Bekerja pada Bagian Network Operation Center: Menarik, Nggak, Sih?

Buat kamu yang saat ini sedang berkuliah di program studi teknik informatika, teknik komputer dan program studi lainnya yang berhubungan dengan komputer, kamu wajib banget, nih, baca artikel yang satu ini!

Kalau kamu bingung setelah lulus nanti mau bekerja apa, ada nih, salah satu profesi yang bisa kamu telusuri lebih lanjut! Mumpung ada teman kita yang bernama Arda, yang bekerja sebagai senior officer di salah satu perusahaan penyedia layanan internet di Jakarta, yuk, kita tanya-tanya seputar profesinya!

Halo Arda! Kamu kerja dimana dan sebagai apa, sih?

"Halo! Saat ini aku bekerja di salah satu perusahaan penyedia layanan internet di Jakarta. Aku bekerja disini sebagai Senior Officer bagian Network Operation Center atau yang biasa disingkat dengan NOC."

Wah, keren, ya! Emang kalau kerja di bagian Network Operation Center, job description-nya apa, sih?

"Yang jelas, sih, job description dipekerjaanku masih berhubungan dengan komputer dan jaringan. Selain itu, karena ranah pekerjaanku masih dibidang operation, jadi aku nggak hanya berhubungan dengan komputer dan jaringan saja, melainkan juga dengan customer."

"Nah, disini, aku punya tanggungjawab untuk terima pertanyaan atau inquiry dari customer yang telepon atau email ke bagianku karena adanya masalah pada jaringan atau perangkat-perangkat yang mereka gunakan. Selain itu, aku juga bertanggungjawab untuk memonitoring link network dari customer mulai dari internet, MPLS, VPLS dan sebagainya. Bingung, ya, sama hal-hal yang disebutkan di atas?"

"Kalau masih bingung, aku jelaskan satu-satu, ya. Sebelum masuk ke service email, aku jelasin dulu, ya, kalau email yang digunakan disini skalanya udah se-enterprise atau se-perusahaan.  Email disini berfungsi untuk menghubungkan perusahaan apabila ingin berkomunikasi internal atau berkomunikasi dengan perusahaan lain melalui internet. Kurang lebih, fungsinya sama dengan email yang biasa kita gunakan, hanya saja, format atau domainnya yang berbeda. Biasanya kalo email pribadi formatnya seperti yang biasa kita gunakan, nah, kalau email kantor, biasanya berformat “[email protected]”.  

Selain itu ada juga service yang disebut MPLS. MPLS ini digunakan untuk menghubungkan seluruh karyawan kantor suatu perusahaan dengan cabang-cabangnya. Jadi, kalau ada kata "service MPLS" maupun “service email”, berarti aku bertanggungjawab dalam memonitoring dan memberikan solusi jika terjadi permasalahan pada service customer. Lalu, apa yang dimonitoring? Tentunya, MPLS dan email, dong."

"Selain itu, aku juga bertanggungjawab atas perangkat keras yang disewa oleh customer. Jika para customer nggak terhubung ke network, maka, aku bertanggungjawab untuk menghadirkan orang-orang tertentu dari bagianku untuk mengecek atau mengganti perangkat keras yang ada di customer. Jika, ada perangkat keras yang harus diganti, para orang-orang yang datang ke customer pun wajib melakukan konfigurasi perangkat keras agar terhubung ke network, ya."

Memangnya, apa alasan kamu memilih bekerja sebagai senior officer di bagian Network Operation Center?

"Hmm... dulu sebenarnya aku pernah bekerja di salah satu perusahaan dan mengambil pekerjaan di bagian sales. Setelah beberapa lama bekerja di perusahaan tersebut, aku melihat kalau kesempatan jejang karir di perusahaan tersebut nggak terbuka. Selain itu, pekerjaanku yang dulu memang nggak sesuai dengan program studi kuliahku dulu, jadi, aku memutuskan untuk resign."

