiah kepada ‘si bersih’

Mengapresiasi kebaikan seseorang harus selalu dilakukan, termasuk di kelas. Jika ada temanmu yang peduli banget sama kebersihan kelas, nggak ada salahnya kalau kelasmu memberikan reward untuk ‘si bersih’ tersebut. Selain untuk menghargai inisiatifnya, reward tersebut juga bisa memotivasi teman-teman yang lain agar mau menjaga kebersihan kelas.

***

Tujuan pendidikan adalah membangun manusia yang berilmu dan berakhlak. Tetapi tujuannya nggak hanya itu, gaes. Pendidikan juga mesti membentuk manusia yang cinta kebersihan. Yuk, jaga kebersihan di kelas!

(sumber foto: nj.com, festsamachar.com, kiplinger.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 29 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1