33 Jurusan Kuliah Unik Tapi Keren Part - 1

Sekitar 5-10 tahun lalu, kalau seorang calon mahasiswa ditanya mau kuliah apa, jawabannya paling seputar jurusan konvensial seperti Teknik, Ekonomi, Hukum, DKV, dan semacamnya.

Tentunya dengan bayangan setelah lulus, ia akan berkarir di profesi yang sesuai jurusan kuliahnya, sukses, kaya-raya, mati masuk surga. Kayak motto di stiker angkot, ya?

Tetapi dunia sudah banyak berubah, sehingga dinamika profesi pun ikut berubah. Di dunia kerja, ada banyaaak sekali pekerjaan baru yang mungkin kedengaran “aneh”, tetapi sebenarnya potensial dan berprospek cerah.

Tau dari mana potensial? Karena sampai ada jurusan kuliahnya!

Coba liat, deh, daftar jurusan kuliah “unik” yang ada di universitas-universitas Amerika Serikat dibawah ini.

Bagi kamu, jurusan-jurusan ini mungkin terdengar aneh, but be prepared, mungkin bakal semakin banyak jurusan nggak mainstream lainnya di masa depan!


1. Adventure Education (Pendidikan Petualangan)

Mempelajari cara mengajari anak-anak, dewasa dan orangtua cara melakukan petualangan yang menantang di alam bebas, agar tercipta perkembangan dan penemuan diri.

Ditawarkan di: Plymouth State University

Prospek karir: Bekerja di bidang outdoor education di tempat wisata alam, atau di perusahaan penyedia program outdoor/adventure .

2. Arctic Engineering (Teknik Wilayah Kutub)

Mempelajari desain, konstruksi dan cara beroperasi di daerah-daerah dingin di dunia, serta menghadapi berbagai tantangannya.

Ditawarkan di: University of Alaska Fairbanks

Prospek karir: Bekerja di industri swasta atau instansi perencanaan dan pengaturan pemerintah yang beroperasi di wilayah-wilayah dingin, seperti Kutub.

3. Astrobiology (Astrobiologi)

Mempelajari investigasi asal-usul dan evolusi awal kehidupan di bumi, juga eksplorasi kehidupan di luar planet bumi.

Ditawarkan di: University of Washington or Penn State

Prospek karir: Bekerja sebagai peneliti, ilmuwan atau dosen/akademisi

4. Auctioneering (Juru Lelang)

Mempelajari seluk beluk cara menjadi juru lelang, mulai dari mempelajari "yel-yel lelang", mendapatkan dan menilai barang-barang lelang, hingga cara melaksanakan lelang dari awal sampai akhir.

Ditawarkan di: Harrisburg Area Community College

Prospek karir: Menjadi seorang juru lelang

5. Bagpiping (Musik dan Bagpipe)

Mempelajari teknik alat musik bagpipe serta dasar-dasar musik secara komprehensif.

Ditawarkan di: Carnegie Mellon University

Prospek karir: Menjadi seorang bagpiper atau pengajar bagpipe.

6. Bakery Science (Ilmu Bakery)

Mempelajari segala aspek dalam industri baking alias industri pembuatan kue dan roti, mulai dari administrasi, penelitian, produksi, hingga cara mendapatkan posisi eksekutif di industri baking dan pastry.

Ditawarkan di: Kansas State University 

Prospek karir: Bekerja di bidang restoran, katering, hotel, industri produksi makanan, laboratorium percobaan, bakery skala besar maupun kecil.

7. Beatles, Popular Music and Society (Beatles, Popular Musik & Lingkungan)

Mempelajari dan melakukan penelitian terkait pengaruh musik The Beatles dalam pembangunan identitas sosial, pengaruh terhadap penonton, dan pengaruh terhadap etnis dan industri musik secara keseluruhan.

Ditawarkan di: Liverpool Hope University (UK)

Prospek karir: Menjadi spesialis dalam bidang ilmu musik populer, sejarawan The Beatles

8. Bowling Industry Management and Technology

Mempelajari industri bowling secara menyeluruh.

Ditawarkan di: Vincennes University

Prospek karir: Bekerja di posisi entry level dalam industri bowling di kantor pusat, misalnya di departemen penjualan, pemasaran, dan departemen teknis bowling.

9. Citrus (Ilmu Jeruk)

Mempelajari teknik penanaman, pengairan, pengelolaan, pemangkasan, pupuk, identifikasi serta manajemen hama untuk pohon jeruk. Jurusan ini juga mempelajari banyak aspek lain dari manajemen perkebunan pohon jeruk.

Ditawarkan di: Florida Southern College 

Prospek karir: Bekerja di perusahaan produksi jeruk skala besar, koperasi pertanian, pabrik pengolahan jus, perusahaan pupuk dan agrichemical, pusat penelitian jeruk.

