Ini Dia Sejarah dan Fakta-Fakta Singkat Tentang Selfie

Selfie budaya anak zaman sekarang? Situ yakin? Hobi mendokumentasi wajah sendiri sebenarnya sudah ngetren sejak abad ke-19, lho!

Simak deh, sejarah perkembangan selfie di sini:

selfie

Sejak zaman dahulu, orang sudah hobi mendokumentasikan diri mereka melalui lukisan. Zaman sekarang, kamu bisa mendokumentasikan wajah kamu dengan berbagai fitur filter dan aplikasi editing, supaya wajah kelihatan kinclong. Nah, kalau dulu, mungkin si subjek lukisan "titip pesan" ke sang pelukis supaya lukisan wajahnya dibuat agak lebih indah dari aslinya, hihihi.

Sekitar tahun 1930-an, mulai muncul kamera klasik polaroid (kamera instan) yang ngehits, terutama di tahun 70-an. Cara penggunaannya juga mudah. Kamu tinggal jepret, trus lembarang foto langsung keluar dari kameranya. Setelah itu, teknologi kamera makin berkembang, dan muncul lah disposable camera, yaitu kamera yang memakai prinsip "horang kayah", karena setelah sekali pakai, langsung dibuang! Beneran begitu, lho, hehehe.

Nah, kamera-kamera tersebut nggak punya screen untuk melihat hasil foto. Fotonya juga nggak bisa dihapus atau diulang. It makes do or die selfie. Hasilnya bisa bagus, atau buruk banget.

selfie

Penggemar foto diri  makin happy ketika muncul hape yang dilengkapi kamera, sekitar tahun 2000. Sharp dan Nokia adalah dua brand ponsel yang paling awal memproduksi serta memasarkan hape kamera.

Meskipun begitu, resolusi kamera hape pada masa tersebut masih super minimalis. Wajah hasil jepreran fotonya malah jadi seperti dikasih efek blur. Namun teknologi kamera pada gadget  terus berinovasi, hingga secanggih sekarang. Apalagi dengan adanya media sosial sekarang ini, yang berfungsi sebagai album foto sekaligus ajang pameran foto, orang-orang jadi makin rajin selfie, deh!

Macam-Macam Gaya Selfie

Sejauh ini, ada banyak gaya selfie yang akhirnya menjadi worldwide trend. Mungkin salah satunya adalah favorit kamu?

selfie

1. Selfie saat tidur. Inilah selfie paling canggih, karena dilakukan saat diri sendiri sedang tidur. Waaaw, gimana caranya, tuh...

2. Selfie saat matahari terbenam. Ternyata, wajah saat remang-remang (atau saat gelap sekalian) memang lebih menarik.

3. Banyak banget orang yang suka pose selfie manyun a la bebek. Mungkin prinsipnya adalah, "Manyun aja gue udah cakep, apalagi kalau senyum!" #pedeitupenting.

4. Muscle-man selfie untuk yang doyan nge-gym.

5. Nggak tau kenapa, banyak banget orang yang suka berfoto di ruang ganti. Mungkin karena lighting-nya oke dan ada kaca yang besar, ya?

selfie

6. Selfie nggak hanya boleh dilakukan saat kamu lagi kece dan happy. Pas badan kurang fit pun, silahkan aja, lho, kalau mau selfie trus di-upload di medsos. Biar banyak yang doain cepet sembuh, sob!

7. Selfie sambil nyetir, walaupun ini bahaya. Mungkin karena sekarang ini, macet di mana-mana. Daripada bosan, foto-foto aja, deh!

8. Mirror selfie. Pasti semua orang pernah melakukan selfie di depan cermin ini. Betul, nggak?

9. Selfie hamil, bagi kakak-kakak, tante-tante, dan ibu-ibu yang lagi hamil.

10. Selfie makanan, ritual wajib tiap sebelum makan.

11. No makeup picture.

12. Selfie dengan pose-pose standar Instagram. Kayak gimana, tuh? Cek di sini.

*Infografis: webdesignerdepot.com/marketo

(sumber gambar: freepik.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 13 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1