"Aku pun memutuskan untuk mencari pekerjaan lain yang sesuai dengan program studi saat kuliah. Akhirnya, aku melamar dan menjadi bagian di perusahaan yang sekarang. Menurutku, jenjang karir di perusahaan yang sekarang sedang aku jalani pun cukup terbuka, maka dari itu, aku memilih untuk bekerja di perusahaan ini, hehe."

Kemampuan yang harus dimiliki untuk bekerja di bagian Network Operation Center, tuh, apa saja, sih?

"Kalau kamu ingin bekerja di bagian Network Operation Center, hal yang harus kamu kuasai yaitu jaringan. Dulu, aku kuliah di Program Studi Teknik Informatika, meskipun aku fokus belajar tentang programming, namun, ilmuku masih bisa teraplikasikan di pekerjaan ini. Meskipun aku fokus pada programming, tapi, program studiku tetap mengajarkan tentang ilmu jaringan dasar, kok."

"Lagi pula, jaman sekarang networking dan programming sudah sering dikolaborasikan, lho. Jadi, kalau kamu mampu programming, kamu bisa mengolaborasikan ilmu programming-mu dan ilmu jaringan. Trend IT pada saat ini yang membutuhkan kedua ilmu tersebut ialah network programming."

Bagaimana suka dan dukamu bekerja di bagian Network Operation Center?

"Wah, untuk bagian sukanya, kan, Network Operation Center kerjanya lebih memonitoring network, jadi kita punya ruangannya sendiri. Kalau udah punya ruangan sendiri, jadinya suka bebas gitu kalau ngobrol dan becanda. Kita juga kerjanya suka shifting, jadi rasa kekeluargaannya lebih berasa. Selain itu, karena kita sering koordinasi dengan customer dengan berbagai permasalahan network dan perangkat kerasnya, jadi, kita sering belajar hal-hal yang baru lagi."

"Kalau dukanya, yang namanya terima komplain, nggak ada yang enak, hehe. Apalagi kalau gangguan network datang bersamaan, jadi ribet, deh, ngurusinnya. Disini, para senior officer harus bisa bagi tugas, agar semua kendala dapat diselesaikan."

Tips untuk teman-teman yang mau bekerja menjadi senior officer di bagian Network Operation Center?

"Kalau kamu bekerja di bagian Network Operation Center, kamu jangan capek dan bosan kalau ditelponin atau diemailin melulu sama customer, ya. Hehe. Mau bagaimana pun, telpon dan email dari customer merupakan instruksi kita bekerja. Kalau nggak ada email atau telpon dari customer, lalu, apa yang harus dikerjakan, dong?"

"Selain itu, karena pekerjaan ini selalu berhubungan dengan issue network atau perangkat keras dari banyak customer, kamu pun harus kuat begadang. Pekerjaan kita merupakan pekerjaan yang nggak bisa ditinggal-tinggal meskipun pada hari libur atau malam hari."

"Kamu juga perlu banget memonitoring network dari para customer. Karena customer kita kebanyakan ialah perusahaan-perusahaan, maka, jangan sampai network customer down, ya. Network customer yang down dapat menyebabkan kegiatan operasional dari customer terhenti. Bisa dibayangkan, betapa kacaunya perusahaan tersebut? Maka dari itu, kita tetap bekerja walaupun di malam hari dan hari libur. Tetapi, tenang, ya, kamu nggak akan kerja tiap hari, kok. Untuk pemula biasanya akan dilakukan shifting jadwal dengan senior, sehingga, kamu nggak perlu khawatir jika ada kasus-kasus yang nggak kamu mengerti. Para senior pasti akan mengajarimu untuk memecahkan masalah tersebut."

***

Nah, dari penuturan Arda tentang profesinya sebagai senior officer bagian Network Operation Center, bagaimana, nih, gaes, menurutmu? Menarik, nggak, sih, bekerja bekerja sebagai senior officer bagian Network Operation Center?

Baca juga:

(Sumber gambar: dynamixsolutions.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 1 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1