Menu

5 Kemampuan yang Harus Kamu Miliki untuk Bekerja di Ranah Media Sosial

Jaman sekarang, masyarakat nggak terlepas dari media sosial. Ketika kamu ingin mencari berita terkini, sekarang, kamu nggak perlu beli koran untuk mengetahui berita tersebut. Kamu cukup membuka media sosialmu, lalu, kamu dapat mencari akun-akun terpercaya yang menyediakan berbagai berita.

Nggak hanya berita saja, nih, gaes, kamu yang ingin belajar masak atau melakukan suatu kerajinan tangan, kamu nggak perlu lagi beli buku resep masakan atau pun membeli buku untuk kerajinan tangan. Sekarang sudah banyak akun-akun di media sosial yang dapat mengajarimu cara berbagai resep masakan ataupun kerajinan tangan yang menarik.

Mau jualan di media sosial? Bisa banget! Dulu ketika kamu jualan di media sosial, mungkin banyak dari orang-orang yang nggak percaya denganmu karena kamu nggak memiliki toko ataupun barangnya. Sang pembeli harus memberikan uang terlebih dahulu baru kamu akan mengirimkan barang tersebut. Hal seperti ini, dahulu, sangatlah riskan atas penipuan. Tetapi sekarang, dengan mudahnya kamu menemukan berbagai online shop di berbagai media sosial. Pembeli pun pada saat ini nggak memiliki rasa curiga yang berlebih ketika membeli sesuatu barang melalui media sosial.

Kalau kamu sadari, media sosial ini merupakan suatu hal baru yang berkembang sangat cepat dan sangat diterima oleh masyarakat. Bahkan, saking diterimanya oleh masyarakat dan saking berkembangnya, peluang kerja pada ranah media sosial pun mulai bermunculan. Kamu bisa bekerja menjadi seorang Youtuber, Blogger, jualan online, admin media sosial dan sebagainya.

Nah, karena banyaknya pekerjaan pada ranah media sosial mulai bermunculan, hal ini merupakan suatu peluang yang baru. Kalau kamu ingin memanfaatkan peluang ini, kamu pun harus memiliki kemampuan yang memadai. Wah, kemampuan apa saja, ya, yang wajib kamu miliki jika kamu ingin bekerja pada ranah media sosial?

1. Kemampuan editing video

Kalau kamu nggak ingin menjadi seorang Youtuber, tetapi kamu ingin bekerja pada bidang media sosial terutama Youtube, kamu bisa banget, nih, bekerja menjadi seorang video editor. Nah, kalau kamu ingin menjadi seorang video editor, kamu wajib banget, nih, untuk memiliki kemampian dalam editing video.

Kalau kamu masih merasa bahwa kemampuanmu belum terlalu hebat, kamu bisa, lho, melatih kemampuan tersebut dengan cara merekam video sendiri dan mengeditnya. Kamu bisa meng-install beberapa software yang bisa digunakan untuk melatih kemampuanmu. Software tersebut misalnya seperti lightworks, VSDC, DaVinci Resolve dan sebagainya. Kamu juga bisa mencoba mengedit video melalui aplikasi smartphone, lho, seperti FilmoraGo, Adobe Premiere Clip, VideoShow, Power Director dan sebagainya.

2. Kemampuan dalam berpikir kreatif

harus berpikir kreatif

Yah, namanya juga bekerja dalam bidang media sosial. Pekerjaanmu bisa berupa memasarkan suatu produk, mengenalkan suatu produk, memberikan tips-tips menarik untuk kalangan-kalangan tertentu dan sebagainya. Nah, karena hal tersebut, kamu harus membuat sesuatu yang dapat menarik minat dari banyak orang. Kemampuan kreativitas sangat dibutuhkan disini. Misalnya, nih, kamu berjualan suatu produk di suatu perusahaan. Selain kamu harus paham tentang produk tersebut, kamu juga harus mampu membuat iklan atau suatu konten yang kreatif dan menarik minat banyak orang.

Contoh lainnya, nih, kamu bekerja sebagai content writer pada suatu website. Website tersebut nggak menjual apapun, namun, website tersebut hanya membagikan tips-tips, sudut pandang akan suatu hal, informasi-informasi dan sebagainya. Nah, sebagai content writer, kamu harus memiliki suatu kemampuan yang kreatif agar kamu dapat menghasilkan suatu artikel yang menarik minat banyak pembaca.

3. Kemampuan mengenali pasar

Hmm... Pasar ini maksudnya tempat yang banyak jualan barang-barang seperti pakaian, sepatu, sayuran dan sebagainya? Well, pasar yang dimaksud bukan tempat, ya, gaes. Namun, pasar disini ialah suatu aktivitas dimana bertemunya permintaan dan penawaran atau bertemunya si pembeli dan si penjual.

