Program Studi Ekonomi Islam dengan Prospek Kerja Terbaik Beserta Pilihan Kampusnya

Sistem Ekonomi Islam atau juga dikenal dengan nama Ekonomi Syariah di Indonesia sedang booming saat ini, gaes. Kenaikan tren ini disertai dengan banyak bermunculannya lembaga keuangan yang berbasis Syariah.

Mengingat Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya adalah muslim. Semakin banyak pula masyarakat yang sadar dan mulai beralih ke perbankan syariah untuk menghindari sistem riba dan berbagai aktivitas ekonomi yang nggak sesuai dengan syariat Islam. That’s why, pengetahuan Ekonomi Islam atau Ekonomi Syariah menjadi salah satu kebutuhan di masa sekarang ini.

Dalam rangka mendukung pengembangan ekonomi Islam di Indonesia, maka perguruan tinggi juga turut berperan dengan membukanya program studi baru, yaitu Ekonomi Islam. Nah, kalau kamu tertarik memperdalami program studi ini. Simak serba-serbi program studi Ekonomi Islam (Ekonomi Syariah) yang harus kamu ketahui berikut ini.

Apa saja yang dipelajari di program studi Ekonomi Islam?

Sama halnya dengan program studi Ekonomi, di program studi Ekonomi Islam, kamu juga akan mempelajari ilmu dan teori ekonomi mikro dan ekonomi makro, cara mengelola sumber daya (alam, manusia, modal, dan waktu) yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tak terbatas, dan mencapai kesejahteraan. Namun, di progam studi ini, kamu akan mempelajari itu semua dari perspektif islam, gaes.

Perspektif islam yang dimaksud disini adalah segala aspek dalam kegiatan perekonomian seperti jual-beli, sewa-menyewa, hutang-piutang, simpan-pinjam, dan bagi hasil telah diatur dalam ajaran Islam.

Trus, mata kuliah di program studi Ekonomi Islam itu apa saja?

Kamu akan mempelajari kebijakan ekonomi, keuangan, dan bisnis dalam Islam, serta bagaimana pengelolaan lembaga keuangan syariah. Sebagai gambarannya, nih, Youthmanual akan kasih beberapa mata kuliah di program studi Ekonomi Islam di bawah ini.

  1. Metode Statistika
  2. Filosofi Ekonomi Syariah
  3. Prinsip Dasar Hukum Islam
  4. Akuntansi Syariah
  5. Makroekonomi Syariah
  6. Mikroekonomi Syariah
  7. Manajemen Produk Halal
  8. Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam
  9. Fiqh Muamalah
  10. Ushul Fiqh
  11. Ekonometrika Terapan
  12. Ekonomi Moneter Islam
  13. Ekonomi Pembangunan Islam
  14. Ekonomi Zakat
  15. Infaq
  16. Shadaqoh dan Wakaf

Prospek kerja program studi Ekonomi Islam

Lulusan Ekonomi Islam bisa berkarir di berbagai lembaga keuangan—baik lembaga keuangan bank, maupun lembaga keuangan bukan bank, baik berbasis syariah maupun non-syariah. Lulusan program studi ini juga dipersiapkan untuk menjadi seorang ahli ekonomi atau ekonom yang memiliki ilmu ekonomi syariah.

Untuk mengetahui lebih jelas profesi apa saja yang bisa kamu coba di program studi ini, kamu bisa baca di sini, ya.

Pilihan kampus dengan program studi Ekonomi Islam

Sehubungan dengan berkembangnya sistem ekonomi syariah baik di Indonesia maupun di dunia, permintaan terhadap tenaga-tenaga ahli di bidang Ekonomi Syariah pun semakin tinggi. Akibatnya beberapa perguruan tinggi mulai membuka program studi ini dalam beberapa tahun terakhir. Berikut daftar perguruan tingginya.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: saraycon.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Tiara Windi | 22 hari yang lalu

Karena merasa gk nyaman aja gitu tmn2 yg lain kok pada enak2 aja aku kok gk enak gitu Krn bidang kerjaan mereka cuma duduk aku berdiri teruss

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Tiara Windi | 22 hari yang lalu

Kak saya ingin pindah magang

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Akun Tum | 27 hari yang lalu

Hi min bagaimana kalau semester 5 ini gua punya maksimal 24 sks dan sks yg dapat ku ambil cuman 23, nah bagaimana itu klau ada mk wajib 1 yg 3 sks nya saya buang dan menggantikan dengan mk pilihan 2 yang 2 sks-2 sks, untuk mempas kan sks 24.. Menurut mimin bagaimana baiknya

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
Indriani | 1 bulan yang lalu

min masa cuti saya sudah selesai terus sya lanjut kuliah lgi tpi pas penawaran batas SKS yang saya ambil cmn 16 SKS pdhl sy ingat IPK sebelum cuti saya 3.20 hrusanya kn 24 SKS kn bantu jawab min sya smpe gk bisa tdr gara2 mikirin ini

Cuti Kuliah: Ketentuan dan Serba-Serbinya
Deni Y | 1 bulan yang lalu

apakah saya bisa berkontak dengan Pak Dimas

Profesiku: Kurator Musik, Dimas Ario
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1