10 Langkah Sukses Kuliah Jarak Jauh di Masa Pandemi

Baik maba maupun mahasiswa lama akan memasuki semester baru. Nah, rencananya sepanjang semester ganjil 2020/2021 kita akan full kuliah jarak jauh. Inilah yang bisa kamu lakukan supaya semangat dan peforma kuliah tetap terjaga. Tetap cumlaude, meski dari rumah. Wosah!

1. Ketahui dulu kenapa kebijakan kuliah dari rumah diambil. Kalau kamu paham, pasti akan lebih terpacu untuk melaksanakannya. Seperti yang kamu ketahui, Indonesia dan dunia sedang menghadapi pandemi covid-19 dan sayangnya angka orang yang tertular di Indonesia terus meningkat.

Kuliah di rumah adalah salah satu bentuk antisipasi makin meluasnya virus ini. Terutama, untuk keselamatan kamu para mahasiswa.

2. Terapkan konsep bahwa di bangku kuliah kamu harus lebih proaktif. Bagus banget jika kamu sudah aktif dan kritis sejak sekolah. Dalam konteks menuntut ilmu di bangku kuliah, kamu harus lebih proaktif. Dosen dan kampus adalah perantara kamu untuk mendapatkan ilmu. Kamulah pemegang kendalinya.

Dalam perkuliahan, dosen belum tentu akan mengingatkan kamu untuk mengumpulkan tugas, apalagi buat rajin belajar. Kalau malas-malasan, ya risikonya adalah nilai jelek, nggak lulus mata kuliah, IP jeblok, hingga ancaman DO.

3. Ketahui plus minus kuliah jarak jauh. Ya, kuliah jarak jauh punya banyak sisi plus dan minus, dan tantangan yang dihadapi bisa berbeda pada tiap kampus dan tiap mahasiswa.

Secara umum, dengan kuliah jarak jauh, kamu nggak perlu makan waktu dan tenaga untuk bolak-balik kampus. Bahkan, untuk perantau, saat ini kamu bisa belajar dari kampung halaman.

Sebaliknya, kegiatan belajar mengajar jadi terbatas. Nggak bisa bebas bertemu dan berdiskusi dengan dosen dan kawan, walaupun masih bisa secara online. Praktik dalam perkuliahan pun jadi minim. Distraksi dan godaan mager saat di rumah juga besar.

Dengan tau tantangan plus kemudahannya, kamu akan lebih bisa mengatur strategi yang paling pas untukmi.

4. Ambil SKS & matkul banyak VS sedikit? Jawabannya bisa berbeda antarmahasiswa. Dengan kuliah jarak jauh harusnya sih, kamu punya lebih banyak waktu sehingga bisa ambil mata kuliah yang lebih banyak ketimbang kondisi normal. Namun, mungkin perkuliahan berjalan nggak maksimal, dengan nggak adanya praktik dan lain sebagainya.

Jika memungkinkan pilih mata kuliah yang paling nggak butuh banyak interaksi dan praktik. Trus, nggak usah terlalu ekstrim, ambil jauh lebih banyak atau jauh lebih sedikit SKS ketimbang biasanya. Ini supaya nggak terlalu kaget. Kurangi atau lebihkan SKS sesuai kemampuan dan jadwalmu.

5. Buat jadwal dan to-do list harian. Ini krusial banget karena….godaan mager gedeee banget. Jangan sampai semua materi dan tugas perkuliahan  numpuk. Trus, kamu baru panik pas deadline.

6. Perhatikan silabus tiap mata kuliah. Di silabus tersebut ada informasi:

a. Target atau tujuan dari mata kuliah.

b. Materi yang akan dipelajari tiap pertemuan,

c. Jadwal ujian,

d. Komposisi penilaian,

e. Buku, ebook, dan jurnal yang menunjang perkuliahan.

Memahami silabus akan membantu banget dalam menyusun jadwal dan strategi belajar.

7. Jadilah selangkah di depan. Sebelum memulai perkuliahan, baca baca dulu apa yang akan dipelajari di hari itu. Skimming, alias membaca secara cepat untuk mendapatkan gambaran poin utama. Manfaatnya, kamu nggak kuliah dalam keadaan “blank” melainkan sudah tau garis besar yang akan dipelajari. Hal ini membuat kamu lebih cepat memahami dan lebih tahu apa yang mesti ditanyakan/dilakukan saat kuliah berlangsung.

Membaca terlebih dahulu pelajaran yan akan diberikan di kelas merupakan salah satu trik yang dilakukan mahasiswa berprestasi. Selain itu, kebiasaan “selangkah di depan” ini juga bagus lho, diterapkan dalam dunia kerja.  

 8. Batasi kegiatan. Saat di rumah, akan ada banyak serial untuk diikuti, banyak game seru menanti, dan banyak juga kursus online yang bermanfaat. Kamu nggak bisa melakukan semua sambil kuliah. Mesti selektif memilah kegiatan dan membatasi diri. Jangan sampai kamu kecapekan gara gara maraton serial, main game, atau TikTokan sampai pagi. Akhirnya kuliah pun jadi nggak konsen.

9. Jaga makan dan gerakan. Intinya sih, jaga kesehatan, karena itu berkaitan erat dengan performa perkuliahanmu.

Yang paling berasa saat harus di rumah aja adalah pola makan, istirahat, dan olahraga. Biasanya sih, jadi kebanyakan nyemil, males gerak, dan sering begadang. So, perbaiki itu semua supaya tubuh makin fit, dan pikiran lebih fresh.

10. Hadapi kejenuhan. Karena sepanjang semester full belajar dari rumah, ada kemungkinan kamu akan mengalami masa-masa jenuh. Saat itu terjadi, kamu nggak bisa begitu aja berhenti dari rutinitas perkuliahan. Yang bisa dilakukan antara lain, mengurangi kesibukan. Mungkin, untuk sementara bisa lebih santai belajarnya. Beri waktu ekstra buat me time, istirahat, dan ganti suasana belajar. Trus, balik lagi gaspol kuliahnya.

(Sumber gambar: bongkarn thanyakij from Pexels)

 

   

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 18 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 28 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1