Nah, mau kamu berjualan, membuat konten dan sebagainya di media sosial, kemampuan utama yang harus banget kamu miliki ialah kemampuan mengenali pasar. Kamu harus memahami bagaimana permintaan yang terjadi di pasar, bagaimana penawaran yang terjadi di pasar dan sebagainya. Masih bingung, ya?

Gampangnya gini, gaes, misalnya kamu adalah seorang Youtuber. Sebagai seorang Youtuber, kamu harus memiliki konten yang menarik agar kontenmu ditonton oleh banyak orang. Konten yang seperti apa, ya, yang menarik perhatian banyak masyarakat? Well, kamu harus tahu dulu apa yang sedang tren dikalangan masyarakat (hal ini bisa kita anggap sebagai penawaran, ya, gaes!). Nah, kalau kamu sudah tahu bagimana tren di masyarakat, kamu juga harus lihat, nih, apa, sih, yang telah dibuat oleh Youtuber lainnya tentang tren tersebut (ini baru disebut penawaran). Kalau kamu sudah melihat Youtuber A membahas tren dengan cara A, Youtuber B membahas tren dengan cara B dan sebagainya, maka, kamu harus kreatif untuk menemukan cara yang lebih menarik dan berbeda dari cara Youtube A dan Youtuber B.

4. Kemampuan komunikasi sesuai dengan target pasar

target pasar media sosial

Nah, sebagai seseorang yang bekerja pada ranah media sosial, kamu juga harus paham tentang siapa target pasarmu. Setiap perusahaan pastinya memiliki target pasar yang berbeda-beda, dong? Misalnya, kamu seorang Youtuber yang membahas tentang tren-tren terkini. Berarti, target pasarmu ialah para milenial dan gen Z.

Contoh lainnya, kamu merupakan seseorang yang bekerja sebagai content writer yang membuat konten berupa tips-tips untuk melamar kerja, tips interview, informasi lowongan pekerjaan dan sebagainya. Berarti, target pasarmu ialah para freshgraduate dan juga para pekerja. Yes, setiap perusahaan pastinya memiliki target pasar yang berbeda-beda.

Nah, target pasar itu penting nggak, sih? Jawabannya ialah target pasar itu penting banget untuk diketahui. Dengan kamu yang memiliki target pasar, kamu pun jadi tahu bagaimana, sih, berkomunikasi dengan baik sehingga apa yang kamu buat di media sosial bisa mendapatkan banyak perhatian atau minat.

5. Kemampuan dalam mengikuti perubahan

Nah, nggak banyak, lho, orang yang mampu mengikuti perubahan. Banyak orang yang justu malah memilih untuk mengacuhkan perubahan tersebut. Sebagai seseorang yang bekerja di ranah media sosial, kamu jangan takut akan perubahan, gaes, karena pada dasarnya, perubahan akan selalu terjadi.

Misalnya, nih, kamu di bagian admin media sosial di suatu perusahaan perbankan. Namanya juga perusahaan mencoba untuk mencari profit yang lebih besar, kalau ada terjadi perubahan pada suatu sistem, kamu jangan tiba-tiba panik karena banyak orang yang menanyaimu. Begitu pula kalau ada suatu fitur baru yang diterapkan. Jangan sampai takut hingga menolak perubahan karena banyaknya orang yang menanyaimu ini dan itu mengenai fitur barumu.

***

Pada intinya, jika kamu ingin bekerja pada ranah media sosial, hal terpenting yang harus kamu miliki ialah kelima hal di atas. Bagaimana kalau kamu nggak punya salah satu kemampuan di atas? Well, jangan khawatir, gaes, kamu pun masih bisa melatih dirimu, lho. Kamu bisa iseng-iseng membuat suatu hal yang bisa mengasah kemampuanmu dalam kelima hal di atas. Namanya juga kemampuan, semakin kamu mau mengasahnya, maka, semakin hebat pula kemampuanmu. Jadi, jangan malas untul mengasah dirimu sendiri agar kemampuanmu semakin lebih hebat, ya. Semangat!

Baca juga:

(Sumber gambar: marketingland.com, sproutsocial.com, dmnews.com)

LATEST COMMENT
Genius Revanza | 17 jam yang lalu

Wahhhh bagus ni kak artikel nya next sma sama smk kak hehe

5 Kemampuan yang Sama-Sama Dimiliki Anak IPA dan IPS
Khusnul Khotimah Hamzah | 5 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©