Hal-Hal yang Bisa Dilakukan Ketika #DiRumahAja

Penyebaran Covid-19 atau yang lebih dikenal virus Corona beberapa hari belakangan ini kian masif saja, ya, gaes. Dengan kondisi tersebut, Presiden Jokowi akhirnya mengeluarkan perintah untuk mengurangi segala aktivitas di ruang publik atau yang melibatkan banyak orang—seperti kerja, kuliah, dan lain-lain.

Anyway, seperti yang sudah singgung sebelumnya, mulai hari Senin kemarin sudah banyak kegiatan kampus yang ikut diliburkan dan perkuliahan diganti via online. Tiap kampus bahkan beda-beda, ada yang memberlakukan libur selama dua minggu, bahkan ada yang lebih atau sampai batas waktu yang nggak ditentukan.

Well, meski libur, sebenarnya kamu masih bisa melakukan banyak hal positif dan bermanfaat, sih, gaes, karena dua minggu bukan waktu yang sebentar. Nah, kalau kamu adalah tipe mahasiswa yang kalau libur malah bingung mau ngapain, hal-hal di bawah berikut ini tentunya bisa banget buat kamu lakuin. Jadi, nggak bakalan ada, tuh, istilah wasting time.

1. Membaca buku

Yap! Kegiatan positif pertama yang wajib dan sering dilakukan mahsiswa selama libur kuliah adalah dengan membaca buku. Kalau biasanya kuliah pagi sampai sore membuatmu susah punya waktu untuk baca buku, momen kali ini kamu bisa memanfaatkan untuk membaca buku-buku yang sudah lama pengen banget kamu baca. Bisa buku novel, fiksi, biografi, buku kuliah juga bisa, kok. Ya, semoga saja setelah ini kamu jadi makin kebiasaan buat baca buku, deh.

2. Kerjakan tugas kuliah yang menumpuk

Eits, jangan seneng dulu, gaes! Libur kuliah karena virus Corona bukan berarti pembelajaran perkuliahan sepenuhnya nggak ada lho. Tapi, kebanyakan kampus mulai menerapkan perkuliahan online atau dosen-dosen bakal ngasih tugas ke mahasiswanya.

Karena itulah, waktu libur selama dua minggu ini tentunya wajib kamu alokasikan untuk fokus mengerjakan PR kuliah dengan lebih baik. Meskipun nggak beraktivitas di kampus, tetap utamakan buat menyelesaikan setiap tugas perkuliahan yang kamu punya, ya.

3. Merangkum materi kuliah

Kalau tugas-tugas sudah selesai dan kamu masih punya banyak waktu luang, jangan lupa buat perbanyak atau mendalami materi kuliah. Langkah yang bisa kamu lakukan salah satunya adalah dengan membuat buku catatan khusus yang berisikan rangkuman materi kuliah—yang kamu pelajari selama liburan ini. Hal ini bakal bermanfaat banget pas nanti kamu sudah aktif ke kampus lagi. Jadi, kamu nggak akan terlalu keteteran buat ngejar materi yang tertinggal.

4. Membuat daftar agenda yang akan dilakukan setelah kembali aktif kuliah

Karena banyak kegiatanmu yang akhirnya tertunda karena virus Corona. It means, kamu harus melunasi setiap utang kegiatan tersebut setelah aktivitas kembali normal bukan?

That’s why, ada baiknya selama liburan ini kamu fokus menyusun hal apa saja yang harus kamu lakukan usai liburan nanti. List mulai dari kegiatan yang harus didahulukan terlebih dahulu dan nggak bisa ditunda lagi, misalnya bimbingan dengan dosen, dan lain sebagainya.

5. Membersihkan kamar atau kost-an

Kalau biasanya kamu jarang mengurus kamarmu karena sibuk dengan jadwal kuliah yang padat, tugas kuliah yang menumpuk, rapat organisasi atau komunitas, dan lain-lain. Nah, ini saatnya buat kamu untuk lebih memperhatikan kebersihan kamarmu.

Hal yang bisa kamu lakukan adalah mulai dari merapikan berkas-berkas kuliah yang ada di rak bukumu, susun ulang mana yang masih bisa terpakai dan mana yang sampah. Atau bisa juga membongkar lemarimu dan merapikan baju-baju mana saja yang masih layak dan nggak, kemudian dirapikan kemudian. Selain kamarmu jadi rapih, kamarmu juga jadi lebih sehat dan aman dari virus atau bakteri.

6. Saatnya istirahatkan tubuhmu dan nikmati waktu me time

Setelah melakukan kegiatan-kegiatan di atas, jangan lupa juga buat memperhatikan tubuhmu, ya, gaes. Selama dua minggu ini kamu bisa manfaatkan untuk banyak beristirahat dan mengerjakan hal-hal yang menyenangkan, seperti hobi.

Kalau dihitung-hitung ini bisa jadi cara untuk menebus utangmu yang sering kali mengesampingkan kesehatanmu demi kesibukan kuliah. Apalagi virus Covid-19 ini menyebar begitu masif—yang artinya kamu wajib menjaga kesehatan biar kebal dari virus dengan banyak beristirahat dan banyak mengonsumsi makanan sehat.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: parenttoolkit.com, unsplash.com, egyptianstreets.com raisingchildren.net.au, mediabro.id, australiascience.tv) 

 

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 5 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1