10. Chemical Hygiene (Kesehatan Kimia)

Mempelajari keahlian dan mengembangkan keterampilan di bidang laboratorium untuk menjadi tenaga profesional di bidang kesehatan kimia (chemical hygiene).

Ditawarkan di: West Virginia Wesleyan College 

Prospek karir: Mengoperasikan laboratorium sains; bekerja sebagai petugas kebersihan kimia di laboratorium.

11. Comic Art

Mempelajari cara menguasai dan mengembangkan seni garis, warna, komposisi, pengembangan karakter, storyboard, dan plot untuk menciptakan karya komik yang kompleks namun menarik untuk pembaca.

Ditawarkan di: Minneapolis College of Art and Design

Prospek karir:  Menjadi comic artist di studio komik, kartunis, ilustrator, komikiu; membuat production house buku komik.

12. Diving Business and Technology (Bisnis dan Teknologi Selam)

Mempelajari manajemen bisnis diving serta ilmu-ilmu yang berhubungan dengan olahraga diving, seperti fisiologi untuk para diver, pertolongan pertama untuk cedera-cedera akibat tekanan air, rekompresi ruang, perencanaan selam dengan gas campuran, dan fotografi bawah air.

Ditawarkan di: Florida Keys Community College 

Prospek karir: Bekerja sebagai divemaster, intruktur scuba diving, instruktur selam, penyelam komersil, research diver, photojournalist bawah air.

13. Egyptology (Ilmu Budaya Mesir)

Mempelajari dan meneliti sejarah, bahasa, dan budaya Mesir kuno, Mesopotamia serta daerah sekitarnya pada era sekitar 3400 SM-100 M. Jurusan ini juga mempelajari ilmu-ilmu penting dari kebudayaan Mesir dan Mesopotamia, dengan menggunakan alat-alat arkeologi, epigrafi, dan teknik penyelidikan sejarah.

Ditawarkan di: Brown University 

Prospek karir: Bekerja sebagai egyptologist, sejarawan, arkeologis

14. Entertainment Engineering and Design (Desain dan Teknik Hiburan)

Mempelajari praktek teater tradisional, tuntutan artistik industri hiburan, berbagai prinsip dan teknik rekayasa untuk dunia hiburan, juga mendalami penelitian dan pengembangan teknologi serta material-material baru untuk pertunjukkan.

Ditawarkan di: University of Nevada, Las Vegas 

Prospek karir: Bekerja sebagai insinyur di bidang industri hiburan seperti teater, kabaret, sirkus, kasino, dan lain sebagainya.

15. Exercise and Movement Sciences (Ilmu gerakan kesehatan dan Kebugaran)

Mempelajari teori dan penerapan ilmu gerakan dalam kesehatan, kebugaran dan pencegahan penyakit untuk berbagai tipe manusia.

Ditawarkan di: University of Vermont 

Prospek karir: Bekerja di industri kesehatan dan kebugaran, program kesehatan perusahaan, laboratorium penelitian, program olahraga adaptif dan organisasi masyarakat.

16. Family Enterprise (Ilmu bisnis keluarga)

Mempelajari sistem dalam keluarga untuk kepentingan bisnis, bagaimana cara memanfaatkan keterlibatan keluarga sebagai strategic advantage serta bagaimana berkonsultasi dengan perusahaan keluarga.

Ditawarkan di: Stetson University 

Prospek karir: Menjalankan atau berkarir di bisnis keluarga; bekerja sebagai enterpreneur, business coach, konsultan profesional.

Seru banget nggak, sih? Tunggu jurusan-jurusan yang lebih seru di part 2!

(Sumber foto: mrwallpaper, constantcontract, astrobiology, freetoliveok, cdn,  timeinc, wowcher, padi)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Deni Y | 1 hari yang lalu

apakah saya bisa berkontak dengan Pak Dimas

Profesiku: Kurator Musik, Dimas Ario
miaaa | 4 hari yang lalu

Assalamualaikum minn Saya baru masuk Smt 3 nih min saya mau ambil 24 SKS masing² 2 SKS per matkul Saya berencana memadatkan jadwal saya hanya Senin-Kamis aja Jadi dalam shari ada 4 matkul Apa itu wort it atau bagaimana Saran dong min

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
mustika | 5 hari yang lalu

Open pp/endorse : Klik Link Ig : https://www.instagram.com/naaan_n_n_/ cek ig : naaan_n_n_

Serba-Serbi dan Cara Seputar Meng-Endorse dan di-Endorse di Media Sosial
Gina Ajeng | 5 hari yang lalu

Kalo aku maba dr kampus sdh otimatis

SKS dan KRS Itu Apa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1