Tips Psikologi Penting untuk Sehari-Hari - Mahasiswa Jurusan Psikologi Pasti Udah Pada Tahu, Nih!

Tahu nggak, sih, kalau ada hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi atau mengharapkan sikap / situasi tertentu dari seseorang? Menurut penelitian, manusia punya kebiasaan psikologi yang hampir sama dan bisa dibaca polanya. Contohnya, kalau ada seseorang yang bertepuk tangan dalam keramaian, maka orang lain akan ikut bertepuk tangan. Atau jika ada seseorang melihat ke arah tertentu, maka orang lain akan ikut melihat ke arah tersebut.

Nah, dirangkum dari berbagai sumber, berikut tips psikologi yang penting untuk sehari-hari. Kalau kamu praktekkan, ini bakal mempermudah hdup kamu, sob!

1. Kalau kamu sedang gugup atau bahkan stres ketika akan melakukan sesuatu, coba mengunyah permen karet atau memakan cemilan. Mengunyah bisa bikin aliran darah ke otak lebih lancar. Menurut penelitian, mengunyah juga bikin kamu lebih aware sama suatu hal.

2. Kalau ada seseorang yang lagi ngamuk-ngamuk sama kamu, kamu harus tetap tenang. Atur nada suara kamu untuk tetap lembut tapi tegas. Ini bakal bikin orang tersebut merasa malu dan akhirnya ikut merendahkan suaranya.

3. Kalau kamu lagi mencari tahu sebuah jawaban dari seseorang, dan orang tersebut jawabnya setengah-setengah, coba tatap matanya dan jangan menanggapi dulu. Biasanya, ketika kita berbuat hal tersebut, orang itu akan sadar bahwa jawaban yang diberikan nggak cukup dan dia bakal menjelaskan lebih detil. Cobalah melakukan kontak mata dengan orang yang lagi kamu ajak ngobrol. Ini bikin mereka merasa dihargai dan didengarkan.

4. Ekspresi adalah hal pertama untuk mengatur perasaan dan emosi. Jadi kalau kamu pengen menyembunyikan kesedihan, coba tersenyum selebar-lebarnya. Ini bakal bikin perasaan kamu lebih baik dan akhirnya beban kamu sedikit terangkat. FYI, ekspresi dan emosi menular, lho. Orang lain bakal merasa bersemangat kalau kamu juga semangat.

5. Jangan mengucapkan atau menulis, "Saya pikir” atau “Saya percaya”. Ini bakal bikin kamu terdengar kurang percaya diri. Langsung aja bilang tentang pendapat kamu secara jelas.

6. Kalau kamu dihadapkan pada situasi wawancara, coba bayangkan bahwa si pewawancara adalah teman lama  kamu. Dengan begitu kamu bakal lebih santai tapi tetap berusaha bikin “teman lama” kamu merasa nyaman.

7. Orang cenderung untuk setuju menerima bantuan yang lebih kecil kalau sebelumnya mereka menolak bantuan yang besar. Misalnya, dompet teman kamu hilang dan kamu mau menawari memberi ongkos pulang. Kemudian dia menolak. Coba tawarkan bantuan yang lebih kecil misalnya dengan membantunya mencari ulang dompet tersebut di kelas.

8. Kita selalu senang berada di dekat orang yang tahu dan yakin akan pilihannya. Karena itu, kurangi galau dan plin plan supaya kamu lebih banyak disukai orang lain. Tentunya, bukan berarti kamu harus memaksakan kehendak ya, gaes.

9. Kalau kamu bekerja di layanan pelanggan, coba deh taro cermin di belakang kamu. Efek ini bakal bikin pelanggan atau orang yang kamu ajak bicara untuk bersikap lebih baik. Mereka nggak mau terlihat menyebalkan pas lagi berinteraksi sama kamu.

10. Pas jalan pertama kali sama gebetan, coba ajak dia ke tempat yang asik dan nggak biasa. Misalnya, daripada nonton ke bioskop dan makan di restoran, mending kamu ajak kencan dengan olahraga, nonton konser musik atau melihat galeri seni. Kencan pertama bakal selalu diingat dan merefleksikan karakter kamu di mata gebetan.

(Sumber gambar: psychologyandi.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 1 bulan yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1