Jurusan Kuliah "Hybrid": Pilihan Program Studi Interdisipliner

Apakah kamu tertarik buat menekuni 2 bidang studi yang berbeda. Mungkin jurusan hybrid alias program studi interdisipliner adalah pilihan tepat untukmu.

Sekarang ini program studi perkuliahan semakin berkembang dan beragam. Termasuk jurusan baru yang merupakan “perkawinan” antara 2 bidang (atau lebih) yang berbeda. Yup, jurusan hybrid adalah suatu program studi yang merupakan gabungan antara dua bidang ilmu (atau lebih). Jurusan interdisipliner ini muncul karena perkembangan industri yang makin maju, kompleks, dan canggih.

Nah, pilihan jurusan "hybrid" berikut ini menarik dan bisa jadi sesuai dengan kamu.

Fashion Business

Gabungan antara: bidang fashion dan ekonomi bisnis

Inilah salah satu jurusan yang hip seiring dengan perkembangan industri fashion dunia dan tanah air. Jurusan ini cocok buat kamu yang minat banget bekerja di industri fashion, tapi nggak terlalu bakat gambar atau desain. Di sisi lain kamu punya jiwa entrepreneurship dan pengen memperdalam ilmu bisnis.

Serunya, kalau mengambil jurusan kuliah fashion design kamu juga akan belajar dasar-dasar fashion dan desain serta pengetahuan fashion. Kamu juga akan mendalami soal tren dan pastinya ilmu ekonomi dan bisnis. Salah satu contoh tugas akhirnya adalah merancang dan meluncurkan lini fashion baru untuk sebuah brand. Proyek tersebut akan dipresentasikan di depan profesional di industri fashion. Wih!

Neorolinguistik

Gabungan antara: Linguistik dan kesehatan

Studi ini merupakan perpaduan ilmu yang mempelajari bahasa dengan ilmu medis, khususnya syaraf. Ahli neorolinguistik bisa membantu terapi wicara pasien stroke. Di sebagian kampus Neorolinguistik merupakan program master (S2), tapi ada juga yang menjadikan Neorolinguistik sebagai mata kuliah program studi Linguistik/Ilmu Bahasa.

Marketing Komunikasi

Gabungan antara: bidang komunikasi dan pemasaran

Saat ini, divisi Marketing Komunikasi sudah lazim di berbagai perusahaan. Program studi ini merupakan gabungan antara  fungsi komunikasi dan pemasaran. Soalnya, keduanya memang sangat berkaitan. Untuk bisa melakukan pemasaran, dibutuhkan komunikasi yang baik, kan? Sebaliknya, program komunikasi, branding, dan semacamnya (secara langsung ataupun nggak langsung), diharapkan berpengaruh positif bagi penjualan.

Biasanya program studi markom ada di fakultas atau departemen Komunikasi. Yang dipelajari adalah studi komunikasi dengan tujuan pemasaran. Jadi belajar juga tuh, ilmu ekonomi besarta hitung-hitungannya. Di beberapa kampus, prodi Marketing Komunikasi ada di jenjang S2, namun ada juga yang menawarkan program S1.

Biomedical Engineering

Gabungan antara: Teknik dan kesehatan

Salah satu jurusan kuliah baru yang sejalan dengan perkembangan teknologi dan ilmu kesehatan adalah Biomedical Engineering. Mahasiswa di jurusan ini belajar mengenai teknik pembuatan alat yang mendukung bidang kesehatan, seperti alat untuk terapi, diagnosa, maupun eksperimen. Jika menekuni prodi ini pastinya kamu akan dibekali ilmu medis, pengetahuan bidang biologi serta keahlian teknik.   

Performing Arts Communication

Gabungan antara: Komunikasi dan seni

Di jurusan ini kamu akan mempelajari seni pertunjukkan, seperti teater, tari, dan tarik suara. Nah, yang inti studinya bukan seni murni, melainkan bagaimana mengkomunikasikan seni tersebut. Jadi, mahasiswanya mempelajari bagaimana mengkonsep dan mengeksekusi sebuah pertunjukkan seni.

Mata kuliahnya antara lain Penyutradaraan, Manajemen dan Perancangan Produksi, Dramatologi, Penulisan Kreatif, dan lain sebagainya.

Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian

Gabungan antara: Pertanian dan komunikasi

Jurusan ini termasuk jurusan bidang pertanian namun dengan pendekatan komunikasi. Tujuan jurusan ini adalah agar lulusannya dapat mengkomunikasikan program dan kampanye pertanian ke pihak-pihak terkait. Seperti pada petani, masyarakat di komunitas pertanian, atau pemilik lahan. Sebagai negara agraris, Indonesia butuh banget tenaga penyuluh lulusan program studi ini.

Aktuaria

Gabungan antara: Matematika, akuntansi dan administrasi

Karena mempelajari risiko keuangan di masa depan, maka jurusan ini banyak mempelajari soal hitung-hitungan dan juga ilmu ekonomi serta administrasi. Ada yang menjadikan Aktuaria sebagai salah satu konsentrasi di prodi Matematika, ada juga yang menjadikannya bagian dari jurusan Akuntansi atau Administrasi. Kini, prodi Aktuaria mulai berdiri sendiri, soalnya profesi aktuaris sangat dicari dan masih langka di Indonesia.

Manajemen Perhotelan

Gabungan antara: Pariwisata dan perhotelan dengan manajemen

Program studi Manajemen Perhotelan mempelajari keterampilan dan ilmu perhotelan khususnya dalam perencanaan, memproduksi, serta pengawasan pengelolaan jasa penginapan atau akomodasi, tata boga, jasa boga, dan jasa lainnya dalam bidang perhotelan.

(sumber gambar: fastweb.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 23 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1